Catat, Ini 2 Obat Pusing untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Januari 2023

“Ada dua obat pusing yang biasanya aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya adalah paracetamol yang bekerja dengan menghambat produksi hormon prostaglandin.”

Catat, Ini 2 Obat Pusing untuk Ibu Hamil yang Aman DikonsumsiCatat, Ini 2 Obat Pusing untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa ketidaknyamanan yang dapat terjadi selama kehamilan. Salah satunya adalah pusing sebagai salah satu kondisi yang lazim terjadi pada awal kehamilan. Pusing selama kehamilan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari perubahan kadar hormon tubuh, perubahan berat badan, hingga perubahan volume darah. 

Sebenarnya beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi pusing selama hamil. Contohnya dengan mengonsumsi banyak air putih atau sekadar beristirahat. Sayangnya, terkadang beberapa cara tersebut tak cukup efektif dalam meredakan pusing. Alhasil, ibu pun perlu mengonsumsi obat pusing yang aman dikonsumsi selama kehamilan. 

Pilihan Obat Pusing untuk Ibu Hamil

Perlu dicatat bahwa selama kehamilan, ibu sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih obat pereda pusing, meski obatnya dijual bebas. Penting untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter jika memang beberapa perawatan rumahan tak membuahkan hasil. Jika dirasa aman, biasanya dokter akan merekomendasikan pilihan obat berikut: 

1. Paracetamol 

Paracetamol adalah obat pereda nyeri pilihan pertama bagi wanita yang sedang hamil. Sebab, obat ini diketahui tidak membahayakan bayi dalam kandungan. Sementara itu, obat ini bekerja dengan menghambat produksi hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin merupakan hormon yang memicu rasa sakit sekaligus mengubah cara tubuh menerima rasa sakit. 

2. Sumatriptan

Obat pereda pusing selanjutnya yang dapat dianjurkan bagi ibu hamil adalah sumatriptan yang biasa digunakan untuk mengobati migraine. Studi berjudul Safety of triptans for migraine headaches during pregnancy and breastfeeding menemukan hasil menarik. Hasil studi ini menjelaskan kalau obat ini adalah pilihan terapi yang aman untuk pengobatan serangan migrain pada wanita hamil. 

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian lainnya untuk memastikan keamanan triptan selama kehamilan. Namun, bukti sampai saat ini meyakinkan dan sumatriptan juga dianggap cocok untuk menyusui. 

Obat Pusing yang Tidak Aman Digunakan Ibu Hamil

Penting untuk tidak mengonsumsi obat secara sembarangan selama hamil. Sebab, beberapa obat pusing berikut diketahui tidak aman dikonsumsi selama kehamilan, yaitu: 

1. Aspirin 

Aspirin biasanya tidak dianjurkan selama kehamilan kecuali jika ibu memiliki kondisi medis tertentu. Terkadang, dokter meresepkan ibu hamil untuk mengonsumsi aspirin dosis rendah jika mereka memiliki kelainan pembekuan darah atau riwayat kondisi yang disebut preeklampsia. 

2. Ibuprofen

Selain aspirin, ibuprofen biasanya tidak direkomendasikan pada kehamilan. Kecuali bila obat ini diresepkan oleh dokter, terutama jika usia kehamilan melebihi 30 minggu. Sebab, ibuprofen dapat memengaruhi sirkulasi dan ginjal bayi. Di samping itu, para ahli juga mempercayai adanya hubungan antara mengonsumsi ibuprofen di awal kehamilan dan keguguran.

Cara Lain yang Dapat Ibu Lakukan

Untuk mencegah atau meredakan sakit kepala ringan selama kehamilan tanpa minum obat, cobalah hal berikut ini:

  • Hindari pemicu sakit kepala. Jika makanan atau bau tertentu sebelumnya dapat memicu sakit kepala, hindarilah. 
  • Aktif secara fisik. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki setiap hari.
  • Berlatih teknik relaksasi. Cobalah pernapasan dalam, yoga, pijat, dan visualisasi.
  • Makan teratur. Makan makanan terjadwal secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat dapat membantu mencegah sakit kepala. 
  • Penuhi kebutuhan cairan. Pusing juga dapt disebabkan oleh dehidrasi, sehingga memenuhi kebutuhan cairan diharapkan dapat mencegahnya. 
  • Ikuti jadwal tidur yang teratur. Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala selama kehamilan.

Itulah beberapa obat pusing yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar kehamilan, atau memiliki keluhan medis, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc ibu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

American Pregnancy Association. Diakses pada 2023. Headaches in Pregnancy. 
NHS. Diakses pada 2023. Pregnancy, breastfeeding and fertility while taking paracetamol for adults. 
NHS. DIakses pada 2023. Pregnancy, breastfeeding and fertility while taking or using ibuprofen. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Is it safe to take aspirin during pregnancy?
Mayo Clinic. DIakses pada 2023. What can I do about headaches during pregnancy? I’d rather not take medication.
NIH. Diakses pada 2023. Safety of triptans for migraine headaches during pregnancy and breastfeeding. 
Drugs. Diakses pada 2023. Sumatriptan Pregnancy and Breastfeeding Warnings. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan