• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Kerap Tak Disadari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Kerap Tak Disadari

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Kerap Tak Disadari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2022

“Kanker payudara merupakan jenis kanker berbahaya yang sering dialami oleh wanita. Ciri-ciri kanker payudara seringkali diabaikan dan tidak disadari oleh pengidapnya.”

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Kerap Tak DisadariCiri-Ciri Kanker Payudara yang Kerap Tak Disadari

Halodoc, Jakarta – Kanker payudara merupakan jenis kanker yang sangat berbahaya. Kanker payudara adalah kondisi ketika jaringan pada payudara, seperti saluran susu hingga jaringan penunjang lainnya, terserang sel kanker. Kanker payudara dapat terjadi pada pria dan wanita, tetapi jauh lebih sering terjadi pada wanita. Lebih bahayanya lagi, seringkali ciri-ciri kanker payudara sulit dikenali.

Gejala kanker payudara juga sering diabaikan oleh wanita. Meski gejala baru benar-benar terasa saat kanker sudah memasuki stadium lanjut, penting untuk waspada dan menyadari jika ada perubahan pada payudara, karena bisa mengindikasikan kanker.

Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Payudara

Kanker payudara sebenarnya dapat dikenali dari beberapa kondisinya yang khas. Berikut ini ciri-ciri kanker payudara yang perlu diwaspadai dan tidak boleh diabaikan:

  1. Adanya Benjolan Tidak Wajar di Payudara

Salah satu gejala kanker payudara yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan pada jaringan payudara. Jaringan payudara yang dimaksud membentang dari area payudaranya sendiri, hingga ke bagian bawah lengan.

Oleh karena itu, benjolan dapat terbentuk di dada atau ketiak selain di daerah payudara. Kelenjar getah bening yang ada di bawah lengan atau dekat payudara dapat bertindak sebagai saluran penyebaran sel kanker ke organ lain. Benjolan khusus kanker payudara hanya dapat dirasakan setelah ditemukan dan tidak dapat dilihat secara langsung.

 Secara lebih spesifik, berikut ini karakteristik benjolan kanker payudara:

  • Tekstur permukaan benjolan tidak rata, cenderung lunak, tetapi agak keras.
  • Benjolan melekat erat pada payudara, atau tidak dapat digeser-geser.
  • Jumlah benjolan yang muncul biasanya hanya satu.
  • Benjolan biasanya tidak terasa sakit saat ditekan.
  1. Ukuran Payudara Besar Sebelah

Ciri-ciri kanker payudara yang satu ini sebenarnya disebabkan oleh benjolan payudara. Payudara kiri dan kanan wanita memang seringkali berbeda ukurannya. Namun, perbedaan ukuran yang tidak wajar dan sangat jauh bisa disebabkan oleh perkembangan benjolan karena kanker.

Oleh karena itu, perlu diwaspadai bahwa ukuran payudara yang mulai tidak sebanding dan tidak normal bisa menjadi indikasi kanker payudara. Selain itu, sisi payudara yang lebih besar juga akan terlihat melorot atau turun. Hal ini juga disebabkan oleh perkembangan benjolan payudara.

  1. Perubahan pada Tekstur Kulit Payudara

Perubahan tekstur kulit payudara merupakan gejala lain dari kanker payudara yang harus diwaspadai. Gejala ini disebabkan oleh sel-sel kanker yang juga menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat menjadi meradang dan berubah.

Namun, ciri-ciri kanker payudara ini terkadang dianggap sebagai kondisi kulit atau infeksi yang umum. Berikut ini karakteristik atau perubahan pada kulit payudara yang bisa dikenali:

  • Penebalan kulit di sekitar payudara.
  • Kulit di area payudara tampak berlesung atau berkulit seperti kulit jeruk.
  • Terasa gatal pada area kulit payudara yang berubah teksturnya.
  1. Puting Tampak Melesak ke Dalam 

Sel kanker juga dapat menyerang sel di bawah puting. Jika demikian, puting susu yang biasanya menonjol ke luar mungkin akan tampak terkulai atau melesak ke dalam. Kamu harus berhati-hati jika melihat perubahan seperti ini di area puting.

  1. Keluarnya Cairan Berwarna dari Puting

Tanda-tanda kanker payudara pada puting dapat berupa keluarnya cairan berwarna coklat kemerahan. Penyakit ini dapat disebabkan mulanya karena luka seperti eksim pada puting yang tidak kunjung sembuh.

Munculnya benjolan, perubahan kulit, dan keluarnya cairan dari puting memang tidak selalu menandakan kanker payudara. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan jika mengalaminya. Dengan begitu, baik kanker payudara, atau masalah kesehatan lainnya bisa terdeteksi dan ditangani sedini mungkin

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri kanker payudara yang kerap tidak disadari. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi
Cancer. Diakses pada 2022. Breast Cancer Signs and Symptoms.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Breast Cancer.