• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengetahui Pasangan Berbohong Berdasarkan Psikologi

6 Cara Mengetahui Pasangan Berbohong Berdasarkan Psikologi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Komunikasi yang terbuka menjadi salah satu kunci kesuksesan rumah tangga. Kepercayaan juga menjadi pondasi yang penting agar pernikahan tetap awet. Namun, bagaimana ketika mengetahui pasangan berbohong? Ada beberapa cara untuk mengetahui pasangan yang sedang berbohong. 

Namun, jangan biarkan masalah ini membuat hubungan rumah tangga menjadi retak. Ada jalan keluar yang bisa dilakukan, tentunya apabila kamu dan pasangan benar-benar ingin berusaha menjadi lebih baik lagi.

Tanda Pasangan Berbohong

Ketika kamu menyadari adanya hal yang berbeda dan merasa pasangan berbohong, sebaiknya jangan langsung menuduh pasangan berbohong. Berikut ini cara untuk mengetahui pasangan yang sedang berbohong, yaitu:

Baca juga: Bukan Fisik, 3 Tanda Kalau Pasangan Selingkuh

1. Perhatikan Pemilihan Kata

Jika kamu mencurigai pasangan sedang berbohong, perhatikan kata-kata yang digunakan saat menjelaskan sesuatu. Menurut Martin Soorjo, dalam buku The Black Book of Lie Detector, seseorang yang berbohong kemungkinan menggunakan kata-kata yang mengandung ketidakpastian. Jadi, coba perhatikan dengan baik pemilihan kata yang digunakan pasangan ketika sedang berbicara. Pemilihan kata tersebut digunakan untuk mengaburkan fakta yang sebenarnya.

2. Tidak Menyampaikan Cerita dengan Detail

Melansir Psychology Today, seseorang yang berbohong tidak menyampaikan cerita tentang apa yang ditanyakan secara mendetail. Mereka khawatir tidak dapat konsisten mengenai detail yang ia ceritakan karena sulit untuk diingat. Namun, pada orang yang menceritakan kondisi dengan jujur umumnya akan menceritakan apa yang ia lewati dengan detail.

3. Terlalu Banyak Mengoreksi

Pasangan yang berbohong akan lebih banyak mengoreksi cerita yang ia berikan. Hal ini disebabkan detail yang diceritakan dengan palsu tidak dapat dia ingat dengan baik. Tidak perlu diingat berapa kali pasangan sering mengoreksi ketika sedang berbicara, namun, jika kamu sudah curiga sebaiknya lakukan pendekatan dengan pasangan untuk mengatasi kondisi yang terjadi dalam hubungan kamu.

Konseling pernikahan dengan bantuan psikolog juga bisa dilakukan. Kini menghubungi psikolog akan jauh lebih mudah melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. Jadi, segera download aplikasinya, ya!

Baca juga: Jangan Sakit Hati, Ada Alasan Anak Berbohong

4. Mengulang Pertanyaan Sebelum Menjawab

Seseorang yang sedang berbohong sering mengulang pertanyaan sebelum menjawabnya. Kondisi ini digunakan oleh pasangan untuk merangkai fakta-fakta yang palsu untuk menjadi jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh pasangan. Selain itu, biasanya seseorang yang berbohong terlihat sangat berpikir keras ketika menjawab pertanyaan meskipun itu pertanyaan yang mudah untuk dijawab.

5. Perubahan Intonasi Bicara

Seseorang yang berbohong dapat dideteksi melalui intonasi bicara. Umumnya, ketika berbohong seseorang menggunakan intonasi bicara dengan nada tinggi tanpa disadari. Hal ini umumnya dilakukan agar lawan bicara menjadi lebih percaya dengan apa yang dikatakan.

6. Perhatikan Bahasa Tubuh

Ada beberapa gerakan tubuh untuk mendeteksi kebohongan, seperti gerakan tangan yang lebih sering dan menyentuh beberapa bagian tubuh, seperti wajah, bibir, dahi, atau hidung. Ketika seseorang berbohong, mereka lebih sering menggerakan kaki tanpa disadari. Namun hal yang paling terlihat, biasanya seseorang yang berbohong meninggalkan lawan bicara lebih cepat agar terhindar dari pertanyaan yang tidak ingin mereka jawab.

Baca juga: Mythomania Jadi Penyakit Suka Bohong yang Perlu Orangtua Tahu

Sebagai pasangan, tidak ada salahnya berbicara secara terbuka dan ungkapkan perasaan curiga yang dirasakan selama ini. Komunikasi yang baik membuat hubungan menjadi lebih terbuka. Dengan begitu, kamu dapat menghindari berbagai masalah yang mungkin terjadi akibat kebohongan dalam hubungan rumah tangga.

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2020. How to Recognize the Signs That Someone Is Lying
Psychology Today. Diakses pada 2020. 9 Ways to Tell Who’s Lying to You