Catat, Ini Tanda Operasi Katarak Berhasil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Juni 2023

“Operasi katarak yang berhasil akan meningkatkan penglihatan pengidap menjadi lebih baik dan tajam dengan ketidaknyamanan dan risiko komplikasi yang minimal. Agar prosedur tersebut berhasil, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan pasien.”

Catat, Ini Tanda Operasi Katarak BerhasilCatat, Ini Tanda Operasi Katarak Berhasil

Halodoc, Jakarta – Katarak merupakan penyakit mata yang umum dialami banyak orang, terutama pada orang tua. Nah, cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan melakukan operasi katarak.

Prosedur medis ini bertujuan untuk menghilangkan lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan. Hal ini terbukti efektif meningkatkan penglihatan pada pengidap katarak. Namun, dalam kondisi seperti apa operasi katarak berhasil? Ketahui tanda-tandanya di sini!

Tanda Operasi Katarak Berhasil

Katarak adalah kondisi ketika lensa di dalam mata mengembangkan bercak yang keruh, sehingga menyebabkan gangguan penglihatan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat penuaan. Namun, faktor lain, seperti genetik, diabetes dan obat-obatan tertentu juga berperan terhadap perkembangannya.

Katarak bisa menyebabkan penglihatan kabur, persepsi warna berkurang, sensitif terhadap cahaya dan kesulitan di malam hari. Operasi sering menjadi cara agar kondisi mata sudah mulai mengganggu.

Pada dasarnya, operasi katarak merupakan prosedur yang aman dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Prosedur medis tersebut biasanya hanya memakan waktu sekitar 30-45 menit. Berikut tanda-tanda operasi katarak berhasil:

1. Penglihatan menjadi lebih jernih

Tanda yang paling jelas bila operasi katarak berhasil adalah peningkatan dalam kejernihan penglihatan. Penglihatan yang kabur atau keruh yang dialami pengidap sebelumnya akan jauh berkurang dan pengidap bisa melihat dengan lebih tajam. Objek yang dulunya terlihat kabur atau tidak jelas, sekarang menjadi jelas.

2. Memiliki persepsi warna yang lebih baik

Hasil positif lainnya dari prosedur medis ini adalah peningkatan persepsi warna. Katarak bisa menyebabkan warna tampak pudar atau kekuningan. Namun, setelah operasi, pengidap akan bisa melihat spektrum warna yang lebih jelas dan terang. Hal itu membuat mereka lebih bisa menikmati keindahan lingkungan sekitar.

3. Peningkatan sensitivitas kontras

Katarak juga sering mengurangi sensitivitas kontras. Hal itu membuat pengidapnya sulit untuk membedakan antara objek bercorak atau dengan corak yang serupa.

Namun, setelah operasi katarak berhasil, pengidap mampu membedakan kontras. Mereka bisa membedakan objek dengan lebih baik, terutama dalam situasi di mana warna dan bayangan sangat penting. Misalnya, saat membaca atau mengemudi. 

4. Ketidaknyamanan atau komplikasi minimal

Operasi katarak yang berhasil biasanya juga memberikan ketidaknyamanan yang minimal dan risiko komplikasi yang rendah. Pengidap akan mengalami proses pemulihan yang relatif lancar tanpa rasa sakit yang signifikan atau efek samping. 

Namun, penting juga untuk mengikuti instruksi perawatan pasca operasi dari dokter spesialis bedah agar bisa pulih dengan baik dan terhindar dari komplikasi.

5. Pemulihan cepat dan lancar

Selain itu, tanda keberhasilan operasi katarak lainnya adalah masa pemulihan yang cepat dan lancar. Pengidap akan mengalami peningkatan penglihatan secara bertahap dalam beberapa hari dan minggu setelah prosedur. Penglihatan yang semula buram atau kabur pun akan membaik, dan memungkinkan kamu untuk segera beraktivitas dengan normal kembali.

Bagi kamu yang ingin menjalani operasi katarak, ada baiknya baca dulu Menjalani Operasi Katarak, Ini yang Perlu Diketahui.

Tips Agar Operasi Katarak Berhasil

Nah, agar operasi katarak bisa berjalan dengan lancar, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  • Bila kamu mengidap kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, kelola kondisi tersebut agar berada dalam kadar normal sebelum operasi.
  • Ikuti instruksi sebelum operasi, sesuai dengan anjuran dokter bedah. Kamu mungkin akan perlu puasa selama 12 jam sebelum prosedur. Dokter juga akan meminta kamu untuk sementara menghentikan konsumsi obat yang bisa meningkatkan risiko perdarahan selama operasi.
  • Beritahu dokter bila kamu mengonsumsi obat untuk masalah prostat, karena beberapa obat tersebut bisa memengaruhi operasi katarak.

Itulah tanda-tanda operasi katarak yang berhasil. Bila ada yang ingin kamu tanyakan lebih lanjut seputar prosedur tersebut atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2023. Cataract surgery.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cataract surgery.
Heart of Texas Eye care. Diakses pada 2023. Preparing for Cataract Surgery: Procedure and What to Expect.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan