• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini Manfaat Sorgum untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Oktober 2022

“Sorgum adalah salah satu makanan pengganti nasi yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Salah satu manfaatnya adalah kaya akan kandungan vitamin dan mineral.”

Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini Manfaat Sorgum untuk KesehatanBisa Jadi Pengganti Nasi, Ini Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sorgum adalah salah satu pengganti nasi yang kaya akan kandungan gizi. Makanan ini kerap diolah menjadi bubur, tepung, roti, dan banyak lagi. Sorgum juga kerap dimasukkan ke dalam makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet.

Tanaman ini masih satu keluarga dengan padi, jagung, dan gandum, sehingga kerap menjadi alternatif dari makanan tersebut. Makanan sehat ini juga kerap digunakan sebagai pakan ternak dan bahkan sumber bahan bakar alami.

Meski angka orang yang mengonsumsi makanan ini lebih rendah dari nasi, ada banyak lho manfaat yang ditawarkan dari tanaman ini. Ketahui berbagai manfaatnya sebagai pertimbangan pengganti nasi untuk konsumsi sehari-hari.

Berbagai Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

1. Sumber Vitamin dan Mineral

Sorgum merupakan salah satu sumber vitamin yang larut lemak dan vitamin B kompleks. Nah, vitamin larut lemak yang terdeteksi, yaitu vitamin B, E, dan K. 

Kandungan ini merupakan sumber mineral yang penting pada tubuh, terutama membantu dalam menjaga aktivitas vital. Namun, nutrisi ini bisa kehilangan sebagian saat produk tersebut diolah.

2. Kaya Serat

Sorgum juga kaya akan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi seseorang yang sedang diet. Tanaman ini bisa dimakan secara utuh bahkan hingga biji-bijiannya, sehingga serat yang diberikan lebih banyak, disertai juga dengan banyak nutrisi penting lainnya. Kandungan serat ini sangat baik untuk pencernaan, produksi hormon, dan kesehatan jantung.

3. Sumber Antioksidan

Sorgum juga kaya akan kandungan senyawa polifenol yang memiliki efek perlindungan kesehatan, bahkan dibandingkan kebanyakan buah, sayur, dan biji-bijian. Pada jenis sorgum hitam, antioksidannya sangat tinggi, terutama antosianinnya. Antioksidan ini memiliki efek anti-inflamasi, anti-kanker, hingga antidiabetes.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sorgum juga memiliki potensi dalam mengelola kolesterol di dalam darah. Serat dalam makanan ini mampu membantu mengurangi kolesterol buruk (LDL), dengan fungsinya untuk mengurangi jumlah empedu yang diserap kembali di usus. Tingkat kolesterol yang rendah dapat mengurangi risiko stroke, peradangan kronis, dan diabetes tipe 2.

5. Menurunkan Berat Badan

Makanan pengganti nasi ini dapat membantu dalam membatasi asupan makanan dengan menimbulkan rasa kenyang. Sorgum sendiri juga merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Maka dari itu, konsumsi makanan ini sangat baik dalam membantu mengontrol berat badan lebih baik saat dikonsumsi setiap hari.

6. Dapat Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kalsium dan magnesium juga termasuk kandungan yang terdapat pada sorgum, yang sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko alami osteoporosis dan radang sendi.

Setiap 100 gram sorgum memenuhi 5% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan. Untuk magnesium, asupannya tercukupi sebesar 40% dari kebutuhan harian yang perlu dipenuhi.

Itulah beberapa manfaat sorgum untuk kesehatan yang perlu diketahui. Maka dari itu, cobalah untuk mempertimbangkan makanan ini menggantikan nasi yang dikonsumsi sehari-hari. Perubahan pada keseharian ini juga untuk kelangsungan kesehatan diri sendiri.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan interaksi langsung dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Sorghum? A Unique Grain Reviewed.
Lybrate. Diakses pada 2022. Health Benefits Of Sorghum, Uses And Its Side Effects.