Wanita, Wajib Tahu Cara Menghilangkan Nyeri Menstruasi

Wanita, Wajib Tahu Cara Menghilangkan Nyeri Menstruasi
IBU & ANAK 14 January 2018

Halodoc, Jakarta – Salah satu tanda datangnya menstruasi adalah adanya nyeri perut yang dialami oleh sebagian wanita. Nyeri menstruasi adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau ketika mengalami menstruasi yang bisa dirasakan sehari atau dua hari. Nyeri menstruasi yang dirasakan terkadang bisa berupa sakit ringan atau cukup parah bahkan menyebar hingga ke punggung hingga paha dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya kondisi nyeri menstruasi ini sangat umum terjadi dan biasanya akan membaik seiring bertambahnya usia dan setelah wanita memiliki anak.

Pada dasarnya nyeri menstruasi yang dirasakan wanita disebabkan oleh dinding otot rahim yang mengalami kontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Hal ini mengakibatkan pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat dan menyebabkan rasa nyeri di bagian bawah perut. Tentunya agar tidak mengganggu aktivitas yang dilakukan, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan nyeri menstruasi yang tepat. Di bawah ini cara mudah yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri menstruasi, namun bukan untuk menyembuhkan sepenuhnya:

  1. Berolahraga secara teratur bisa membantu mengurangi nyeri menstruasi yang terjadi. Olahraga yang bisa dilakukan adalah berenang, berjalan, atau bersepeda.
  2. Botol yang diisi air hangat dan dikompreskan ke daerah perut yang mengalami nyeri bisa membantu mengurangi rasa sakit.
  3. Melakukan relaksasi seperti pijatan kecil di sekitar perut bisa membantu meredakan rasa nyeri yang muncul.
  4. Tidak merokok dan mengonsumsi minuman keras. Karena dua kegiatan ini bisa meningkatkan risiko kamu mengalami nyeri menstruasi.

Bila cara di atas tidak bisa mengurangi nyeri menstruasi yang kamu alami, maka sebaiknya kamu mengonsumsi oba-obatan yang bisa membantu menghilangkan nyeri menstruasi. Berikut ini obat-obatan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan nyeri saat menstruasi.

Obat Anti Inflamasi Non-steroid (OAINS)
Kebanyakan dokter akan meresepkan Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS) untuk menghilangkan nyeri menstruasi. Obat anti inflamasi non-steroid yang bisa dibeli di apotek yakni asam mefenamat. Untuk mengonsumsi obat ini, sebaiknya kamu menanyakan pada dokter tentang dosis dan aturan pakainya akar tidak salah saat meminumnya sehingga obat bisa bekerja dengan baik.

Paracetamol 
Mungkin ada sebagian dari kamu yang tidak merasakan efek dari OAINS. Bila demikian, kamu bisa mengonsumsi paracetamol yang merupakan jenis obat yang bisa kamu peroleh di apotek dan biasanya efek samping yang ditimbulkan tidak terlalu parah.


Bila setelah mengonsumsi salah satu obat yang disebutkan di atas tidak juga menghilangkan nyeri menstruasi yang kamu alami, sebaiknya kamu perlu menemui dokter spesialis untuk mengetahui penyebab munculnya nyeri menstruasi. Perlu diketahui jika pengobatan untuk menghilangkan nyeri menstruasi dapat ditangani berdasarkan penyebab munculnya nyeri menstruasi yang dialami.  Kamu memang bisa menghilangkan nyeri dengan mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri, namun kamu tidak mengetahui penyebabnya bila tidak memeriksakan kondisi tubuh kepada dokter.

Untuk menanyakan masalah nyeri menstruasi dan mengetahui cara menghilangkan nyeri kamu bisa menanyakan kondisi tersebut pada dokter yang ada di Halodoc. Aplikasi kesehatan ini bisa menjadi jembatan bagi kamu untuk menanyakan dan berdiskusi dengan ribuan dokter ahli terpercaya yang akan memberikan saran dan pengobatan untuk masalah kesehatan yang kamu alami melalui menu Contact Doctor. Selain itu, kamu bisa membeli keperluan obat maupun vitamin melalui menu Pharmacy Delivery. Dan beli obat atau vitamin melalui menu Pharmacy Delivery. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang juga.

BACA JUGA: 7 Arti Warna Darah Menstruasi yang Perlu Diketahui

 


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

14 August 2018

Agar konsumsi jeroan tak menimbulkan masalah kesehatan, sebaiknya kamu perlu memperhatikan porsi mengonsumsiny...

Selengkapnya

SEKS

14 August 2018

Penyakit sifilis atau raja singa, sebenarnya sudah menjadi problem kesehatan global sejak berabad-abad lamanya...

Selengkapnya

KEHAMILAN

14 August 2018

USG (ultrasonography) adalah pemeriksaan yang wajib dilakukan saat hamil. Tapi, kenapa ya? Cari tahu manfaat p...

Selengkapnya