• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Waktu Olahraga yang Baik untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Waktu Olahraga yang Baik untuk Kesehatan

Catat, Ini Waktu Olahraga yang Baik untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Oktober 2022

“Olahraga merupakan rutinitas yang harus dilakukan oleh setiap kalangan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, penting juga untuk mengetahui waktu olahraga yang baik untuk kesehatan.”

Catat, Ini Waktu Olahraga yang Baik untuk KesehatanCatat, Ini Waktu Olahraga yang Baik untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Olahraga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Setiap orang dari segala kalangan dianjurkan untuk rutin berolahraga yang sesuai. Namun, banyak orang yang masih mempertanyakan kapan waktu atau jam olahraga yang baik.

Sebagian orang menganggap bahwa waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pagi, namun sebagian juga menganggap sore. Bahkan, beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga di malam hari atau pada saat luang saja. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk berolahraga?

Kapan Jam Olahraga yang Baik untuk Kesehatan?

Pada kenyataannya, tidak ada pedoman yang pasti tentang kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Sebab, olahraga yang dilakukan pada pagi, siang, atau malam hari memiliki manfaat tersendiri dan sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bergantung pada waktu luang yang dimiliki, kamu dapat menyesuaikan waktu olahraga sendiri. 

Olahraga di sore hari bisa menjadi alternatif jika kamu tidak terbiasa bangun pagi. Oleh karena itu, waktu latihan yang baik tergantung pada kondisi pribadi kamu. Nah, yang terpenting adalah berolahraga secara teratur agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Manfaat Olahraga pada Setiap Waktunya

Ini manfaat olahraga sesuai waktu melakukannya:

1. Pagi Hari

Bagi orang dengan jadwal padat, olahraga paling baik dapat dilakukan di pagi hari. Banyak orang juga percaya bahwa waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari. Sebab, jika berolahraga di luar rumah di pagi hari, udaranya masih segar.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari berolahraga di pagi hari, antara lain:

  • Meningkatkan energi tubuh.
  • Meningkatkan suasana hati sepanjang hari karena otak melepaskan endorfin di pagi hari.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh untuk meningkatkan jumlah kalori yang dikeluarkan setiap hari.
  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat karena mereka yang berolahraga di pagi hari cenderung memilih makanan yang lebih sehat di sore dan malam hari.
  • Meningkatkan fokus dan produktivitas dengan olahraga pagi. 
  • Membantu dalam penurunan berat badan dan membantu untuk mengelola kebiasaan makan sepanjang hari.

Berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu menurunkan berat badan. Berolahraga dengan perut kosong dapat menurunkan lemak hingga 20 persen dibandingkan dengan berolahraga setelah sarapan. Namun, pastikan kamu sanggup untuk berolahraga tanpa makan terlebih dahulu.

2. Sore Hari

Manfaat dari latihan sore hari juga sangat banyak, antara lain:

  • Tubuh Berada Pada Performa Puncaknya

Menurut sebuah penelitian, tubuh berfungsi paling baik di sore hari. Suhu tubuh meningkat pada waktu tersebut, hingga mencapai puncaknya antara pukul 2-6 pagi. Karena dapat meningkatkan efektivitas, pada jam-jam ini disarankan untuk berolahraga.

  • Meningkatkan Kinerja Fisik

Waktu yang optimal untuk berolahraga agar kinerja fisik tubuh meningkat adalah di sore hari. Khususnya pada wanita, sebab performa tubuh wanita, seperti fungsi dan kekuatan otot bagian atas, aktivitas enzim, dan daya tahan otot, dapat ditingkatkan dengan aktivitas tersebut.

  • Mengembalikan Fokus dan Semangat

Waktu olahraga yang baik di sore hari juga dapat mengembalikan fokus dan semangat, bahkan jika hanya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Pasalnya, berolahraga di antara jam 1-4 sore dapat menggeser jam tubuh dengan cara yang sama seperti berolahraga pagi.

3. Malam Hari

Jika pagi dan sore hari sibuk, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah di malam hari. Namun, olahraga di malam hari dianggap dapat mengganggu waktu tidur. Sebenarnya hal ini tergantung seberapa banyak aktivitas yang dilakukan dan berapa lama jarak tidur dengan olahraga.

Berikut beberapa kelebihan olahraga malam:

  • Energi yang Digunakan Lebih Efektif

Karena oksigen dapat diserap lebih banyak di malam hari daripada di pagi hari, pemanfaatan energi lebih akan efisien. Hormon (ghrelin) yang menstimulasi nafsu makan dapat berkurang dengan berolahraga di malam hari sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Membuat Kualitas Tidur Membaik

Menurut sebuah penelitian, berolahraga di malam hari dapat meningkatkan konsistensi dan kualitas tidur. Namun, hindari melakukan olahraga secara berlebihan karena bisa meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh yang berakibat pada kesulitan tidur. 

Itulah pembahasan mengenai jam olahraga yang baik untuk kesehatan. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke dokter, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Best Time of Day to Exercise.
Web MD. Diakses pada 2022. What’s the Best Time of Day to Exercise?