Inilah Orang yang Berisiko Kena Kista Ginjal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
kista ginjal, risiko kista ginjal

Halodoc, Jakarta - Kamu merasa enggak nyaman pada bagian perut? Perut kamu mengalami benjolan? Jika kamu laki-laki dan pada perut kamu muncul benjolan, hati-hati karena ini merupakan indikasi kalau kamu mengidap kista ginjal. Yuk, kenali lebih dalam tentang kista ginjal, dan siapa saja yang mempunyai risiko kista ginjal!

Baca juga: Kenali Gejala Kista Ovarium

Pengertian Kista Ginjal

Kista ginjal merupakan kantung yang berbentuk bulat atau oval. Kantong ini berisi cairan yang terbentuk di ginjal secara tidak normal. Ginjal merupakan dua organ berbentuk seperti kacang dengan fungsi utama menyaring limbah dari darah dan membuat urine.

Gejala Kista Ginjal

Dalam kasus yang tidak parah, kista ginjal tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun, jika kista ini tumbuh membesar, hal ini akan menjadi masalah. Gejala umum dari kista ginjal, antara lain:

  • Adanya darah dalam urine.

  • Urine berwarna gelap.

  • Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering.

  • Adanya rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut, pinggang, punggung, atau sisi perut.

  • Munculnya tonjolan pada perut yang disebabkan oleh kista.

  • Dalam kasus yang jarang terjadi, fungsi ginjal bisa menurun akibat adanya kista ginjal.

Kadang-kadang gejala sangat ringan, hingga tidak terlihat. Sehingga orang dengan penyakit ini akan menjalani hari-hari tanpa mengetahui bahwa mereka sedang mengidap kista ginjal. Dalam beberapa kasus, rasa nyeri juga terjadi antara tulang rusuk dan pinggul ketika kista mulai membesar dan menekan organ lain. Kondisi ini kadang dapat menyebabkan infeksi.

Komplikasi Kista Ginjal

Penyebab kista ginjal diduga karena kantung ginjal ini terbentuk ketika lapisan permukaan ginjal mulai melemah. Kantong tersebut kemudian terisi cairan dan terlepas, sehingga menjadi kusta. Pria rentan risiko kista ginjal, terutama bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Baca juga: Ini Penyebab Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri pada Wanita

Komplikasi Kista Ginjal

Beberapa komplikasi yang mungkin akan muncul jika seseorang mengidap kista ginjal, antara lain:

  • Terjadinya infeksi pada kista, yang akan menyebabkan rasa sakit dan demam.

  • Kista pecah yang akan menyebabkan rasa sakit cukup parah pada bagian punggung atau bagian pinggang.

  • Kamu akan mengalami gangguan buang air kecil karena sumbatan yang disebabkan oleh kista ginjal. Kondisi ini pun dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal.

  • Gagal ginjal. Ginjal berfungsi untuk membersihkan limbah dari tubuh, serta menjaga keseimbanagan cairan dan zat kimia dalam tubuh. Ketika seseorang mengalami gagal ginjal, ini menandakan bahwa fungsi ginjal telah rusak, sehingga material limbah dan cairan tertimbun dalam tubuh.

Kista ginjal memang tidak memerlukan penanganan khusus apabila kondisi ini tidak menyebabkan gejala atau tanda-tanda terganggunya fungsi ginjal di dalam tubuh. Kadang, kista ginjal ini bisa menghilang sendirinya tanpa memerlukan pengobatan. Jika seseorang memiliki risiko kista ginjal atau terdeteksi mengidapnya, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rontgen ginjal ulang dalam waktu 6-12 bulan untuk memantau perkembangan kista tersebut.

Baca juga: Gagal Ginjal Kronis Perlu Cuci Darah

Jika kamu butuh penjelasan lebih tentang risiko kista ginjal, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!