Catat, Ini Manfaat dan Tips Mempelajari Gitar Klasik untuk Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Januari 2023

“Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan anak ketika belajar gitar klasik. Beberapa di antaranya meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata, serta meningkatkan rasa percaya diri.”

Catat, Ini Manfaat dan Tips Mempelajari Gitar Klasik untuk AnakCatat, Ini Manfaat dan Tips Mempelajari Gitar Klasik untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Gitar menjadi salah satu jenis alat musik yang cukup banyak dimainkan. Penggunaan alat musik ini juga bisa ditemukan di mana saja dengan mudah. Bukan hanya orang dewasa, gitar juga bisa dipelajari oleh anak-anak.

Umumnya, anak-anak akan mempelajari gitar klasik terlebih dahulu sebelum mengenal jenis gitar yang lainnya. Nah, pertanyaannya apa saja manfaat yang diperoleh anak saat dirinya bermain gitar klasik?

Manfaat Mempelajari Gitar Klasik untuk Anak

Gitar menjadi salah satu alat musik yang bisa dipelajari oleh anak-anak. Idealnya, anak bisa belajar bermain gitar klasik saat usianya memasuki 7-8 tahun. Saat memasuki usia ini, anak-anak sudah siap secara fisik sehingga mampu menempatkan jari-jari dengan tepat dan memetik senar gitar.

Gitar klasik menjadi pilihan yang baik untuk mengenalkan alat musik ini pada anak. Selain bentuknya yang sederhana, senar nilon pada gitar pun menjadi alat yang cukup aman untuk digunakan. Jadi, tidak ada salahnya orang tua mengenalkan jenis gitar ini dan mengajarkan anak bermain gitar klasik.

Berikut manfaat bermain gitar klasik pada anak-anak, yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan

Anak-anak bisa belajar kemampuan koordinasi tangan dan mata dengan bermain gitar jenis ini. Tentunya kerjasama tangan dan mata yang optimal mampu menghasilkan berbagai nada yang indah dan unik.

2. Meningkatkan kreativitas anak

Kemampuan mengekspresikan kreativitas diri menjadi salah satu manfaat mempelajari gitar klasik.

Saat kemampuan anak sudah cukup baik untuk bermain gitar klasik, hal ini memungkinkan anak untuk membuat melodi dan ritme sendiri dalam musik yang mereka mainkan.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Bermain gitar jenis ini membuat rasa percaya diri anak meningkat. Selain itu, mereka juga mampu memiliki rasa pencapaian terhadap suatu bakat yang baru.

Berlatih gitar klasik bukanlah hal yang mudah bagi anak-anak. Dengan pencapaian yang mereka dapatkan, hal ini membuat kebanggaan pada dirinya sendiri meningkat. 

4. Meningkatkan kemampuan berinteraksi

Manfaat lain dari mempelajari gitar klasik adalah kemampuan berinteraksi anak yang meningkat. Hal ini terjadi karena anak bertemu dengan banyak orang, seperti teman seusianya atau orang yang lebih dewasa saat belajar gitar klasik.

Kondisi ini akan membuat anak lebih mudah untuk menempatkan diri pada lingkungan sosial tertentu. Hal ini sangat baik untuk kemampuan bersosialisasi anak saat ia beranjak dewasa.

5. Meningkatkan konsentrasi

Bermain gitar klasik mampu meningkatkan kemampuan mengingat dan konsentrasi. Kemampuan ini tentunya akan sangat bermanfaat pada kegiatan belajar anak di sekolah.  

6. Mengajarkan disiplin dan sabar

Manfaat yang tidak kalah penting saat mengajarkan anak gitar klasik adalah rasa disiplin dan sabar. Tentunya, anak akan mengerti untuk bisa mencapai kemampuan tertentu, ia harus belajar secara konsisten dan disiplin.

Begitu juga untuk mencapai kemampuan tersebut, anak harus mencoba untuk bersabar dan gigih dalam mempelajari hal baru.

Itulah berbagai manfaat yang bisa ibu rasakan ketika anak belajar gitar klasik. Ibu bisa mencoba untuk mengenalkan beberapa lagu yang menyenangkan dengan instrumen gitar, agar anak semakin tertarik untuk mencobanya.

Jika anak belum tertarik untuk bermain gitar klasik, sebaiknya jangan memaksa dirinya untuk terus berlatih. Pastikan juga anak tidak mengalami gangguan kesehatan setiap berlatih gitar klasik. 

Ibu bisa tanyakan langsung pada dokter anak jika anak mengalami keluhan kesehatan. Cek kebutuhan medis menggunakan Halodoc,  agar obat dan suplemen yang diperlukan bisa langsung diantar ke tempatmu. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

Valentin’s Guitar Academy. Diakses pada 2023. 11 Reasons Why the Classical Guitar is a Good Choice for Children.

Gentle Guitar. Diakses pada 2023. The Benefits of Guitar Lessons for Kids.

Superfprof. Diakses pada 2023. Learning the Guitar Helps Children Develop and Reach Milestones.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan