Hasil Test Pack Samar, Apa yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Mei 2021
Hasil Test Pack Samar, Apa yang Harus Dilakukan?Hasil Test Pack Samar, Apa yang Harus Dilakukan?

Halodoc, Jakarta - Pada dasarnya, terdapat beragam cara mendeteksi kehamilan, salah satu cara yang paling akurat adalah menggunakan ultrasonografi (USG). USG tidak hanya digunakan untuk memastikan kehamilan saja, pemeriksaan ini bisa membantu mengetahui pertumbuhan janin sesuai dengan usia kandungannya. 

Namun, umumnya sebelum melakukan pemeriksaan USG, biasanya kaum hawa menggunakan test pack untuk mengetahui kehamilannya. Alat ini dapat mendeteksi human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam tubuh wanita. Hormon hCG secara otomatis diproduksi tubuh setelah sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim.

Nah, bila test pack menunjukkan hasil positif, barulah para wanita pergi ke dokter kandungan untuk melakukan tes kehamilan (tes darah atau USG) agar lebih akurat. Pertanyaannya, bagaimana bila test pack menunjukkan hasil yang samar? 

Baca juga: Ketahui 3 Penyebab Tes Kehamilan Tidak Akurat

Hasil Samar, Ibu Harus Apa?

Sudah tahu bagaimana test pack menunjukkan tanda kehamilan? Umumnya alat ini akan menunjukkan satu garis bila hormon hCG tidak terdeteksi di dalam urine. Hal sebaliknya berlaku, alat ini akan menunjukkan dua garis bila terdapat hormon hCG di dalam urine. 

Pada beberapa kasus, garis kedua yang muncul pada test pack terlihat samar atau tidak sejelas garis pertama. Lantas, apa yang perlu ibu lakukan? Apakah tanda samar dalam test pack tersebut menunjukkan positif hamil? 

Tidak perlu bingung atau khawatir. Bila tidak yakin dengan hasil yang muncul, ibu bisa mengulang penggunaan test pack dalam waktu dua atau tiga hari berikutnya.

Hal yang perlu diingat, ikutilah petunjuk cara pemakaian test pack pada kemasannya. Tujuannya jelas, agar hasilnya jelas dan akurat. Bila ibu memang hamil, hormon hCG akan meningkat dalam tubuh, sehingga memunculkan garis yang lebih jelas. Namun, bagaimana bila garis kedua masih samar?

Nah, andaikan kondisi di atas kembali terjadi, ibu bisa kok memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan darah atau USG. Ibu bisa kok bertanya langsung mengenai pemeriksaan USG atau tanda-tanda kehamilan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Baca juga: Fakta Soal Test Pack Kedaluwarsa

Kemungkinan Besar Positif Hamil

Tanda samar pada test pack bukan sebuah kondisi yang langka. Tidak sedikit para wanita yang mengalami hal serupa. Kok bisa? Alasannya bisa disebabkan oleh rendahnya kadar hormon hCG di dalam tubuh. Nah, rendahnya hCG ini yang menimbulkan garis positif yang tampak samar atau memudar. 

Nah, dengan kata lain, bila ibu melakukan tes kehamilan menggunakan test pack dan hasilnya menunjukkan garis positif (muncul kedua garis), kemungkinan besar ibu memang tengah hamil

Namun, ada pula beberapa penyebab lainnya yang bisa menimbulkan garis samar pada test pack. Misalnya, bergantung pada seberapa banyak cairan yang kamu minum, dan seberapa sering dirimu berkemih.

Semakin banyak kamu minum, maka semakin encer hCG dalam urine. Hal yang sama dapat terjadi jika kamu sering buang air kecil, tubuh pun terus-menerus mengeluarkan hCG dari tubuh. Nah, hal ini yang diduga menjadi penyebab timbulnya garis samar pada test pack.

Baca juga: Ketahui Cara Gunakan Test Pack dengan Benar, Supaya Hasil Semakin Akurat

Nah, bagi kamu yang ingin membeli suplemen atau test pack, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Faint Positive Home Pregnancy Test: Am I Pregnant?
The Bump. Diakses pada 2021. Faint Line on Pregnancy Test?
Verywell Family. Diakses pada 2021. Interpreting Faint Lines on a Pregnancy Test.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan