• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dijual dengan Harga yang Tinggi, Ini Manfaat Sarang Walet
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dijual dengan Harga yang Tinggi, Ini Manfaat Sarang Walet

Dijual dengan Harga yang Tinggi, Ini Manfaat Sarang Walet

3 menit
Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 17 Oktober 2022

“Sarang walet terbuat dari air liur burung walet. Teksturnya kering dan lembut serta kenyal setelah diolah. Di dalamnya mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh.”

Dijual dengan Harga yang Tinggi, Ini Manfaat Sarang WaletDijual dengan Harga yang Tinggi, Ini Manfaat Sarang Walet

Halodoc, Jakarta – Sarang walet terbuat dari air liur burung walet. Sarang ini memiliki tekstur kering. Namun, setelah diolah, teksturnya berubah menjadi lebih lembut dan kenyal.

Manfaat sarang walet berasal dari kandungan fenilalaninnya. Kandungan ini mampu meningkatkan kinerja sistem saraf pusat, sehingga dapat mencegah berbagai masalah otak, termasuk depresi.

Tak hanya mencegah gangguan otak, sarang walet juga memiliki beberapa kandungan baik. Di antaranya energi, mineral, fosfor, antioksidan, karbohidrat, kalsium, lemak dan protein.

Kandungan dan Manfaat Sarang Burung Walet

Adapun kandungan baik yang terkandung dalam 100 gram sarang burung walet mentah, di antaranya:

  • Energi sebanyak 281 kilo kalori.
  • Fosfor sebanyak 18 miligram.
  • Karbohidrat sebanyak 32.1 gram.
  • Kalsium sebanyak 485 miligram.
  • Lemak sebanyak 0.3 gram.
  • Protein sebanyak 37.5 gram.
  • Zat besi sebanyak 3 miligram.

Adapun manfaat dari beberapa kandungan baik tersebut, yakni:

1. Sumber Mineral

Sarang walet mengandung kalsium, mangan, tembaga dan zinc yang termasuk mineral penting dalam tubuh. Manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga daya tahan tubuh.

2. Sumber Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam mencegah dan memerangi efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit kronis, termasuk kanker, diabetes, hipertensi dan sakit jantung.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sarang walet dapat mencegah pengentalan darah yang menyebabkan penyakit jantung. Kandungan di dalamnya memiliki efek yang mirip dengan obat penurun kolesterol, seperti simvastatin.

Sarang walet bekerja dengan cara menghambat kerja enzim yang diperlukan guna membentuk kolesterol. Dengan begitu, jumlah kolesterol yang diproduksi tubuh bisa berkurang dan tetap berada dalam kisaran normal.

4. Mengandung Tinggi Asam Amino

Asam amino terbagi menjadi dua, yaitu asam amino esensial dan asam amino non-esensial. Beberapa jenisnya, yakni asam aspartate, prolin, sistein, fenilalanin, tirosin dan glukosamin.

Mengonsumsi sarang walet dapat memenuhi asupan asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan tersebut mampu meningkatkan massa otot, kekebalan tubuh hingga kesehatan organ jantung.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu mendeteksi dan menghancurkan zat asing yang masuk ke tubuh, seperti bakteri atau virus. Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit.

6. Mencegah Dampak dari Nikotin

Nikotin dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke. Sarang walet bekerja dengan meningkatkan metabolisme tubuh dalam memecah lemak akibat nikotin.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sarang walet untuk kulit berasal dari kandungan epidermal growth factor (EGF). Kandungan ini berperan dalam meningkatkan produksi kolagen. Hasilnya, kulit tampak lebih elastis, kencang dan terhidrasi dengan baik.

8. Mencegah Resistensi Insulin

Resistensi insulin jadi penyebab utama penyakit diabetes. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak mampu memetabolisme gula darah dengan baik. Akibatnya, terjadi penumpukan yang bisa berujung pada kematian. 

Jika ingin mengonsumsinya, pastikan tidak memiliki alergi terhadap sarang walet, ya. Jika ingin mengetahui manfaat lainnya, tanya dokter lewat aplikasi Halodoc. Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
All Things Health. Diakses pada 2022. 6 Interesting Facts You Never Knew about Edible Bird Nest.