• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Kista Ganglion Disembuhkan Tanpa Operasi?

Bisakah Kista Ganglion Disembuhkan Tanpa Operasi?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Kista ada banyak jenisnya. Salah satu yang mungkin tidak terlalu populer adalah kista ganglion. Ditandai dengan tumor kecil sebesar kacang polong, kista ganglion umumnya tumbuh di area tangan dan kaki. Karena berkembang bersamaan dengan nyeri sendi, benjolan kista ganglion akan terasa sakit ketika ditekan. 

Meski bukan tergolong tumor karsinogen yang menyebabkan kanker dan jarang menimbulkan gangguan kesehatan serius, kista ganglion tetap perlu diwaspadai. Sebab, kista ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat pergerakan terbatas. Namun, bisakah kista ganglion disembuhkan tanpa operasi? 

Baca juga: Kista Juga Bisa Terjadi di Dalam Ginjal

Kista Ganglion Hanya Bisa Disembuhkan Lewat Operasi

Menyoal penyembuhan kista ganglion, mengutip Mayo Clinic, memang satu-satunya tindakan medis yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya adalah lewat operasi pengangkatan kista.

Biasanya, dokter merekomendasikan operasi jika kista ganglion sudah berkembang menjadi besar dan sangat menyakitkan. Namun, jika tidak, pengobatan mungkin tidak diperlukan. 

Prosedur operasi pengangkatan kista ganglion dimulai dengan menyuntikkan enzim khusus, dan diakhiri dengan suntikan steroid untuk mengurangi risiko munculnya kista lagi. Namun, jika perawatan tidak efektif atau kista kembali membengkak, dokter akan mempertimbangan operasi pemotongan ganglion. 

Operasi tersebut dapat menyembuhkan kista ganglion dengan persentase 85-95 persen. Namun, ada beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, seperti infeksi, luka, dan kekambuhan kista. Setelah prosedur operasi selesai dilakukan, dokter biasanya menyarankan untuk menjaga area luka dari benturan. 

Baca juga: Inilah Orang yang Berisiko Kena Kista Ginjal

Selama perawatan setelah operasi, untuk menunjang pemulihan, kamu perlu mengikuti semua instruksi dokter, minum obat-obatan yang diresepkan sesuai dosis dan jadwal, serta mengusahakan agar area bekas operasi selalu diangkat untuk mencegah pembengkakan. Jika ada keluhan setelah operasi, segera hubungi dokter. Agar lebih mudah, kamu juga bisa download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Pengobatan Rumahan untuk Kista Ganglion

Selain pengobatan medis, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan pengidap kista ganglion. Namun, pengobatan ini hanya bertujuan untuk meredakan ketidaknyamanan akibat kista ganglion, bukan menghilangkannya.

Berikut beberapa pengobatan rumahan untuk kista ganglion yang dimaksud:

  • Jika kista ganglion ada di kaki, pakailah sepatu atau alas kaki yang tidak menyentuh kista secara langsung. Pilih bahan alas kaki yang lembut dan bila perlu tambahkan bantalan agar lebih nyaman.
  • Kenakan belat atau penahan yang dapat membantu membatasi gerakan pada bagian tubuh yang terdapat kista ganglion. Hal ini dapat membantu penyusutan kista. 
  • Minum obat penghilang rasa sakit, jika kista terasa menyakitkan. Jika dokter tidak meresepkan, kamu bisa minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen.  
  • Segera pergi ke dokter jika kista ganglion membesar, kemerah-merahan, panas atau tiba-tiba menghilang.
  • Hindari menggerakkan bagian tubuh yang terdapat kista ganglion.
  • Segera beritahu dokter jika merasa sakit, lemah atau mati rasa pada kista ganglion, demam, menggigil atau berkeringat setelah operasi.
  • Hindari menekan-nekan kista ganglion untuk menghindari infeksi.
  • Segera beritahu dokter jika kista kembali kambuh setelah operasi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Miom & Kista

Itulah beberapa pengobatan untuk kista ganglion yang dapat dilakukan. Dulu, sebelum dunia medis mengalami kemajuan, kista ganglion sering diatasi dengan pengobatan kuno, yaitu memukul-mukul kista dengan benda berat. Padahal sebenarnya, itu bukan solusi yang baik. Kekuatan pukulan pada kista ganglion justru dapat merusak struktur di sekitar bagian tubuh yang terkena.

Jadi, jangan percaya mitos apapun soal pengobatan kista ganglion, kecuali anjuran dari dokter. Hindari juga meletuskan kista dengan menusuknya menggunakan jarum, karena dapat meningkatkan risiko infeksi. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Ganglion cyst: Symptoms, causes, and treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ganglion cyst..