Ibu Harus Tahu, Ini 7 Persiapan Sebelum Operasi Caesar

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 April 2023

“Dalam menjalani operasi caesar, persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan keberhasilan operasi dan pemulihan yang optimal.”

Ibu Harus Tahu, Ini 7 Persiapan Sebelum Operasi CaesarIbu Harus Tahu, Ini 7 Persiapan Sebelum Operasi Caesar

Halodoc, Jakarta – Operasi caesar atau lazim dinamai operasi sesar atau operasi caesarea adalah salah satu jenis operasi untuk melahirkan bayi dengan melakukan sayatan pada perut dan rahim ibu. Adapun, proses caesar merupakan operasi besar dan membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk pulih, atau bahkan dapat pulih lebih lama.

Operasi ini terjadi ketika dalam situasi darurat, seperti ketidakmampuan bayi untuk keluar melalui jalan lahir secara normal atau kondisi medis tertentu pada ibu. Oleh karenanya, operasi caesar merupakan prosedur medis yang serius dan membutuhkan persiapan yang matang.

Untuk informasi lebih detail mengenai tindakan persalinan ini, ibu bisa baca di sini: Operasi Caesar – Tujuan, Jenis, dan Prosedur.

Persiapan Sebelum Operasi Caesar

Berikut adalah beberapa persiapan sebelum menjalani operasi caesar:

1. Konsultasi dengan dokter dan tim medis

Sebelum operasi, Ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter dan tim medis untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai prosedur persalinan melalui operasi, risiko dan efek samping, serta hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Konsultasi ini juga penting untuk mengetahui kondisi kesehatan Ibu dan bayi, sehingga dapat memutuskan apakah benar-benar membutuhkan operasi caesar atau tidak.

2. Memahami dan mewaspadai prosedur operasi

Sebelum melakukan operasi caesar penting sekali untuk memahami dan mewaspadai prosedur yang akan terjadi. Secara umum, prosedur caesar di semua rumah sakit mempunyai langkah yang sama.

3. Menyiapkan diri secara fisik

Operasi caesar merupakan operasi besar yang membutuhkan pemulihan yang cukup lama. Oleh karena itu, sebelum operasi, Ibu hamil perlu menyiapkan diri secara fisik dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, perlu pula mengonsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi, menghindari merokok dan minuman beralkohol, serta mengikuti program kebugaran yang direkomendasikan oleh dokter.

4. Menghindari makan dan minum sebelum operasi

Sebelum operasi, Ibu hamil perlu menghindari makan dan minum selama beberapa jam terakhir. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko aspirasi, yaitu masuknya makanan atau cairan ke dalam saluran pernapasan saat operasi.

5. Menyiapkan perlengkapan dan barang-barang keperluan

Setelah operasi, Ibu hamil akan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama. Oleh karena itu, sebelum operasi, perlu menyiapkan perlengkapan dan barang-barang keperluan seperti pakaian yang nyaman, selimut, bantal, serta peralatan bayi seperti popok, susu formula, dan botol susu.

6. Berhenti untuk mengonsumsi obat-obat an

Konsultasi dengan dokter untuk meninjau semua obat yang sedang Ibu minum. Beberapa obat mungkin perlu berhenti meminumnya selama beberapa hari atau lebih lama sebelum dilakukannya operasi caesar.

7. Mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman

Operasi caesar merupakan prosedur medis yang cukup berat dan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama. Oleh karena itu, Ibu hamil perlu mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman untuk membantu dalam proses pemulihan dan merawat bayi setelah operasi.

Itulah beberapa hal yang dapat Ibu persiapkan sebelum melakukan kelahiran secara caesar. Jika Ibu memiliki kekhawatiran atau terdapat pertanyaan mengenai operasi caesar, dapat bertanya kepada dokter ahli secara langsung. Dengan persiapan yang optimal, risiko bahaya yang terjadi dapat diminimalisir. Untuk memudahkan, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter melalui Halodoc. Jadi tunggu apalagi, segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Tommy’s. Diakses pada 2023. How to prepare for your c-section.
UW Medicine. Diakses pada 2023. Preparing for Your C-Section.
Wiki How. Diakses pada 2023. How to Prepare for a Cesarean Section.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan