• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Haid saat Mudik, Lebih Baik Perhatikan Hal Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Haid saat Mudik, Lebih Baik Perhatikan Hal Ini

Haid saat Mudik, Lebih Baik Perhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 06 Juni 2018
Haid saat Mudik, Lebih Baik Perhatikan Hal IniHaid saat Mudik, Lebih Baik Perhatikan Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Sebagai “tamu bulanan”, haid alias menstruasi adalah hal yang wajar dialami setiap wanita. Namun apa yang harus dilakukan jika darah haid tiba-tiba keluar menjelang waktu mudik lebaran?

Mudik alias pulang ke kampung halaman adalah satu budaya yang selalu mewarnai perayaan hari raya lebaran di Indonesia. Entah ke tempat yang jauh atau dekat, menggunakan kendaraan pribadi atau umum, mudik lebaran nyatanya memiliki cerita dan keistimewaannya sendiri.

Nah, jangan sampai cerita perjalanan mudik kamu terganggu karena haid. Supaya perjalanan mudik tetap nyaman dan menyenangkan saat haid, jangan lupa untuk perhatika hal-hal berikut ini!

(Baca juga: Lebih Lengkap tentang Mitos & Fakta Menstruasi)

 

  • Selalu bawa pembalut

 

Sediaan pembalut adalah salah satu hal yang sangat penting jika ingin bepergian saat sedang haid. Karena perjalanan mudik biasanya harus ditempuh dalam beberapa jam, bahkan hari. Tentu kamu akan memerlukan lebih banyak pembalut pengganti agar perjalanan tetap nyaman.

Usahakan untuk menyimpan pembalut di tempat yang mudah untuk diambil. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyelipkan pembalut di setiap tas, atau di tempat yang memungkinkan. Sebab bisa saja perjalanan mudik akan berubah menjadi panjang karena beberapa kendala, salah satunya adalah kemacetan lalu lintas yang sering terjadi saat musim mudik.

 

  • Jangan lupa ganti pembalut

 

Agar selalu nyaman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan, pastikan untuk mengganti pembalut sesering mungkin. Idealnya, wanita perlu mengganti pembalut sekitar 3-4 kali dalam satu hari. Jadi, jangan lupa untuk mengganti dan membersihkan bagian kewanitaan setiap ada kesempatan.

 

  • Sediakan tisu

 

Selain pembalut, kamu juga sebaiknya selalu menyediakan tisu kering dan tisu basah dalam setiap perjalanan. Hal itu untuk mengantisipasi saat menemukan toilet umum yang tidak menyediakan tisu. Membawa tisu sendiri pun akan membuat kamu lebih nyaman dan sudah dipastikan kebersihannya.

(Baca juga: Hindari Lakukan Ini agar Tak Mabuk Perjalanan)

 

  • Makanan sehat

 

Saat datang bulan, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan bergizi seimbang juga dapat membantu melancarkan haid.

Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan zat besi. Makanan yang mengandung kalsium dan juga zat besi akan mencegah dan mengurangi kram yang terjadi pada dirimu selama masa menstruasi. Selain itu, meski sedang dalam perjalanan kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Yaitu minum setidaknya delapan gelas air atau sekitar dua liter dalam satu hari.

 

  • Cukup istirahat

 

Tak dapat dimungkiri, saat sedang datang bulan tubuh juga akan mengalami perubahan. Misalnya, menjadi lebih mudah lelah, mudah marah, bahkan terlalu sakit untuk bergerak. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk memastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup selama perjalanan.

(Baca juga: Wanita, Wajib Tahu Cara Menghilangkan Nyeri Menstruasi)

Selain itu, jangan lupa untuk membawa sediaan obat, vitamin, atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan. Pastikan semua perlengkapan obat-obatan kamu sudah lengkap sebelum melakukan perjalanan mudik. Biar lebih praktis, beli obatnya di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah membeli vitamin dan produk kesehatan lain dengan layanan antar. Pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sebelum mudik di App Store dan Google Play!