Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Medis

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2022

“Masalah pada kulit, seperti eksim, luka, jerawat, dan kulit terbakar menjadi beberapa penyebab bekas kehitaman pada kulit. Selain dengan bahan alami, cara menghilangkan bekas luka kehitaman bisa dilakukan secara medis.”

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara MedisCara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Medis

Halodoc, Jakarta – Bekas kehitaman di kulit akibat luka dikenal dengan sebutan hiperpigmentasi. Perawatannya tergantung pada penyebab dan jenisnya. Pada luka kehitaman, kondisi tersebut umumnya dapat memudar dengan sendirinya.

Meski bekas luka kehitaman dapat sembuh dengan sendirinya, tapi hal tersebut membutuhkan waktu lama. Nah, berikut ini beberapa jenis perawatan kulit yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas luka kehitaman:

1. Dermabrasi

Cara medis untuk menghilangkan bekas luka yang pertama dilakukan dengan prosedur dermabrasi. Tekniknya dilakukan dengan menghilangkan kulit lapisan atas untuk menghaluskan kulit dan memperbaiki tampilan bekas luka.

2. Suntikan

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya dilakukan dengan menyuntikkan obat ke area tersebut. Selain meratakan jaringan parut yang terbentuk setelah luka, prosedur ini juga dapat meratakan bekas luka serta mengurangi rasa gatal.

3. Perawatan Laser

Perawatan laser dilakukan menggunakan gelombang cahaya untuk mengatasi masalah pada kulit, salah satunya bekas luka kehitaman. Laser ini bekerja dengan membakar pembuluh darah kecil untuk menghilangkan bekas luka. 

Teknik laser lainnya juga dapat memecah serat kolagen dan memungkinkan bekas luka untuk memudar dan perlahan menghilang. Perawatan ini juga dapat membantu mengatasi rasa sakit, gatal, dan sensitivitas pada kulit.

4. Terapi Tekanan

Penggunaan perban elastis, pembalut atau stocking dapat memberi tekanan pada luka selama proses penyembuhan. Tekanan tersebut dapat mencegah terbentuknya bekas luka, termasuk bekas kehitaman pada kulit.

5. Bedah Revisi Bekas Luka

Serangkaian prosedur bedah juga menjadi salah satu cara medis untuk menghilangkan bekas luka. Caranya dengan mentransplantasikan kulit dari area lain (cangkok kulit) untuk memperbaiki penampilan kulit.

6. Krim dan Salep Topikal

Mengoleskan salep silikon ke bekas luka dapat memudarkan bekas luka. Obat ini tidak bisa dibeli sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter. Dokter akan memberikan resep sesuai dengan keluhan yang dialami pengidap.

Pada pemilik kulit gelap, tidak semua cara tersebut ampuh untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Pasalnya, beberapa teknik justru menyebabkan luka semakin menghitam dan membekas dalam waktu yang lama.

Untuk lebih jelasnya terkait penanganan apa yang akan dilakukan, kamu bisa memeriksakan diri di rumah sakit terdekat dengan membuat janji lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2022. How to treat scars on black skin.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Scars.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan