Catat, Ini 4 Cara Mengatasi Keracunan Insektisida

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Januari 2023

“Cara mengatasi keracunan insektisida tergantung dengan bagaimana racun masuk ke dalam tubuh. Kalau terhirup, segera bawa orang tersebut ke ruangan terbuka supaya menghirup udara segar.”

Catat, Ini 4 Cara Mengatasi Keracunan InsektisidaCatat, Ini 4 Cara Mengatasi Keracunan Insektisida

Halodoc, Jakarta – Keracunan insektisida bisa saja terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja. Sifat-sifat yang membuat insektisida mematikan bagi serangga terkadang juga bisa membuatnya menjadi racun bagi manusia. 

Keracunan insektisida yang paling serius diakibatkan oleh jenis insektisida organofosfat dan karbamat. Jenis insektisida yang disebutkan tadi paling sering digunakan dalam upaya bunuh diri ataupun tanpa sengaja dikonsumsi. Lantas, seperti apa cara mengatasi keracunan insektisida? Baca selengkapnya di sini!

Penanganan Keracunan Insektisida

Insektisida adalah bahan kimia yang membunuh serangga. Keracunan insektisida terjadi ketika seseorang menelan atau menghirup zat ini atau terserap melalui kulit. Cara mengatasi keracunan insektisida bisa dilakukan sesuai dengan bagaimana keracunan terjadi. Berikut adalah penanganannya!

1. Racun yang tertelan

Satu-satunya cara mengatasi keracunan insektisida bila racun tertelan adalah dengan dimuntahkan. Jika dalam kondisi darurat, segera bawa orang yang tertelan racun ke petugas medis terdekat untuk segera diberi pertolongan.

Biasanya juga dalam kemasan produk ada informasi, hal yang harus dilakukan bila racun tertelan. Sirup Ipecac biasanya adalah salah satu kebutuhan P3K yang diperlukan–dan biasanya ada di dalam kotak P3K. Sirup ini diberikan sebagai stimulasi supaya seseorang muntah, bila dalam kondisi keracunan. 

2. Racun masuk ke mata

Selaput mata menyerap insektisida lebih cepat daripada bagian luar tubuh lainnya. Akibatnya, kerusakan mata dapat terjadi dalam beberapa menit ketika pestisida masuk ke mata. 

Jika situasi tersebut terjadi, pestisida tanpa sengaja terciprat ke mata, buka kelopak mata dan basuh dengan cepat dan lembut. Gunaka air bersih yang mengalir dari keran atau aliran lembut dari selang selama minimal 15 menit. 

Jika memungkinkan, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan tepat. Jangan gunakan obat tetes mata atau bahan kimia atau obat-obatan lain untuk mengobatinya. Ini hanya akan memperparah kondisi keracunan insektisida.

3. Kulit terpapar racun 

Jika insektisida terciprat ke kulit, basahi area tersebut dengan air dan lepaskan pakaian yang terkontaminasi. Cuci kulit dan rambut secara menyeluruh dengan sabun dan air. Bila pakaian terciprat insektisida, cuci bersih secara terpisah dari cucian lainnya.

4. Racun terhirup

Segeralah bawa orang yang keracunan ke tempat lain untuk mendapatkan udara segar atau bersih. Kendurkan pakaiannya, dan jika kulitnya membiru atau berhenti bernapas, berikan pernapasan buatan. Kemudian, segeralah hubungi layanan pertolongan untuk meminta bantuan. Buka pintu dan jendela agar tidak ada orang lain yang teracuni asap.

Insektisida bisa menyebabkan keracunan tergantung pada seberapa banyak paparannya ke tubuh. Jumlah yang dibutuhkan untuk menyebabkan keracunan tergantung pada jenis bahan kimia yang terkandung pada insektisida dan sensitivitas orang yang terkena.

Beberapa jenis insektisida  lebih mudah menguap daripada yang lain, lebih mungkin untuk dihirup, atau juga lebih cepat merusak.  Semua ini menjadi faktor yang dapat memengaruhi potensi risiko paparan. 

Jadi, bila dispesifikkan, beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan seberapa parah keracunan insektisida bisa terjadi:

1. Jenis pestisida, beberapa pestisida lebih berbahaya daripada yang lain.

2. Jumlah pestisida yang terpapar .

3. Konsentrasi/kekuatan (seberapa kuat/dosis).

4. Lamanya pemaparan atau durasi.

5. Rute masuk ke dalam tubuh (kulit, konsumsi, atau inhalasi).

Itulah informasi mengenai cara mengatasi keracunan insektisida. Kalau kamu butuh informasi lebih detail mengenai isu kesehatan lainnya, segera tanya dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran pengobatan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Lifepack.id. Diakses pada 2023. Ipecac Tincture. 
Extension University of Missouri. Diakses pada 2023. Pesticide Poisoning Symptoms and First Aid.
MedlinePlus. Diakses pada 2023. Insecticide poisoning.
United States Environmental Protection Agency. Diakses pada 2023. First Aid in Case of Pesticide Exposure.
Canadian Centre for Occupational Health and Safety. Diakses pada 2023. Pesticides – Health Effects.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan