• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif

Begini Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 November 2020
Begini Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali AktifBegini Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif

Halodoc, Jakarta - Anjing senior atau anjing yang berusia di atas 7 tahun akan mengalami penurunan aktivitas harian. Jika saat kecil hingga remaja ia suka bermain sendiri dan berlari-larian, anjing senior akan terlihat lebih lemas dan memilih untuk tidur saja. Penuaan pada anjing juga ditandai dengan penurunan indera pendengaran, batuk-batuk, gigi copot, perubahan warna bulu, serta penurunan nafsu makan. Lakukan hal berikut ini agar anjing kembali aktif.

Baca juga: Alergi Lingkungan Bisa Picu Bulu Anjing Peliharaan Rontok

Begini Cara Melatih Anjing Senior agar kembali Aktif 

Penurunan aktivitas fisik saat tua merupakan hal yang wajar terjadi. Namun jika dibiarkan terlalu lama, maka dapat memicu terjadinya masalah kesehatan, seperti obesitas, kaki pada otot, serta memperpendek harapan hidup mereka. Lantas, bagaimana cara melatih anjing senior agar kembali aktif? Lakukan sejumlah hal berikut ini, ya.

  • Melakukan Jadwal Tetap Latihan Fisik

Jika ia terlalu bosan dengan aktivitasnya, kamu perlu menjadwal ulang latihan fisik anjing senior. Jika biasanya hanya bermain bersama seharian penuh saat weekend, kamu bisa bermain dan berolahraga bersama setiap hari saat pagi atau sore. Jadwal baru dan tetap yang dilakukan secara rutin akan membuat anjing senior aktif bergerak. Umur anjing senior yang sudah tua mengharuskan kamu untuk memilih aktivitas yang ringan guna mencegah kekakuan otot atau cedera.

  • Memilih Aktivitas dan Mainan Baru

Jika di awal usianya anjing perlu melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menarik, saat senior aktivitas harus juga dapat merangsang mental mereka menjadi lebih tajam. Bukan itu saja, kamu perlu memilih aktivitas dan mainan baru agar ia tidak bosan dan dapat bergerak aktif serta membuat ia lebih banyak berinteraksi. 

Berkaitan dengan hal tersebut, kamu bisa memilih aktivitas baru, seperti beneran. Berenang merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bukan hanya menyegarkan saja, aktivitas yang satu ini juga merangsang seluruh tubuh untuk bergerak aktif. Berenang akan menggerakan seluruh tulang dan persendian mereka. Jadi, pastikan anjing berada dalam kondisi yang sehat, ya.

Baca juga: 4 Cara agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

  • Mengeksplor Tempat-Tempat Baru

Mengeksplor tempat-tempat baru dengan hewan kesayangan akan terasa menyenangkan. Jika ingin mengeksplor dengan anjing yang sudah senior, pastikan ia pemimpin penjelajahan, ya. Hal tersebut akan mengasah naluri dan rasa ingin tahunya, sehingga ia dapat kembali menajamkan indera penciuman serta penglihatannya.

  • Mengajaknya Berinteraksi dengan Anjing Lain

Mengajaknya berinteraksi dengan anjing lain menjadi salah satu cara melatih anjing senior agar kembali aktif. Apalagi jika ia bertemu dengan anjing lain yang belum dikenal. Hal tersebut akan membangkitkan kemampuan interaksi sosial anjing senior. Kamu tidak perlu cemas selama anjing senior tidak menunjukkan tanda kecemasan atau keagresifan.

  • Memberi Asupan Nutrisi yang Baik

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah memenuhi asupan nutrisi dalam tubuhnya. Jika nutrisi anjing senior yang terpenuhi dengan baik, mereka akan memiliki tenaga untuk beraktivitas harian. Pastikan untuk memberi asupan nutrisi yang kaya protein, serat, karbohidrat, mineral, serta vitamin yang dibutuhkan tubuh, ya.

Baca juga: Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Itulah sejumlah cara melatih anjing senior agar kembali aktif. Jika kamu mengalami masalah dalam melakukannya, silahkan diskusikan langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. 5 Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif.