• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buat Balita Jadi Penurut, Ikuti 4 Kata Ajaib Ini

Buat Balita Jadi Penurut, Ikuti 4 Kata Ajaib Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orangtua yang mengeluh jika anaknya kerap tidak mendengarkan sesuatu yang diberitahunya. Padahal, setiap ibu pasti memiliki keinginan agar anaknya menjadi seorang yang penurut dan patuh pada setiap perkataan yang dilontarkan. Namun, hal yang menjadi masalah adalah cara membuat balita menjadi penurut.

Orangtua yang kerap mengucapkan kata-kata positif akan membentuk dirinya menjadi pribadi yang baik. Maka dari itu, kalimat yang dikeluarkan saat berbicara dengan anak akan memengaruhi cara dirinya tumbuh. Dengan begitu, ibu harus mengetahui beberapa kata ajaib untuk balita agar menjadi seorang penurut. Ketahui beberapa kata-kata berikut di bawah ini!

Baca juga: 5 Cara Menghadapi Anak Nakal

Cara Membuat Balita Menjadi Penurut dengan Kata-Kata Pilihan

Saat anak baru lahir, peran utama dari orangtua adalah sebagai pengasuh. Hal yang harus dilakukan setiap hari, yaitu memenuhi setiap kebutuhan anak ibu. Memang, bayi yang baru lahir sangat membutuhkan perhatian orangtuanya secara konstan. Namun, lama-kelamaan anak akan melakukan hal sesuai keinginannya karena merasa dirinya raja dan orangtuanya pelayan.

Di saat anak telah memasuki usia dua tahun, dirinya akan sadar apabila orangtuanya kerap tidak mengikuti apa yang dirinya inginkan. Hal ini akan membuat dirinya menjadi lebih kasar apabila keinginannya tidak dipenuhi. Anak tersebut mungkin saja mulai berulah. Maka dari itu, setiap orangtua harus mengetahui kata-kata ajaib agar balita menjadi seorang penurut.

Dengan membiasakan diri mengucapkan kata-kata ini, diharapkan anak ibu akan lebih jarang membangkang dari hal yang diucapkan. Sehingga, dirinya juga dapat menjadi seseorang yang lebih baik kedepannya. Berikut adalah beberapa kata-kata ajaib yang harus sering dilontarkan agar membuat balita menjadi penurut, yaitu:

  1. Setelah

Kata-kata pertama yang dapat membuat balita menjadi seorang penurut adalah penggunaan 'setelah'. Dengan menggunakan kata ini menjelaskan bahwa anak ibu dapat melakukan sesuatu yang diinginkannya sehabis melakukan apa yang lebih prioritas. Contohnya adalah 'Kita akan pergi ke taman bermain setelah kamu mandi.' Dengan begitu, Si Kecil tahu mana yang harus dilakukan dahulu agar mendapatkan apa yang dirinya inginkan.

Baca juga: 5 Cara Didik Anak Agar Cepat Mandiri

  1. Menjadi

'Menjadi' juga termasuk kata-kata yang ampuh untuk membuat balita menjadi penurut sesuai keinginan orangtuanya. Kata ini dapat menggambarkan pujian atau dukungan atas kemajuan yang dicapai oleh anak ibu. Maka dari itu, cobalah untuk lebih sering mengucapkan kata-kata ini setiap dirinya melakukan suatu hal yang baik. Misalnya yaitu 'Kakak sudah menjadi anak yang pintar karena membereskan mainan setelah selesai.'

  1. Dan

Anak merupakan cerminan dari kebiasaan sehari-hari orangtuanya. Apabila ayah atau ibunya kerap melontarkan kata 'tetapi', maka dirinya pun terbiasa mendengarnya, sehingga akan menggunakannya suatu saat. Hal ini dapat dilakukan jika dirinya tidak menyukai sesuatu padahal baik untuk dirinya. Jika anak ibu mengatakan 'Tetapi aku tidak suka sayur', maka ibu harus mengakalinya dengan mengucapkan 'Ibu tahu kalau adik tidak suka wortel dengan ukuran besar dan karenanya ibu potong kecil-kecil.'

  1. Karena

Semua orang pasti akan melakukan sesuatu yang diminta jika mengetahui alasan hal tersebut perlu dilakukan. Maka dari itu, jika ibu ingin membuat balitanya menjadi seorang penurut, cobalah jelaskan alasan kenapa perlu dilakukan. Sama halnya dengan menyuruhnya mengonsumsi sayur, cobalah untuk mengatakan "Ayo dik, kamu harus makan sayur itu karena dapat membuat sehat dan tidak mudah sakit."

Dengan membiasakan diri menggunakan kata-kata yang positif tersebut, pembentukan karakter anak pasti anak lebih baik. Sehingga, ibu dapat membentuk balita menjadi seseorang yang menuruti kata-kata orangtuanya. Akhirnya, dirinya tidak berani melakukan sesuatu yang dilarang oleh orangtuanya.

Baca juga: Anak sering Melawan, Harus Dibiarkan atau Dimarahi?

Jika ibu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan psikolog di Halodoc. Tanpa perlu repot, diskusi dengan psikolog dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Focus on the Family. Diakses pada 2020. Teaching Toddlers To Obey
JW.org. Diakses pada 2020. Teaching Children to Obey