• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil Bau Mulut, Atasi dengan 5 Cara Ini

Ibu Hamil Bau Mulut, Atasi dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar orang jarang menyadari ketika mulutnya berbau tidak sedap. Padahal, bau yang tidak sedap ini bisa membuat lawan bicara merasa tidak nyaman. Bau mulut, di dalam dunia medis disebut halitosis muncul ketika bakteri bersentuhan dengan partikel makanan yang ada di mulut. Setelah bersentuhan, kondisi ini menghasilkan belerang atau sulfur yang menyebabkan bau mulut. 

Ternyata, kadar hormon yang berfluktuasi selama kehamilan bisa menimbulkan bau mulut pada ibu hamil. Perubahan ini meningkatkan produksi plak di gigi yang mengandung bakteri dan menghasilkan belerang ketika bersentuhan dengan makanan. Ibu tidak perlu khawatir, bau mulut selama kehamilan tidak berbahaya. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: 10 Tips Mengusir Rasa Gerah Saat Hamil

Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Kehamilan

Melansir dari WebMD, berikut cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi bau mulut, yaitu:

  1. Sering Menyikat Gigi

Plak yang menumpuk dapat mengumpulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang terperangkap terselip di sela-sela gigi dapat memperburuk bau mulut. Oleh karena itu, ibu perlu menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang untuk memastikan tidak ada makanan yang terselip. 

  1. Sering Berkumur

Selain menyegarkan napas, obat kumur dapat memberikan perlindungan ekstra dengan mematikan sejumlah bakteri. Apalagi, obat kumur kini tersedia dengan berbagai varian yang mampu menyegarkan mulut. Saat membeli obat kumur, pastikan ibu memilih obat kumur yang membunuh kuman penyebab bau mulut. Ibu bisa mengurangi napas yang bau dengan berkumur menggunakan air putih setelah makan. Tindakan ini bisa menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi.

Baca Juga: Cukupi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dengan 5 Makanan Ini

  1. Gosok Lidah

Lapisan yang terbentuk di lidah bisa menjadi inang untuk bakteri penyebab bau mulut. Nah, untuk menghilangkannya, ibu bisa menggosok lidah menggunakan sikat gigi dengan lembut. Kalau sikat gigi yang ibu miliki terlalu besar untuk mencapai bagian belakang lidah, ibu bisa menggunakan sikat lidah yang dirancang khusus untuk memberikan tekanan merata di permukaan area lidah. Sikat khusus lidah ini dapat menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati yang hinggap di lidah. 

  1. Hindari Makanan Pemicu Bau Mulut

Makanan yang berbumbu bawang-bawangan akan membuat mulut menjadi lebih bau. Bahkan, menyikat gigi setelah memakannya pun tidak membantu. Jadi, hindari makanan yang berbau menyengat karena akan sulit dihilangkan. Selain bawang, pete, jengkol, durian adalah jenis makanan yang berbau menyengat dan bisa menimbulkan bau mulut. 

  1. Sering Minum Air Putih

Bau mulut bisa juga disebabkan karena kurangnya air liur di dalam mulut. Kalau mulut ibu terasa kering, minumlah banyak air di siang hari. Minum air putih bisa memicu produksi air liur di dalam mulut, sehingga bau tidak sedap bisa sedikit teratasi. 

Baca Juga: Kebersihan Gigi Ibu Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin, Kok Bisa?

Itulah beberapa tips yang bisa ibu coba untuk mengatasi bau mulut selama kehamilan. Kalau cara-cara di atas tidak membantu, tanyakan kepada dokter Halodoc terkait perawatan lain yang bisa dilakukan. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2020. What You Can Do About Bad Breath.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Bad breath: What causes it and what to do about it.