Ciri-Ciri Cacar Air yang Segera Membutuhkan Penanganan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2024

“Waspadailah ciri-ciri cacar air yang memerlukan penanganan medis. Mulai dari ruam yang menjalar ke bagian mata hingga ruam yang mengalami infeksi.”

Ciri-Ciri Cacar Air yang Segera Membutuhkan PenangananCiri-Ciri Cacar Air yang Segera Membutuhkan Penanganan

DAFTAR ISI

  1. Tanda Cacar Air yang Membutuhkan Penanganan Medis
  2. Penanganan Cacar Air
  3. Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Pengobatan Cacar Air

Halodoc, Jakarta – Cacar air menjadi penyakit menular yang terjadi akibat infeksi virus Varicella zoster. Virus ini dapat menyerang siapa saja, tetapi cukup sering terjadi pada anak-anak. Cacar air dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman pada pengidapnya sehingga memerlukan penanganan yang tepat.

Jika gejala yang dialami cukup ringan, penyakit ini bisa diatasi secara mandiri di rumah. Namun, jika gejalanya berat, tentunya kondisi ini membutuhkan penanganan yang lebih serius. Yuk, simak ulasan mengenai ciri-ciri cacar air yang memerlukan pengobatan secara medis.

Tanda Cacar Air yang Membutuhkan Penanganan Medis

Penularan cacar air bisa terjadi melalui kontak langsung dengan pengidap, menyentuh cairan pada ruam, hingga menghirup udara yang terkontaminasi saat pengidapnya batuk atau bersin.

Virus cacar air memiliki masa inkubasi di dalam tubuh. Biasanya, gejala akan muncul 10-21 hari setelah paparan virus ke dalam tubuh.

Gejala pertama yang akan muncul adalah ruam lepuh yang terasa gatal dan berlangsung selama 5-10 hari.

Ruam juga disertai dengan gejala lainnya, seperti demam, penurunan nafsu makan, sakit kepala, kelelahan, dan kondisi tubuh yang tidak nyaman.

Ruam tidak akan muncul bersamaan pada tubuh, melainkan secara perlahan. Setelah muncul, ruam akan melalui beberapa fase, seperti:

  • Tahap 1. Ruam muncul sebagai benjolan merah atau merah muda di beberapa bagian tubuh yang dapat pecah dalam waktu beberapa hari.
  • Tahap 2. Benjolan berisi cairan dan semakin membesar. Tahap ini benjolan bisa pecah dan mengeluarkan cairannya.
  • Tahap 3. Benjolan yang pecah kemudian mengering. Kondisi ini membuat ruam menjadi kerak, koreng, dan mengalami pemulihan.

Segera lakukan isolasi mandiri ketika kamu mengalami gejala cacar air. Hal ini bisa mencegah penularan dan penyebaran penyakit pada orang lain.

Penanganan cacar air yang ringan biasanya diatasi secara mandiri di rumah. Namun, segera kunjungi rumah sakit terdekat jika kamu mengalami ciri-ciri cacar air yang sudah cukup parah.

Gejala yang perlu kamu waspadai, yaitu:

  • Ruam menjalar ke salah satu atau kedua mata.
  • Mengalami infeksi dengan tanda-tanda seperti bengkak, kemerahan, hingga nyeri.
  • Ruam dengan demam yang sangat tinggi, pusing, detak jantung yang cepat, tremor, batuk kronis, hingga leher kaku.
  • Anak-anak di bawah usia enam bulan, gangguan imun tubuh, dan menjalani kehamilan perlu mendapatkan penanganan medis.

Agar proses penyembuhannya semakin maksimal kamu juga bisa konsumsi obat-obatan untuk atasi cacar air. Yuk temukan rekomendasinya di sini: “Ini Pilihan Obat Cacar Air yang Bisa Dibeli di Apotek”. 

Homelab Halodoc

Penanganan Cacar Air

Tidak ada pengobatan khusus yang bisa mengatasi cacar air. Penyakit ini bisa membaik dengan sendirinya melalui perawatan di rumah. Tapi,  kamu juga bisa ikuti beberapa tips berikut: 

  1. Pastikan kamu memperbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi.
  2. Jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat yang bernutrisi agar sistem imun tubuh kembali optimal. Dengan begitu, infeksi virus dalam tubuh bisa teratasi dengan baik.
  3. Untuk mengatasi rasa gatal akibat ruam, dokter akan memberikan obat krim atau pelembap antigatal yang bisa digunakan langsung pada bagian yang ruam. Namun, bagi kelompok yang berisiko tinggi mengalami komplikasi, dokter akan meresepkan obat antivirus untuk meredakan gejala dan menurunkan risiko komplikasi.
  4. Kamu juga bisa mendapatkan vaksin cacar air sebagai langkah pencegahan. Anak-anak bisa melakukan vaksinasi pertama saat usia 12-15 bulan. Kemudian, vaksinasi kedua dilakukan saat berusia 4-6 tahun.

Sementara itu, anak-anak yang belum pernah mendapatkan vaksinasi ini bisa melakukannya pada usia 7-12 tahun. Jadi, jangan ragu untuk melakukan vaksinasi cacar air. Vaksin ini sangat aman dan efektif untuk mencegah penyakit cacar air.

Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Pengobatan Cacar Air

Apabila Si Kecil mengalami cacar air, ibu tanyakan pada dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran pengobatan terbaik. 

Dokter mungkin akan memberikan resep obat dan vitamin yang mungkin Si Kecil butuhkan.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun.

Mereka juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Eka Wijaya Warmandana

Pilihan dokter lain yang bisa kamu hubungi, yaitu dr. Eka Wijaya Warmandana. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman pada 2016. Saat ini dr. Eka Wijaya Warmandana berpraktik di Banyumas dan Purwokerto, Jawa Tengah. Ia tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Berbekal pengalaman sebagai dokter umum selama 6 tahun, dr. dr. Eka Wijaya Warmandana bisa  memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cacar air.

Chat dr. Eka Wijaya Warmandana dari Rp 20.000,- di Halodoc.

2. dr. Nuriati Harahap

Selanjutnya, ada dr. Nuriati Harahap yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara pada 2010. Dokter Nuriati Harahap kini berpraktik di Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter umum selama 14 tahun, dr. Eka Wijaya Warmandana bisa  memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan cacar air pada anak.

Chat dr. Nuriati Harahap dari Rp 20.000,- di Halodoc.

3. dr. Lim Jen Siong

Kamu bisa menghubungi dr. Lim Jen Siong terkait kondisi cacar air pada anak. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2005. Dokter Lim Jen Siong saat ini berpraktik di Jakarta Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Berpengalaman sebagai dokter umum selama 18 tahun, dr. Lim Jen Siong mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait cara penanganan cacar air yang tepat.

Chat dr. Lim Jen Siong dari Rp 45.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan saran pengobatan cacar air.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga! Temukan juga obat, suplemen, dan produk perawatan kulit lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Chickenpox.
NHS. Diakses pada 2023. Chickenpox.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Chickenpox.
Healthline. Diakses pada 2023. Chickenpox.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan