Catat, Ini Pertolongan Pertama Mengatasi Keracunan Alkohol

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Januari 2023

“Keracunan alkohol dapat menyebabkan komplikasi berbahaya, sehingga penanganan yang tepat perlu dilakukan. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa menyelamatkan nyawa seseorang.”

Catat, Ini Pertolongan Pertama Mengatasi Keracunan AlkoholCatat, Ini Pertolongan Pertama Mengatasi Keracunan Alkohol

Halodoc, Jakarta – Keracunan adalah masalah yang bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk juga akibat terlalu banyak konsumsi alkohol. Jika kondisi ini dibiarkan, seseorang dapat mengalami komplikasi berbahaya sebagai akibatnya. Maka dari itu, kamu perlu tahu tindakan pertolongan pertama saat mengalami keracunan alkohol berikut ini!

Gejala Keracunan Alkohol yang Umum Dirasakan

Cara Memberikan Pertolongan Dini pada Pengidap Keracunan Alkohol

Seseorang bisa mengalami keracunan akibat terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Pasalnya, terlalu banyak alkohol yang beredar di dalam aliran darah bisa memengaruhi fungsi otak. Beberapa kondisi yang bisa terjadi, seperti masalah kesadaran, pernapasan, detak jantung, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, belum diketahui secara pasti perbedaan antara mabuk dan keracunan alkohol. Namun, seseorang yang mengalami keracunan dapat mengalami dampak buruk pada tubuhnya dalam waktu yang lama, tepatnya setelah konsumsi minuman beralkohol terakhirnya.

Cara paling utama yang bisa dilakukan saat seseorang dicurigai mengalami keracunan alkohol adalah dengan meminta bantuan medis segera. 

Sebelum bantuan medis datang, ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Letakkan tubuhnya pada posisi duduk dan tetap terjaga, tetap waspada jika orang tersebut muntah dan arahkan badan untuk mempermudah keluarnya muntah.
  • Periksa jalan napasnya dan pastikan tetap bersih agar ia mampu bernapas dengan baik.
  • Berikan air minum jika memungkinkan, menyeruput lebih baik dibandingkan meneguk air minum.
  • Jika ia pingsan, baringkan pada posisi miring dan periksa pernapasannya secara teratur.
  • Buat tubuhnya tetap hangat dan tetap bersamanya hingga ambulans tiba.

Selain itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada seseorang yang mabuk atau memiliki kemungkinan mengalami keracunan alkohol, yaitu:

  • Jangan pernah tinggalkan orang tersebut sendirian. Sebab, ada risiko untuk mengalami muntah dan tersedak di antara dampak racun lainnya, seperti serangan jantung dan hipotermia.
  • Jangan mencoba untuk menyadarkannya dengan memberikan kopi atau mengguyur air dingin. Cara tersebut tidak membantu atau bahkan bisa membahayakan. Seseorang yang mengalami keracunan perlu mendapatkan tindakan dari ahli medis terlatih.
  • Jangan berikan orang tersebut cairan apa pun sebab dapat menyebabkan muntah, tersedak, atau bahkan aspirasi.

Pastikan untuk menjaga diri dan mengingatkan teman agar tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Pasalnya, seseorang memiliki kemungkinan untuk mengalami cedera, melakukan penyerangan sosial dan fisik saat tidak sadarkan diri, atau bahkan tindakan merugikan lainnya.

Dampak Buruk Keracunan Alkohol

Jika seseorang sudah mengalami ketergantungan pada alkohol, ada berbagai macam dampak buruk yang bisa terjadi jika tidak dihentikan. Beberapa masalah yang bisa terjadi, antara lain:

  • Kerusakan ginjal.
  • Kerusakan hati.
  • Kerusakan paru-paru.
  • Kerusakan otak.

Itulah pembahasan mengenai pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada seseorang yang mengidap keracunan alkohol.

Pastikan untuk mencari bantuan medis sesegera mungkin, sebab bisa jadi nyawa orang yang mengalaminya terancam. Ingat, kamu tidak perlu panik dalam menghadapi situasi ini.

Jika merasa masih membutuhkan arahan dari dokter, melalui fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan bantuan dari ahlinya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur video call untuk mendapatkan tindakan yang tepat hingga bantuan tiba. Tunggu apa lagi? Ayo segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
First Aid Training Cooperative. Diakses pada 2023. First aid for alcohol poisoning.
University of Lethbridge. Diakses pada 2023. Alcohol Poisoning and First Aid.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan