Cara Tepat Mengatur Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Desember 2021
Cara Tepat Mengatur Jadwal Makan Bayi Usia 6 BulanCara Tepat Mengatur Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

“Membuat jadwal makan bayi 6 bulan bisa dimulai dengan mengikuti isyarat bayi. Perlu dipahami, pada usia ini sumber makanan bayi masih ASI atau susu formula. Sedangkan pemberian makanan sebagai bentuk belajar.  Jadwal yang tepat adalah jadwal yang cocok untuk bayi dan keluarga.”

Halodoc, Jakarta – Bayi usia 6 bulan sudah mulai memiliki jadwal tidur yang dapat diprediksi. Di masa ini juga mereka mulai belajar duduk, dan yang paling penting adalah mulai memasuki fase MPASI (makanan pendamping air susu ibu). 

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi bisa mulai makan makanan padat sekitar usia 6 bulan. Tentu saja, saat memperkenalkan makanan pada bayi untuk pertama kalinya, ibu perlu memulainya dari porsi kecil dan melihat respon bayi. 

Perlu dipahami juga, pada masa-masa tersebut ibu perlu mengatur jadwal makannya secara tepat. Lantas, seperti apa jadwal makan bayi 6 bulan?

Kapan Bayi Perlu Diberi ASI atau MPASI?

Saat usia bayi sekitar 6 bulan, beberapa bayi yang tadinya tidur siang sebanyak tiga sampai empat kali, mulai beralih menjadi dua kali. Pada usia ini, kebanyakan bayi membutuhkan 12-15 jam tidur per hari, dan tidur siang biasanya berlangsung selama 1-3 jam. 

Nah, lalu bagaimana cara mengatur jadwal makan bayi 6 bulan? Cara tepat mengatur jadwal makan bayi yaitu mengikuti isyarat bayi untuk menyesuaikan kebutuhannya, dengan jadwal keluarga secara perlahan. 

Sebelum mengatur jadwal makan bayi 6 bulan, berikut beberapa tips memberi makan yang perlu diketahui:

  • Bayi mungkin lapar setelah bangun dari tidur siang yang lama. Ini bisa jadi saat yang tepat untuk mencoba memberikan makanan padat setelah menawarkan ASI atau susu formula untuk meredakan rasa lapar awalnya. 
  • Hindari menambahkan sereal bayi ke botol susunya. Hal ini dapat meningkatkan risiko tersedak.
  • Bayi tidak boleh makan tanpa pengawasan ketat.

Hal yang perlu ditegaskan, pemberian susu formula sebaiknya berdasarkan anjuran dan rekomendasi dokter. Sebab kandungan ASI ibu lebih bergizi ketimbang susu formula. 

Jadwal MPASI bayi Usia 6 Bulan

Setelah itu, mulailah membuat jadwal makan dimulai dari waktu bangun Si Kecil. Misalnya saja, waktu bangung bayi sekitar 07.30 (bisa disesuaikan):

  • 07.30 – Bangun tidur. Berikan ASI atau susu formula, karena pada usia ini ASI atau susu formula masih menjadi sumber nutrisi pertama untuk bayi. Sedangkan di awal-awal pada tahap ini, MPASI masih untuk latihan. 
  • 08.00, sarapan. Sajikan menu MPASI yang sudah disiapkan. 
  • 09.30, tidur siang.
  • 10.30, berikan ASI atau susu formula. Biarkan bayi beraktivitas. 
  • 12.00, makan siang. Tawarkan pilihan MPASI yang bersumber dari sayuran, buah, atau daging.
  • 12.30, tidur siang.
  • 13.30, bangun tidur. Berikan ASI atau susu formula. Kemudian biarkan bayi beraktivitas atau berikan camilan.
  • 15.30, tidur siang. 
  • 16.30, bangun. Berikan ASI atau susu formula.
  • 18.00, makan malam. Tawarkan menu MPASI yang sudah disiapkan. 
  • 19.30, tidur. Berikan ASI atau susu formula. 

Pastikan untuk selalu menjaga jadwal makan yang sudah diatur sedemikian rupa. Bayi biasanya perlu menyusu setiap 2-3 jam, lima hingga enam kali di siang hari. Merupakan hal normal jika jawal bayi berubah dari hari ke hari, atau bayi makan makanan dalam jumlah yang berbeda setiap harinya. 

Ibu dapat mengikuti isyarat bayi, bahkan jika ia sudah ‘menetapkan’ jadwalnya sendiri. Orang tua atau pengasuh sebaiknya tetap memberikan makan meskipun bayi sudah menyusu. 

Memutuskan apa, kapan, dan bagaimana memberi makan bayi memang merupakan tantangan tersendiri. Terutama selama masa transisi ke makanan padat. Selama bayi mendapatkan ASI atau susu formula secara teratur, orang tua tidak perlu terburu-buru beralih ke makanan padat.

Beberapa bayi membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan bayi lainnya untuk menerima makanan padat.  Sementara sebagian lainnya memiliki semangat penuh saat mengonsumsi MPASI. 

Perlu dipahami juga, jadwal makan bayi 6 bulan yang tepat adalah jadwal yang cocok untuk bayi dan keluarga. Contoh jadwal-jadwal di atas dapat berubah dari waktu ke waktu.

Jika ibu khawatir dengan kondisi kesehatan Si Kecil selama proses memberikan MPASI, segera tanyakan pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. 6-month-old feeding schedule: Timings and food source
Very Well Family. Diakses pada 2021. Newborn and Baby Feeding Schedule: How Much Should a 6-9 Month-Old Eat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan