Harus Puasa sebelum Medical Check Up? Ini Alasannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Mei 2022

“Sebelumnya medical check up kamu diwajibkan untuk melakukan puasa. Tujuannya agar hasil dari pemeriksaan yang kamu jalani lebih akurat.

Harus Puasa sebelum Medical Check Up? Ini AlasannyaHarus Puasa sebelum Medical Check Up? Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Kesehatan harus dijaga oleh setiap orang tanpa mengenal usia.

Baik mereka yang berusia tua maupun muda perlu mencegah segala penyakit yang dapat mengganggu. Menjaga pola makan hingga menjalani gaya hidup yang sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Pentingnya Melakukan Medical Check Up

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melakukan medical check up. Pemeriksaan menyeluruh ini diwajibkan bagi kamu yang telah memasuki usia 40 tahun.

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang kesehatan. Dengan melakukan medical check up, segala penyakit dan gangguan pada kesehatan akan lebih mudah terdeteksi sejak dini.

Meskipun tidak diwajibkan, medical check up telah menjadi kebiasaan baru yang banyak mendatangkan dampak positif bagi kesehatan. Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan rutin dapat menjaga kondisi tubuh yang tetap sehat seiring dengan pertambahan usia.

Puasa sebelum Melakukan Medical Check Up

Sebelum melakukan medical check up, banyak persiapan yang perlu kamu lakukan. Selain memberikan informasi mengenai kesehatan, gaya hidup, dan obat-obatan yang dikonsumsi, umumnya, sebelumnya medical check up kamu diwajibkan untuk melakukan puasa.

Jika kamu diminta berpuasa sebelum melakukan medical check up, artinya kamu tidak diperbolehkan untuk makan, minum, dan merokok. Puasa diperlukan agar hasil dari pemeriksaan yang kamu jalani lebih akurat.

Jika kamu masih mengonsumsi beberapa makanan dan minuman ketika melakukan medical check up, dikhawatirkan makanan ataupun minuman yang dikonsumsi memengaruhi hasil pemeriksaan.

Lama puasa yang kamu jalani juga tergantung pada jenis pemeriksaan yang dilakukan. Umumnya, kamu harus berpuasa 10–12 jam sebelum melakukan pemeriksaan. Jika kamu hanya ingin memeriksa kadar glukosa dalam darah, dokter menganjurkan berpuasa selama 8 jam.

Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter di Halodoc✔️ terlebih dahulu terkait rentang waktu puasa yang perlu dijalani sebelum kamu melakukan medical check-up.

Pemeriksaan yang Mengharuskan Puasa

Tidak hanya pemeriksaan medical check up yang mengharuskan kamu berpuasa. Ketahui beberapa tes lainnya yang juga mewajibkan kamu untuk melakukan puasa, yaitu:

1. Gastroskopi

Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi lambung. Biasanya, 6–8 jam sebelum pemeriksaan kamu dilarang untuk mengonsumsi apa pun. Hal ini dilakukan agar dokter dengan lebih mudah melihat kondisi isi lambung serta pendeteksian penyakit pada lambung.

2. Kolonoskopi

Pemeriksaan usus mewajibkan kamu hanya mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan air putih selama 2–3 hari sebelum pemeriksaan. Beberapa jam sebelum pemeriksaan, kamu diwajibkan berpuasa dan mengonsumsi obat pencahar.

3. Anestesi

Jika kamu akan melakukan pemeriksaan dengan pembiusan total atau umum, kamu memerlukan berpuasa beberapa jam sebelum pemeriksaan dilakukan.

4. Tes Darah

Untuk melakukan tes darah, biasanya kamu akan diminta untuk melakukan puasa selama 8–16 jam. Setelah itu, baru tes darah dapat dilakukan.

Setelah pemeriksaan selesai, jangan lupa untuk segera mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat agar energi dapat dikembalikan dengan cepat. Kamu bisa mengonsumsi pisang dan juga ubi. Kandungan karbohidrat kompleks dalam kedua makanan tersebut mengembalikan energi dengan cepat dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Itulah prosedur yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan medical check up.  Jika kamu ingin melakukan cek kesehatan tanpa perlu keluar rumah, sekarang bisa menggunakan layanan Halodoc Home Care, lho!

Halodoc Home Care adalah layanan homecare untuk tes lab, seperti cek demam, cek darah (hematology), cek kolesterol, cek diabetes, medical check up, hingga imunisasi yang bisa dipanggil ke rumah atau ke tempat kamu berada, di mana saja!

Saat ini, layanan Halodoc Home Care bisa di-booking untuk area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi sesuai ketersediaan. Setiap pemesanan di Halodoc Home Care akan mendapatkan gratis konsultasi hasil dengan dokter dan tanpa biaya tambahan lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, tes sekarang juga! 

Referensi:
Health Direct. Diakses pada 2022. Fasting for Medical Tests.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need To Know About Fasting Before a Blood Test.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan