Cara Mengecilkan Pinggang dan Paha Sebelum Tidur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 November 2021

“Pinggang dan paha termasuk salah satu bagian tubuh yang mudah untuk membesar. Nah, ternyata ada beberapa cara mengecilkan pinggang dan paha yang dilakukan sebelum tidur. Kamu perlu tahu beberapa gerakannya agar bagian tubuh tersebut mengecil.”

Cara Mengecilkan Pinggang dan Paha Sebelum TidurCara Mengecilkan Pinggang dan Paha Sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta – Terkadang, kamu ingin mengecilkan beberapa bagian tubuh karena kerap menurunkan kepercayaan diri. Nah, bagian tubuh yang biasanya ingin dikecilkan adalah pinggang dan paha. Nah, tahukah kamu jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pinggang dan paha sebelum tidur? Ketahui caranya di sini!

Beberapa Cara Mengecilkan Pinggang dan Paha yang Efektif Sebelum Tidur

Kasur termasuk salah satu tempat untuk melakukan gerakan yang sangat baik guna melakukan beberapa gerakan olahraga sebagai cara mengecilkan pinggang dan paha. Latihan di tempat tidur dapat membantu untuk mengencangkan otot-otot kecil agar stabil saat gerakan yang dilakukan dengan otot utama. Permukaan yang tidak stabil dapat membangun kekuatan inti, meningkatkan keseimbangan, dan mengencangkan area tubuh, seperti pinggang dan paha.

Lalu, gerakan apa saja sih yang bisa dilakukan di atas kasur sebagai cara mengecilkan pinggang dan paha? Berikut gerakan yang dapat kamu lakukan:

1. Supine Leg Marches (Gerakan Kaki Terlentang)

Latihan ini berguna untuk menargetkan otot-otot pinggang, paha, bokong, dan bagian inti kaki lainnya. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki rata di tempat tidur, serta posisi tangan di setiap sisi tubuh.
  • Angkat pantat dari tempat tidur hingga tubuh berada dalam garis lurus.
  • Tanpa meluruskan kaki, tekan tumit penyangga saat mengangkat satu kaki dari tempat tidur. Tarik lutut ke arah dada hingga sejajar dengan pinggul.
  • Kembalikan kaki ke tempat tidur dan ulangi di sisi lainnya tanpa menurunkan pinggul.
  • Ulangi langkah ini selama 20 kali.

2. Reverse Crunches

Reverse crunches dapat menjadi salah satu cara mengecilkan pinggang dan paha sebelum tidur. Gerakan ini mengharuskan seseorang untuk fokus pada stabilitas inti dan jangan mengandalkan gravitasi atau momentum. Semakin lambat gerakan ini dilakukan, semakin maksimal manfaat yang diterima oleh tubuh.

Berikut cara melakukannya:

  • Berbaring telentang dengan tangan di samping dan telapak tangan ke bawah.
  • Jaga agar kaki tetap dalam posisi lurus, lalu gunakan perut untuk mengangkat kaki ke arah wajah hingga jari-jari kaki menyentuh kepala tempat tidur.
  • Perlahan turunkan kaki kembali ke tempat tidur dengan melibatkan perut. Jangan biarkan punggung bawah sampai melengkung dari kasur.
  • Ulangi gerakan ini selama 10 kali per satu set dan selesaikan 3 set dengan istirahat 30 detik di antara set.
  • Jika dirasa terlalu berat, kamu bisa menguranginya dengan hanya menekuk kaki hingga 90 derajat dan bergerak melalui rentang gerak yang lebih kecil.

Nah, itulah beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengecilkan pinggang dan paha sebelum tidur. Dengan rutin melakukan gerakan ini, bukan hanya pinggang dan paha saja yang dapat merasakan manfaatnya, tetapi juga tubuh secara keseluruhan. Selain itu, tubuh yang lelah juga dapat membuat kamu tidur lebih nyenyak.

Jika masih memiliki pertanyaan lain terkait cara mengecilkan pinggang dan paha, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan saran. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa melakukan interaksi dengan ahli medis di mana saja dan kapan saja. Segera nikmati kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas ini sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Get a Full-Body Workout Without Leaving Your Bed. Here’s How.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan