Cara Tepat Memberikan Paracetamol saat Anak Demam

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Maret 2021
Cara Tepat Memberikan Paracetamol saat Anak DemamCara Tepat Memberikan Paracetamol saat Anak Demam

Halodoc, Jakarta – Paracetamol (acetaminophen) adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati demam pada anak-anak. Sama seperti obat pereda rasa nyeri yang lain, paracetamol bermanfaat untuk meredakan gejala dan mencegah kejang demam.

Namun, sebelum memberikan obat apapun pada anak, termasuk paracetamol, orangtua dianjurkan untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, pemberian obatnya juga tidak boleh sembarangan. Perhatikan cara tepat memberikan paracetamol untuk anak demam di sini.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Atasi Demam Tinggi pada Anak

Tentang Paracetamol untuk Anak

Paracetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk anak-anak. Obat ini sering digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit perut, sakit telinga, dan gejala pilek. Paracetamol juga bisa diberikan untuk menurunkan demam pada anak.

Paracetamol anak tersedia dalam bentuk tablet atau sirup. Untuk anak-anak yang kesulitan menelan tablet atau sirup, atau yang sedang sakit parah, paracetamol juga tersedia dalam bentuk supositoria, yaitu obat yang diberikan melalui bokong anak.

Anak-anak yang Boleh dan Tidak Boleh Minum Paracetamol

Berikut usia anak yang boleh diberikan paracetamol:

  • Paracetamol dalam bentuk sirup cair bisa diberikan pada anak mulai usia 2 bulan.
  • Paracetamol dalam bentuk (termasuk tablet larut) bisa diberikan pada anak mulai usia 6 tahun.
  • Paracetamol dalam bentuk supositoria bisa diberikan pada anak mulai usia 2 bulan.

Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter bila ibu ingin memberi paracetamol pada anak dengan kondisi berikut:

  • Berusia lebih kecil dari anjuran usia minimum untuk pemberian paracetamol.
  • Pernah mengalami masalah hati atau ginjal.
  • Sedang mengonsumsi obat epilepsi.
  • Minum obat tuberkulosis (TBC).
  • Minum obat pengencer darah (warfarin).

Ingat, jangan berikan paracetamol pada bayi di bawah usia 2 bulan, kecuali atas anjuran dokter.

Baca juga: Bolehkah Paracetamol Diminum Bersamaan dengan Obat Lain?

Cara Memberikan Paracetamol pada Anak

Paracetamol anak bisa diminum dengan atau tanpa makanan. Berikut cara tepat memberikan paracetamol pada anak:

  • Cara Memberi Paracetamol Sirup

Kocok botol dengan baik setidaknya selama 10 detik dan tuang obat dalam jumlah yang tepat ke atas sendok plastik yang biasanya disertakan dengan obat.

  • Cara Memberi Paracetamol Tablet

Tablet paracetamol sebaiknya ditelan dengan menggunakan segelas air putih. Beri tahu anak untuk tidak mengunyah tablet. Sedangkan tablet paracetamol larut harus dilarutkan dalam setidaknya setengah gelas air. Aduk untuk memastikan tablet sudah larut sepenuhnya, lalu berikan pada anak untuk diminum.

  • Cara Memberikan Paracetamol Suppositoria

Paracetamol suppositoria adalah obat yang diberikan dengan cara dimasukkan dan didorong dengan lembut melalui bokong anak. Ikuti petunjuk penggunaan pada label kemasan obat.

Demam anak biasanya mulai membaik sekitar 30 menit setelah mengonsumsi paracetamol tablet atau sirup. Sementara itu, paracetamol suppositoria membutuhkan waktu hingga 60 menit untuk bekerja dengan baik.

Hal yang Diperhatikan saat Memberi Paracetamol pada Anak

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua saat ingin memberi paracetamol pada anak yang demam:

  • Paracetamol anak tersedia dalam berbagai jenis dengan kekuatan yang berbeda-beda. Dosis paracetamol yang bisa diberikan pada anak tergantung usia anak dan kekuatan obat tersebut. Jadi, pastikan ibu selalu membaca petunjuk penggunaan dengan cermat.
  • Bila sudah memberi paracetamol, hindari memberi obat lain yang memiliki kandungan paracetamol juga pada anak, seperti pada beberapa obat batuk dan pilek. Jadi, periksalah komposisi obat dengan hati-hati.
  • Paracetamol adalah obat sehari-hari, tapi bisa berbahaya bila anak mengonsumsi terlalu banyak. Jadi, jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.
  • Pastikan ibu menunggu selama 4 jam sebelum memberi dosis berikutnya pada anak dan jangan memberikan paracetamol pada anak lebih dari 4 kali dalam sehari.

Baca juga: Ini 7 Tanda Demam pada Anak Mulai Berbahaya

Itulah cara tepat memberikan paracetamol pada anak yang sedang demam. Bila ibu ragu tentang dosis paracetamol yang tepat untuk anak atau bila ibu ingin bertanya mengenai obat yang tepat untuk Si Kecil, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa berbicara pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2021. Paracetamol for children (including Calpol).
Kids Health. Diakses pada 2021. Safe Use Of Paracetamol In Children


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan