• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Yoga untuk Atasi Rasa Cemas Selama Corona

5 Gerakan Yoga untuk Atasi Rasa Cemas Selama Corona

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Merasa cemas akibat pemberitaan di media terkait pandemi COVID-19? Faktanya, kamu tidak sendirian. Pada akhir Maret, bahkan sebelum COVID-19 mencapai kasus yang sebanyak sekarang, Washington Post-ABC News menemukan fakta bahwa ada 77 persen wanita dan 61 persen pria di Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka merasakan kecemasan yang cukup mengganggu.

Selain itu, 69 persen warga AS khawatir tentang diri mereka atau anggota keluarga mereka terinfeksi. Mayoritas orang juga berpikir dampak ekonomi akan memburuk akibat pandemi ini.  Ya, ini adalah waktu yang berat dan tidak pernah terpikir sebelumnya. Namun bukan berarti kamu harus larut dalam rasa cemas. Cara untuk mengurangi kecemasan tersebut, yoga menjadi salah satu cara efektif. Untungnya, olahraga ini bisa dilakukan di rumah. 

Baca juga: Pentingnya Mengelola Stres di Tengah Maraknya Virus Corona

Melalui pedoman baru untuk menangani kecemasan terkait dengan pandemi, Harvard Medical School mengatakan bahwa yoga, meditasi, dan latihan pernapasan adalah trik efektif yang bisa dilakukan. Yoga secara khususnya adalah obat penghilang kecemasan alami. Jika kamu melakukan latihan ini dengan teratur, maka kamu dapat mengurangi dampak dari rasa cemas berlebihan.

Berikut ini adalah gerakan yoga yang bisa dicoba untuk meringankan rasa cemasmu, yaitu:

Gerakan Savasana

Gerakan ini terbilang sederhana, namun savasana memberikan tubuh kesempatan untuk beristirahat sambil melepaskan ketegangan dan menenangkan pikiran. Gerakan ini mengharuskan kamu untuk berbaring dan mengatur napas, kemudian mengendurkan semua otot saat melakukannya.

Untuk melakukannya, berbaringlah telentang di atas alas yoga dengan kaki setidaknya selebar pinggul. Lengan berada pada jarak yang nyaman dari tubuh (sudut 45 derajat) dengan telapak tangan menghadap ke atas. Bagi mereka yang merasa sangat kewalahan atau stres, letakkan kedua telapak tangan di atas perut saat bergerak. Cara ini membantu kamu lebih tenang selagi mengatur napas dan merasa terkoneksi dengan pikiran.

Gerakan Kaki di Atas Tembok

Gerakan sederhana ini adalah cara yang bagus untuk membuat tubuh lebih santai di penghujung hari. Biasanya kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di atas kaki atau duduk tegak. Gerakan ini dilakukan dengan cara berbaring telentang dengan kaki di atas dinding. Alhasil, darah akan mengalir menjauh dari kaki.

Gerakan ini bisa menenangkan dengan tambahan bantal mata atau kaus yang digulung yang diletakkan di atas mata. Kamu juga dapat menempatkan selimut yang dilipat atau guling di bawah punggung bawah sebagai penopang.

Baca juga: Stres Akibat Corona Bisa Diredam dengan Berbagi

Gerakan Anak-Anak

Gerakan ini adalah pose istirahat yang lembut. Gerakan ini akan membuat posisi yang menenangkan aliran napas dan ke bumi. Cara melakukannya sederhana. Lakukan gerakan seperti sedang bersujud, namun kedua tangan lurus ke depan sehingga badan terasa diregangkan. Bila perlu, letakkan selimut di bawah lutut atau bagian atas kaki. Atur napas baik-baik sehingga tubuhmu merasa lebih tenang.

Meditasi Duduk

Duduklah bersila dan lakukan meditasi. Ini adalah cara sederhana untuk menemukan keheningan dan ketenangan di tengah ketidakpastian dan kekacauan. Cobalah beberapa latihan pernapasan sederhana atau pranayama (kontrol napas) seperti tarik napas untuk empat hitungan, tahan selama empat hitungan, dan buang napas melalui mulut selama delapan hitungan. 

Gerakan Jembatan

Ketika kamu merasa takut, tegang, atau cemas, kamu memiliki kecenderungan untuk secara fisik menutup dan melindungi pusat jantung dengan cara mengerutkan tubuh. Maka, kamu sulit untuk mengambil napas dalam-dalam. Gerakan yang membuka dada seperti gerakan jembatan ini akan melakukan sebaliknya. Gerakan ini membuka pusat jantung, dan secara fisik menciptakan ruang bagi paru-paru untuk mengembang, sehingga membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

Berbaringlah telentang dengan kaki ditekuk dan diangkat. Pastikan kaki dibuka selebar pinggul. Tarik napas untuk mengangkat pinggul, topang berat tubuh dengan kaki dan tangan. Cobalah gerakan ini dengan beberapa penopang (balok, setumpuk selimut, atau bantal kokoh). Untuk variasi pemulihan, bawa tangan ke atas perut untuk merasa lebih tenang.

Baca juga: Stres di Tengah Pandemi Virus Corona? Ini 3 Tips Mengatasinya

Namun, jika kamu merasa kecemasan kamu terhadap virus corona sudah mengganggu kesehatan mental, sebaiknya segera bicarakan dengan psikolog. Kamu bisa menghubunginya melalui aplikasi Halodoc. Jangan biarkan kecemasan ini mengganggu produktivitas kamu, jadi ayo segera gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan psikolog!

Referensi:
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Coping With The Coronavirus Pandemic For People With Anxiety Disorders.
Huffington Post UK. Diakses pada 2020. Simple Yoga Poses To Help Calm Your Anxiety During The Pandemic.
Washington Post. Diakses pada 2020. Pandemic Anxiety Is Making Us Sleepless, Forgetful And Angry. Here Are Tips For Coping.