Bukan Cuma Nyeri Dada, Ini 4 Gejala Serangan Jantung Lainnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Desember 2021

“Serangan jantung memang seringkali ditandai dengan gejala berupa nyeri dada. Hal itu karena aliran darah yang menuju ke jantung berkurang karena adanya gumpalan darah yang menyumbat. Namun, tidak hanya nyeri dada, gejala serangan jantung juga bisa berbeda-beda pada tiap orang.”

Bukan Cuma Nyeri Dada, Ini 4 Gejala Serangan Jantung LainnyaBukan Cuma Nyeri Dada, Ini 4 Gejala Serangan Jantung Lainnya

Halodoc, Jakarta – Banyak orang berpikir bahwa gejala utama serangan jantung adalah nyeri dada. Nyatanya, kondisi medis tersebut bisa menimbulkan gejala yang bervariasi pada tiap orang. Hal itu tergantung pada beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan jenis serangan jantung yang dialami.

Tanda peringatan awal serangan jantung memang biasanya berupa nyeri dada atau tekanan (angina) berulang yang dipicu oleh aktivitas dan bisa mereda dengan istirahat. Angina disebabkan oleh penurunan sementara aliran darah ke jantung. Namun, selain nyeri dada, masih ada beberapa gejala serangan jantung lainnya yang perlu diwaspadai. Mengenali gejala serangan jantung penting agar kamu bisa segera mencari pertolongan medis sebelum terlambat. 

Gejala Serangan Jantung Selain Nyeri Dada

Bukan hanya nyeri dada, serangan jantung juga bisa ditandai dengan gejala-gejala berikut:

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan gejala yang biasanya terjadi akibat keracunan makanan. Namun, gejala tersebut juga bisa dialami oleh orang yang mengalami serangan jantung. Gejala serangan jantung berupa mual dan muntah biasanya lebih sering dialami oleh wanita daripada pria.

  1. Keringat Dingin

Mengeluarkan keringat dingin tanpa alasan yang jelas juga bisa menjadi gejala serangan jantung. Bila hal ini disertai oleh gejala lainnya, seperti nyeri dada, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit.

  1. Sesak Napas

Gejala serangan jantung lainnya yang juga bisa terjadi adalah sesak napas. Gejala ini bisa muncul dengan atau tanpa nyeri dada.

  1. Nyeri Ulu Hati

Terkadang serangan jantung juga bisa menyebabkan nyeri ulu hati. Meskipun rasa nyeri tersebut berasal dari jantung kamu yang bermasalah, tetapi kamu mungkin hanya merasakan nyeri di daerah perut dan tidak di dada sama sekali. Gejala ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Nyeri ulu hati mungkin juga disertai dengan mual dan muntah.  

Bila kamu beberapa kali mengalami nyeri dada, coba bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter bisa memberi diagnosis awal dan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Never Ignore These 11 Heart Symptoms.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Heart Attack Symptoms, Risk, and Recovery.
Health Grade. Diakses pada 2021. Types of Heart Attack Symptoms: Stomach Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan