• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Ciri-Ciri Cacingan pada Orang Dewasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Ciri-Ciri Cacingan pada Orang Dewasa

Catat, Ini Ciri-Ciri Cacingan pada Orang Dewasa

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Februari 2022

“Terdapat beberapa ciri-ciri cacingan pada orang dewasa yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah rasa gatal di sekitar area anus, terutama pada malam hari. Hal ini lantaran cacing kremi penyebab cacingan merupakan hewan nokturnal, sehingga mereka lebih aktif dan akan bertelur di malam hari.”

Catat, Ini Ciri-Ciri Cacingan pada Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta – Cacingan merupakan kondisi terjadinya infeksi cacing dalam usus manusia. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa jenis cacing. Salah satunya seperti cacing kremi yang bersifat parasit. Kondisi tersebut juga tidak boleh disepelekan karena pada kasus yang parah, cacingan dapat menimbulkan komplikasi seperti Infeksi saluran kemih. 

Sayangnya, gejala atau ciri-ciri cacingan pada orang dewasa sering kali tidak disadari sedari awal. Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri atau gejala cacingan pada orang dewasa. Penasaran apa saja? Yuk simak infonya di sini!

Ciri-Ciri Cacingan pada Orang Dewasa

Gejala infeksi cacing kremi biasanya ringan dan beberapa orang yang terinfeksi umumnya tidak menunjukkan gejala. Kendati demikian, terdapat beberapa gejala khas cacingan akibat infeksi cacing kremi pada orang dewasa yang perlu diwaspadai. Berikut adalah penjabarannya, yaitu:

1. Adanya Rasa Gatal di Sekitar Anus

Infeksi cacing kremi atau Enterobius vermicularis dapat menyebabkan gatal-gatal di sekitar anus. Rasa gatal tersebut biasanya bertambah parah pada malam hari karena cacing berpindah ke daerah sekitar anus untuk bertelur. Sebab, cacing kremi merupakan hewan nokturnal, sehingga mereka akan lebih aktif di malam hari. 

Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk pada pengidap cacingan. Sebab, rasa gatal yang muncul pada anus terutama di malam hari tentunya dapat menimbulkan kegelisahan sehingga membuat kualitas tidur menurun. 

2. Sakit Perut dan Mual

Salah satu gejala cacingan pada orang dewasa yang perlu diwaspadai adalah terjadinya sakit perut dan mual. Gejala yang satu ini perlu benar-benar diperiksakan karena sakit perut dan mual yang muncul sering kali tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan gangguan kondisi yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

3. Penurunan Berat Badan

Jika kamu secara mendadak mengalami penurunan berat badan yang signifikan padahal sedang tidak diet, kamu patut waspada. Sebab, kondisi tersebut bisa jadi merupakan tanda bahwa cacingan pada tubuh sudah parah. Perlu diketahui bahwa populasi cacing kremi dalam jumlah besar dapat merampas nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga menyebabkan penurunan berat badan. 

4. Rasa Lemas Berlebihan

Salah satu gejala dari cacingan pada orang yang dewasa yang perlu diwaspadai adalah rasa lemas berlebihan. Nah, rasa lemas yang berlebihan tersebut masih berhubungan dengan rasa gatal pada anus. Sebab, rasa gatal yang berlebihan menyebabkan pengidap cacingan untuk mengalami kesulitan tidur. Akibatnya, dirinya akan mengalami penurunan konsentrasi, hingga kelelahan atau rasa lemas yang berlebihan, jika penurunan kualitas tidur terjadi secara berkepanjangan.

Bisakah Cacingan Dicegah?

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya cacingan. Nah, berikut adalah beberapa cara tersebut, antara lain:

  • Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan setelah menyentuh tanah atau menggunakan toilet.
  • Pastikan untuk selalu meminum air kemasan atau air matang.
  • Jika kamu memelihara anjing atau kucing, pastikan untuk secara rutin memberikan peliharaanmu obat cacing.
  • Kamu juga perlu membuang kotoran hewan peliharaanmu di tempat sampah sesegera mungkin.
  • Pastikan untuk selalu mencuci bersih buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya. Hal ini berlaku baik untuk buah dan sayuran yang kamu tanam sendiri, maupun yang kamu beli.  

Nah, itulah penjelasan mengenai ciri-ciri cacingan pada orang dewasa. Ketika seseorang mengalami cacingan akibat cacing kremi, terdapat beberapa ciri-ciri yang perlu diwaspadai. Mulai dari rasa gatal di sekitar anus, hingga rasa lemas berlebihan.

Jika kamu mengalami beberapa ciri atau gejala tersebut dengan intensitas yang sering, segeralah  meminta saran medis yang tepat kepada dokter. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter untuk menceritakan keluhan yang kamu rasakan, sekaligus meminta saran medis yang tepat. Lewat fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Pinworm infection.
CDC. Diakses pada 2022. Pinworm Infection FAQs.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Pinworms.
NHS. Diakses pada 2022. Worms in humans.