• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Pengidap Kanker Pankreas Sembuh Total?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Pengidap Kanker Pankreas Sembuh Total?

Bisakah Pengidap Kanker Pankreas Sembuh Total?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 November 2022

“Pilihan pengobatan kanker pankreas akan dilakukan akan berdasarkan tingkat keparahannya. Sementara itu, kanker pankreas dapat disembuhkan secara total apabila kanker terdeteksi sedari dini (stadium awal) dan penanganan segera dilakukan.”

Bisakah Pengidap Kanker Pankreas Sembuh Total?Bisakah Pengidap Kanker Pankreas Sembuh Total?

Halodoc, Jakarta – Pankreas merupakan organ yang terletak di belakang bagian bawah perut. Organ ini berfungsi untuk melepaskan enzim yang membantu pencernaan dan menghasilkan hormon yang dapat membantu mengelola kadar gula darah. Jika pankreas terserang kanker, hal ini tentunya tidak dapat disepelekan. 

Sebab, selain dapat menghambat pencernaan, kanker pankreas diketahui dapat memicu sejumlah komplikasi serius. Contohnya seperti penurunan berat badan secara signifikan, penyakit kuning, hingga obstruksi atau penyumbatan usus. 

Meski begitu, jika kanker pankreas terdeteksi sedari awal, sebenarnya penyakit ini dapat disembuhkan. Namun, bisakah pengidap kanker pankreas sembuh total pasca menjalani penanganan? Simak penjelasannya di sini!

Dapat Disembuhkan jika Masih pada Stadium Awal

Seberapa parah kondisi ini akan bergantung pada beberapa hal. Mulai dari di mana letak kanker di pankreas, seberapa besar ukurannya, apakah sudah menyebar, dan kesehatan pengidapnya secara umum. Sementara itu, pilihan pengobatan kondisi ini akan dilakukan akan berdasarkan tingkat keparahannya. Pilihan mungkin termasuk pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, atau kombinasi dari beberapa hal itu. 

Di sisi lain, terlepas dari fakta bahwa penyakit ini sebagian besar tidak dapat disembuhkan, kanker pankreas memiliki potensi untuk disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Artinya, jika kanker masih dalam tahap stadium awal, maka kanker pankreas dapat disembuhkan secara total. 

Menurut pakar di John Hopkins Medicine, Amerika Serikat, hingga 10 persen pasien yang menerima diagnosis dini kanker pankreas menjadi bebas penyakit setelah pengobatan. Untuk pasien yang didiagnosis sebelum tumor tumbuh banyak atau menyebar, rata-rata waktu kelangsungan hidup kanker pankreas adalah 3 sampai 3,5 tahun.

Kendati demikian, kebanyakan kasus kanker pankreas baru terdeteksi pada stadium 4 atau akhir. Alasannya, gejala dari kondisi ini kerap tidak disadari ketika masih dalam stadium awal. Pada stadium 4, kanker telah menyebar di luar tempat asalnya ke area tubuh lain. Misalnya seperti otak, tulang, atau organ tubuh lainnya. 

Nah, pada stadium akhir ini kanker pankreas sudah tidak dapat disembuhkan. Namun, beberapa perawatan dapat dilakukan untuk meredakan gejala sekaligus mencegah komplikasi serius dari kanker ini. 

Kenali Gejalanya Sedari Dini

Mengingat kanker pankreas kerap tidak terdeteksi sampai masuk stadium lanjutan atau bahkan akhir, penting untuk mengetahui gejalanya. Sebab, gejalanya sering kali muncul sampai penyakitnya sudah lanjut. Karena itu, penting untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin, untuk mendeteksi kanker pankreas atau penyakit lainnya, sedari dini. 

Ketika gejalanya muncul, berikut adalah beberapa gejala dari kanker pankreas yang dapat terjadi: 

  • Sakit perut yang menjalar ke punggung. 
  • Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan. 
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice). 
  • Feses atau tinja dan urin yang kerap berwarna gelap. 
  • Kulit yang gatal. 
  • Diagnosis baru diabetes atau diabetes lama yang semakin sulit dikendalikan. 
  • Adanya pembekuan darah. 
  • Kelelahan. 

Jika kamu merasakan salah satu atau beberapa gejala tersebut yang tak kunjung membaik, segeralah memeriksakan kondisi ke dokter. Sebab, penanganan yang dilakukan sedari dini tentunya dapat meminimalkan risiko komplikasi serius. 

Itulah penjelasan mengenai pertanyaan apakah pengidap kanker pankreas dapat disembuhkan secara total. Sebenarnya, kondisi ini dapat disembuhkan secara total apabila kanker terdeteksi sedari dini (stadium awal) dan penanganan segera dilakukan. 

Namun, jika penyakit ini baru terdeteksi di stadium akhir, maka penyakit ini tidak dapat disembuhkan, karena hanya dapat diredakan gejalanya dan dicegah risiko komplikasinya. 

Karena kanker kerap terlambat terdeteksi gejalanya sedari awal, sehingga pemeriksaan kesehatan rutin merupakan hal penting untuk dilakukan. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisimu. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Pancreatic cancer. 
NHS. Diakses pada 2022. What is pancreatic cancer?
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Pancreatic Cancer. 
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Pancreatic Cancer.