Harus Tahu, Ini Manfaat Hormon Testosteron dan Cara Meningkatkannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Februari 2023

“Hormon testosteron memiliki peran penting pada tubuh pria. Maka dari itu, perlu ketahui berbagai manfaat dan cara meningkatkan kadarnya untuk menunjang kesehatan.”

Harus Tahu, Ini Manfaat Hormon Testosteron dan Cara MeningkatkannyaHarus Tahu, Ini Manfaat Hormon Testosteron dan Cara Meningkatkannya

Halodoc, Jakarta – Testosteron adalah hormon yang berhubungan erat dengan pria. Bahkan, peranan hormon ini bagi pertumbuhan tubuh pada pria dan karakteristik terkait maskulinitas. Namun, apa sih manfaat hormon ini secara lengkap? Serta, bagaimana cara meningkatkannya? Berikut jawabannya!

Berbagai Manfaat Hormon Testosteron bagi Tubuh

Hormon ini diproduksi di testis pada pria, sementara pada wanita di ovarium. Produksi testosteron dapat meningkat hingga 30 kali pada pria ketika memasuki masa remaja dan usia dewasa awal. Setelah melewati usia 30 tahun, perlahan produksinya mulai menurun.

Berikut manfaat dari hormon testosteron:

  • Tingkat massa otot dan tulang.
  • Pertumbuhan rambut wajah dan kemaluan.
  • Suara yang berkembang menjadi parau.
  • Berhubungan dengan dorongan seks.
  • Memengaruhi suasana hati dan kualitas hidup.
  • Berhubungan dengan memori verbal dan kemampuan berpikir.

Saat seseorang meningkatkan kadar hormon di dalam tubuhnya, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Testosteron dapat membantu produksi sel darah merah yang melalui sumsum tulang. Dengan lebih banyaknya darah merah yang beredar, tingkat kesehatan tubuh meningkat secara keseluruhan.

Jika kadar testosteron rendah, risiko mengalami masalah kardiovaskular bisa lebih tinggi.

2. Meningkatkan massa otot

Hormon testosteron bertanggung jawab dalam peningkatan massa otot sekaligus mengurangi lemak pada tubuh. Dengan begitu, berat badan bisa dikontrol dengan baik dan energi tubuh mengalami peningkatan.

Maka dari itu, beberapa orang yang ingin memiliki otot yang lebih besar mengonsumsi suplemen peningkat hormon ini.

3. Libido lebih baik

Tingkat testosteron secara alami dapat meningkatkan gairan dan aktivitas seksual. Pada pria dengan testosteron yang rendah, lebih sulit untuk mendapatkan libido dan bahkan ereksi. 

Namun, disfungsi ereksi jarang disebabkan oleh kadar testosteron yang rendah.

Cara Meningkatkan Hormon Testosteron di Tubuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar testosteron pada tubuh terjaga kadarnya, yaitu:

1. Perbanyak konsumsi protein

Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kandungan protein, seperti daging sapi tanpa lemak, ayam, ikan, serta telur. Selain itu, tahu dan tempe juga bisa menjadi pilihan yang bisa dikonsumsi setiap hari. 

Saat konsumsi makanan ini tidak tercukupi, tubuh memproduksi lebih banyak zat yang mengikat testosteron, sehingga kadar hormon tersebut menurun.

2. Perbanyak konsumsi ikan

Ada beberapa ikan yang mengandung lemak dan kaya vitamin D, seperti salmon, tuna, dan mackerel. Makanan ini dapat menjadi penguat testosteron alami karena memiliki peran penting dalam peningkatan produksi hormon tersebut.

3. Kurangi tingkat stres

Kamu perlu tahu apabila stres dalam jangka panjang dapat meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Peningkatan ini dapat mengurangi testosteron karena berkebalikan dari kortisol.

Maka dari itu, meminimalisir tingkat stres sangat baik menjaga kadar testosteron tetap tinggi.

4. Penuhi kebutuhan vitamin D

Vitamin D sendiri adalah mikronutrien yang memiliki peran penting pada kesehatan tubuh. Jika vitamin ini terpenuhi, maka ini dapat meningkatkan kadar testosteron dan memperbaiki masalah disfungsi ereksi.

Kamu pun bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan berjemur pada sinar matahari atau mengonsumsi suplemen.

Memang testosteron merupakan hormon yang penting pada pria. Maka dari itu, memastikan kadarnya tetap tinggi di dalam tubuh sangat penting adanya. Hal ini juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan terlihat bugar. 

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan ahlinya. Selain itu, kamu juga mendapatkan layanan Halodoc Home Lab untuk tes pemeriksaan kesehatan.

Dengan menggunakan aplikasi Halodoc, kemudahan dalam akses kesehatan bisa kamu dapatkan melalui smartphone di tangan.

Jangan ragu lagi, ayo download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How Testosterone Benefits Your Body.
Web MD. Diakses pada 2023. Natural Ways to Boost Testosterone.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan