• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering

Catat, Ini 4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Desember 2021
Catat, Ini 4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering

“Kulit yang kering biasanya terasa kasar, terlihat pucat, bersisik, dan kusam, serta kurang elastis. Jika terus dibiarkan, kulit yang kering rentan mengalami iritasi bahkan infeksi. Perawatan kulit kering umumnya sederhana dan bisa kamu lakukan di rumah saja.”

Halodoc, Jakarta – Kulit kering merupakan masalah yang kerap dialami sebagian orang. Walaupun bukan kondisi yang serius, kulit yang kering rentan terluka dan mengalami infeksi. Ada banyak faktor yang memicu kulit kering, mulai dari cuaca, lingkungan, salah perawatan, sampai mengidap penyakit tertentu. 

Kendati demikian, kulit kering jarang disebabkan oleh penyakit serius dan cenderung mudah diatasi. Beberapa orang pun memiliki jenis kulit yang cenderung kering. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi kulit kering? Nah, berikut perawatan kulit yang bisa kamu lakukan untuk atasi kulit kering. 

Perawatan Sederhana untuk Atasi Kulit Kering

Tidak sulit kok untuk mengatasi kulit yang kering. Kuncinya hanya memastikan agar kulit tetap lembap. Berikut cara-cara yang bisa kamu coba:

1. Gunakan pelembap

Cara mengatasi kulit kering pertama adalah dengan menggunakan pelembap secara rutin, terutama setelah mencuci muka. Pelembap berfungsi untuk mengunci kadar air di dalam kulit agar tidak keluar. Selain mengoleskan pelembap, kamu mungkin juga perlu memilih jenis-jenis kosmetik atau perawatan lainnya yang mengandung pelembap. Pilihlah pelembap yang berbahan dasar minyak yang memiliki daya tahan lebih lama. 

2. Hindari penggunaan air hangat

Cara mengatasi kulit kering juga bisa dengan menghindari penggunaan air hangat, contohnya saat mandi maupun mencuci muka. Air yang bersuhu hangat cenderung melebarkan pori-pori sehingga mengeluarkan kandungan air dalam kulit. Usahakan selalu mandi dan membasuh muka dengan air biasa saja. Namun, jika terpaksa harus menggunakan air hangat, hindari berendam lebih dari 10 menit. 

3. Pilih sabun yang tepat

Memilih sabun yang tepat merupakan cara mengatasi kulit kering yang terbilang efektif. Beberapa jenis sabun mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) yang dapat membuat kulit kering. Selain SLS, hindari pula sabun atau produk perawatan kulit lain yang mengandung alkohol. Nah, pastikan tidak ada kandungan tersebut saat membeli sabun. Selain itu, pilihlah jenis sabun yang sudah ditambahkan minyak dan lemak. 

4. Kenakan pakaian berbahan katun

Tips yang satu ini mungkin sepele, tetapi sebaiknya kenakan pakaian berbahan katun atau sutra supaya kulit bisa bernapas dan tidak mengiritasi kulit. Pakaian berbahan wol dan bahan lain yang berpori-pori ketat berisiko mengiritasi kulit yang kering. 

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kering yang bisa kamu coba. Selain itu, konsumsi vitamin juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Segera cek kebutuhan vitamin di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sampai sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi :

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Dry skin.
WebMD. Diakses pada 2021. Dry skin.