• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Februari 2022
Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat LiburanCara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

Ada beberapa cara untuk menjaga kadar kolesterol, meskipun sedang liburan. Kuncinya adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Biar kolesterol tetap terkontrol, perbanyak konsumsi sayuran, buah, serta makanan yang rendah lemak.” 


Halodoc, Jakarta – Saat liburan, menjaga jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi satu tantangan tersendiri. Pasalnya, masa liburan seringkali diisi dengan melakukan hal-hal yang dianggap menyenangkan, termasuk makan sembarangan. Hati-hati, jika dilakukan secara berlebihan hal ini bisa meningkatkan risiko kadar kolesterol melonjak

Sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kadar kolesterol, termasuk saat sedang liburan. Pasalnya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Batas normal kadar kolesterol adalah kurang dari 200 mg/dL. Jika lebih dari itu, bisa masuk dalam kategori kadar kolesterol tinggi dan meningkatkan risiko penyakit, termasuk penyakit jantung dan stroke. 

Bagaimana Cara Menjaga Kadar Kolesterol? 

Menjaga kadar kolesterol tetap stabil bisa menurunkan risiko penyakit. Meski sedang liburan, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari kadar kolesterol melonjak, antara lain: 

1.Perbanyak Buah dan Sayur 

Di tengah “pesta makan” pastikan untuk tetap menyisipkan buah dan sayuran. Faktanya, kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat alias low density lipoprotein (LDL). Dengan begitu, kadar kolesterol akan lebih seimbang selama liburan. Kamu bisa coba mengonsumsi salad buah dan sayur atau buah potong segar. 

2.Jangan Lupa Omega-3 

Saat liburan, jangan lupakan makanan yang mengandung omega-3, sebab jenis makanan ini dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Saat liburan, cobalah mengonsumsi ikan salmon, tuna, atau kacang kenari. 

3.Hindari Makanan Berlemak 

Boleh saja mengonsumsi makanan berlemak, tetapi jangan berlebihan. Namun jika kamu memiliki riwayat kolesterol tinggi, coba pilih jenis makanan rendah lemak, seperti ikan, ayam, putih telur, serta tempe dan tahu. 

4.Minum Air Putih 

Daripada mengonsumsi minuman manis, bersoda, atau banyak kafein, sebaiknya pilih air putih. Faktanya, mengonsumsi air putih bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh secara keseluruhan. Asupan cairan yang cukup bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi serta menjaga kestabilan kadar kolesterol. Meski sedang liburan, faktanya kamu tetap bisa sehat dengan cara yang sederhana. 

5.Jangan Merokok 

Berhenti merokok bisa menjadi satu cara yang cukup ampuh untuk mengontrol kadar kolesterol. Kebiasaan merokok disebut bisa menurunkan kadar “kolesterol baik” atau high density lipoprotein (HDL) di dalam tubuh. Tidak hanya itu, dampak lain dari merokok adalah pembuluh darah menjadi lebih kaku. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. 

6.Berolahraga 

Siapa bilang saat liburan tidak bisa olahraga? Kamu bisa coba melakukan aktivitas fisik yang baik sekalipun sedang berlibur. Cobalah untuk berjalan kaki jika ingin mengunjungi tempat yang dekat dari penginapan, atau sempatkan waktu untuk melakukan latihan sederhana selama 15 hingga 30 menit. 

7.Perhatikan Gejala Penyakit 

Orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi harus lebih waspada. Sebaiknya, hindari jenis makanan yang bisa memicu kadar kolesterol melonjak. Kamu bisa berjaga-jaga dengan membawa obat penurun kadar kolesterol. Hal ini bisa menjadi pertolongan pertama jika kadar kolesterol tubuh kamu naik secara drastis saat sedang berlibur. 

Saat gejala penyakit muncul, kamu juga bisa coba bicara pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami dan jangan biarkan kolesterol tinggi mengganggu liburanmu. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. High Cholesterol.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Top 5 Lifestyle Changes to Improve Your Cholesterol.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Smoking Plus High Cholesterol Ups Heart Attack Risk.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Can Omega-3 Fatty Acids Lower Cholesterol and Triglycerides?