Berencana Tes Gula Darah, Harus Puasa Berapa Lama?

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   13 Februari 2023
Berencana Tes Gula Darah, Harus Puasa Berapa Lama?Berencana Tes Gula Darah, Harus Puasa Berapa Lama?

Halodoc, Jakarta - Tes gula darah merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kadar gula di dalam darah. Seperti kebanyakan pemeriksaan kesehatan lain, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menjalani tes gula darah, salah satunya berpuasa. Sebelum menjalani tes gula darah, kamu diwajibkan untuk tidak makan atau minum dalam waktu tertentu.

Meski begitu, biasanya kamu tetap diperbolehkan untuk minum air putih. Lantas, barapa lama harus berpuasa sebelum menjalani tes gula darah? Jawabannya bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis tes yang akan dijalani. Namun secara umum, puasa sebelum menjalani tes gula darah biasanya dilakukan dalam jangka waktu 8 hingga 12 jam.

Baca juga: Ketahui Fakta Tentang Keharusan Puasa sebelum Tes Kesehatan

Tes Gula Darah dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Seperti namanya, tes gula darah adalah pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah di dalam tubuh. Tes ini sebenarnya merupakan salah satu pemeriksaan yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin, sebagai deteksi dini dari penyakit diabetes. Sebelum menjalani tes gula darah, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, termasuk membatasi asupan makanan dan minuman.

Hal ini penting untuk dilakukan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat, sebagai bentuk diagnosis terkait masalah medis yang sedang dialami. Jadi, sebelum menjalani tes gula darah, ada baiknya untuk menjalani puasa dalam jangka waktu yang dianjurkan oleh dokter. Selain untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat, puasa sebelum tes gula darah juga berguna untuk menghindari kesalahan yang bisa menyebabkan tes harus diulang.

Puasa sebelum melakukan tes gula darah sangat penting dilakukan untuk membantu memastikan hasil tes yang dilakukan akurat. Pasalnya, kandungan gizi dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum melakukan tes kesehatan akan diserap ke dalam aliran darah dan bisa memberikan dampak langsung pada tingkat glukosa darah.

Baca juga: Anjuran Konsumsi Gula untuk Pengidap Diabetes

Hal itu yang menjadi alasan mengapa perlu puasa sebelum menjalani tes gula darah. Hal ini juga dilakukan sebagai cara untuk memastikan agar hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir dan dapat diartikan dengan benar oleh dokter, sehingga proses diagnosis terkait kondisi kesehatan akan lebih tepat dan penyakit bisa diketahui.

Terkait lama waktu puasa, setiap jenis pemeriksaan kesehatan memiliki aturannya masing-masing. Untuk tes gula darah biasanya akan dianjurkan untuk berpuasa minimal 8 jam saja. Sementara pada beberapa jenis pemeriksaan kesehatan lainnya, waktu puasa yang dianjurkan adalah sekitar 10-12 jam. Lantas, apa dampaknya jika tidak berpuasa sebelum tes gula darah?

Puasa dalam konteks pemeriksaan kesehatan adalah tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Meski begitu, dokter biasanya akan tetap memperbolehkan minum beberapa gelas air putih. Sehingga tubuh akan tetap terhidrasi dan pemeriksaan yang dilakukan bisa memberi gambaran yang terbaik.

Nah, jika tidak berpuasa atau berpuasa tidak sesuai dengan waktu yang dianjurkan, pemeriksaan yang dilakukan akan memberikan hasil yang tidak akurat karena pemeriksaan tertentu masih dipengaruhi oleh makanan. Namun, kalau merasa berpuasa justru akan menimbulkan masalah bagi kondisi tubuh, kamu dapat mengkonsultasikannya kepada dokter atau perawat.

Baca juga: Bolehkah Pengidap Diabetes Memakai Behel Gigi?

Cari tahu lebih lanjut seputar tes gula darah dan apa saja yang perlu dipersiapkan dengan bertanya pada dokter di Halodoc.✔️ Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang!


Referensi  
WebMD. Diakses pada 2021. Fasting for Blood Tests.
Diabetes Talk. Diakses pada 2021. How Many Hours Should I Fast For Fasting Blood Sugar.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan