• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gejala dan Perawatan Mesothelioma yang Dapat Menyerang Perut

Gejala dan Perawatan Mesothelioma yang Dapat Menyerang Perut

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Mesothelioma ganas adalah jenis kanker yang terjadi pada lapisan tipis jaringan yang menutupi sebagian besar organ dalam. Mesothelioma merupakan bentuk kanker yang agresif dan mematikan. 

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Health Service, disebutkan kalau mesothelioma kerap memengaruhi lapisan paru-paru (pleural mesothelioma), dan juga lapisan perut (mesothelioma peritoneum), jantung atau testis. Selengkapnya mengenai mesothelioma bisa dibaca di bawah ini!

Bagaimana Mesothelioma Menyerang Perut

Tadi sudah disebutkan kalau mesothelioma bisa menyerang perut. Ketika menyerang perut, beberapa gejala yang terjadi adalah sakit perut, pembengkakan perut, mual, dan penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan. 

Mesothelioma hampir selalu disebabkan oleh paparan asbes, yaitu sekelompok mineral yang terbuat dari serat mikroskopis yang dulunya banyak digunakan dalam konstruksi. Serat-serat kecil ini dapat dengan mudah masuk ke paru-paru, tersangkut, merusak paru-paru seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga: 9 Gejala Kanker Lambung yang Perlu Diwaspadai

Jika dokter mencurigai kalau kamu mengidap mesothelioma, maka pengidapnya perlu dilakukan pemeriksaan dan tes sebagai berikut: 

  1. Rontgen dada atau perut.

  2. CT scan, sejumlah gambar X-ray diambil untuk membuat gambar detail dari bagian dalam tubuh.

  3. Drainase cairan, jika ada penumpukan cairan di sekitar paru-paru atau di perut, sampel dapat diangkat menggunakan jarum yang dimasukkan melalui kulit, sehingga cairan dapat dianalisis

  4. Torakoskopi atau laparoskopi, di mana bagian dalam dada atau perut diperiksa dengan kamera panjang dan tipis yang dimasukkan melalui sayatan kecil (sayatan) di bawah pengaruh sedasi atau anestesi, sampel jaringan (biopsi) dapat diangkat sehingga dapat dianalisis

Tes-tes ini dapat membantu mendiagnosis mesothelioma dan menunjukkan sejauh mana penyebarannya. Informasi selengkapnya mengenai mesothelioma bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Perawatan untuk Mesothelioma

Perawatan terbaik untuk mesothelioma tergantung pada beberapa faktor, termasuk seberapa jauh kanker telah menyebar dan kesehatan pengidapnya secara menyeluruh. Oleh karena mesothelioma sering didiagnosis setelah stadium sudah lanjut, pengobatan biasanya difokuskan pada mengendalikan gejala dan memperpanjang hidup selama mungkin. Perawatan ini termasuk:

Baca juga: Kebiasaan Merokok Bisa Sebabkan Kanker Lambung

  1. Kemoterapi 

Ini adalah pengobatan utama untuk mesothelioma dan melibatkan penggunaan obat untuk membantu mengecilkan kanker.

  1. Radioterapi 

Melibatkan penggunaan radiasi energi tinggi untuk membunuh sel-sel kanker; dapat digunakan untuk memperlambat kanker dan mengendalikannya.

  1. Operasi 

Operasi dilakukan untuk mengangkat area kanker dapat dilakukan jika mesothelioma terdeteksi pada tahap yang sangat awal, meskipun tidak jelas apakah operasi membantu atau tidak.

Pengidapnya mungkin juga akan menjalani perawatan untuk gejala individual demi membantu kemajuan kesehatan yang lebih signifikan. Misalnya, mengalirkan cairan secara teratur dari dada, sehingga dapat membantu jalannya pernapasan serta pemberian obat penghilang rasa sakit yang kuat demi membantu meringankan rasa sakit tersebut.

Kadang-kadang prosedur dilakukan untuk menghentikan cairan kembali lagi dengan membuat bagian luar paru-paru menempel ke bagian dalam dada (pleurodesis), atau tabung yang diletakkan di dada untuk mengalirkan cairan secara teratur di rumah.

Adakah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko mesothelioma? Tentu saja ada, berikut ini faktor-faktor tersebut: 

  1. Riwayat pribadi paparan asbes

Jika kamu telah terpapar langsung dengan serat asbes di tempat kerja atau di rumah, risiko mesothelioma dapat sangat meningkat.

  1. Tinggal bersama seseorang yang bekerja dengan asbes

Orang yang terpapar asbes dapat membawa serat ke rumah pada kulit dan pakaian mereka. Paparan serat-serat ini selama bertahun-tahun dapat menempatkan orang lain di rumah dengan risiko mesothelioma. Orang yang bekerja dengan asbes tingkat tinggi dapat mengurangi risiko membawa pulang serat asbes dengan mandi dan berganti pakaian sebelum meninggalkan pekerjaan.

  1. Riwayat keluarga mesothelioma

Jika orangtua, saudara kandung atau anak mengidap mesothelioma, kamu mungkin memiliki peningkatan risiko penyakit ini.

  1. Terapi radiasi ke dada

Jika kamu menjalani terapi radiasi untuk kanker di dada kemungkinan besar kamu memiliki risiko mengidap mesothelioma.

Referensi:

National Health Service. Diakses pada 2020. Mesothelioma.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Mesothelioma.