• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Kecanduan Gadget pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Kecanduan Gadget pada Anak

Ibu Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Kecanduan Gadget pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 November 2022

“Ada berbagai ciri-ciri kecanduan gadget pada anak yang perlu diwaspadai. Contohnya seperti anak tidak bisa berhenti bermain gadget, tidak mau bermain di luar, hingga kehilangan minat pada aktivitas lain.”

Ibu Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Kecanduan Gadget pada AnakIbu Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Kecanduan Gadget pada Anak

Halodoc, Jakarta – Memang tidak bisa dimungkiri lagi bahwa gadget sudah menjadi kebutuhan penting bagi anak-anak zaman sekarang. Apalagi sejak pandemi COVID-19, alat-alat elektronik, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain-lain, semakin sering digunakan baik untuk belajar maupun hiburan anak-anak.

Gadget sebenarnya tidak sepenuhnya buruk. Peralatan elektronik tersebut bisa memudahkan anak dalam belajar dan mencari informasi, maupun untuk memberikan hiburan yang bisa mengasah otak anak. Meski begitu, orangtua tetap perlu memperhatikan penggunaan gadget pada anak. 

Pasalnya, menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar perangkat elektronik tersebut bisa membuat anak-anak lama kelamaan menjadi kecanduan. Karena itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui ciri-ciri kecanduan gadget pada anak.

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget

Membiarkan anak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar sudah dikaitkan dengan kurang tidur, keterlambatan bicara dan keterampilan sosial yang buruk. Namun, penelitian dari University of Michigan, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa masalah yang lebih besar dari penggunaan layar yang berlebihan adalah adanya risiko kecanduan gadget pada anak-anak.

Berikut beberapa ciri-ciri kecanduan gadget pada anak yang perlu diketahui orang tua:

1. Anak tidak bisa berhenti bermain gadget

Ini adalah salah satu ciri utama kecanduan gadget yang perlu ibu waspadai. Para peneliti menyebutnya dengan istilah “kontrol yang tidak berhasil”, yaitu ketika anak-anak kesulitan berhenti menggunakan gadget. Misalnya, bila ibu sudah membatasi waktu melihat layar, tapi Si Kecil tidak bisa mematuhinya, maka waspadalah. Bisa jadi ia sudah mulai kecanduan.

2. Mencuri-curi untuk menggunakannya

Pernahkah ibu memergoki anak menggunakan smartphone-nya pada malam hari setelah lampu dimatikan? Atau ketika mereka seharusnya mengerjakan pekerjaan rumah? Ini juga menunjukkan tanda hubungan yang tidak sehat dengan gadget.

3. Memenuhi pikiran mereka

Ketika tidak sedang bermain video game, tapi anak terus berbicara mengenai game favoritnya, atau membicarakan tentang postingan YouTuber favoritnya, atau memerankan adegan dari Angry Birds, ini bisa menjadi tanda kecanduan.

4. Mengganggu sosialisasi

Apakah anak membawa smartphone-nya ke meja makan dan terus menatap layarnya sementara ibu atau ayah mencoba untuk mengobrol dengannya? Ketika gadget sudah mengganggu waktu berkualitas dengan keluarga, itu juga menjadi ciri-ciri kecanduan gadget yang perlu diwaspadai.

5. Memicu masalah keluarga yang serius

Pernahkah ibu bertengkar dengan anak yang dipicu oleh penggunaan gadget? Atau anak jadi memiliki masalah perilaku yang terkait dengan sesuatu yang mereka tonton? Hati-hati, hal itu menunjukkan hubungan anak dengan gadget sudah tidak lagi sehat.

6. Menunjukkan gejala penarikan

Ketika ibu mematikan televisi karena sudah waktunya tidur atau menyingkirkan smartphone Si Kecil untuk waktu keluarga tanpa layar, lalu Si Kecil merasa stres dan gelisah, ia mungkin benar-benar mengalami gejala penarikan akibat kecanduan gadget.

7. Toleransi mereka meningkat

Bila Si Kecil biasanya menonton YouTube selama 30 menit sepulang sekolah setiap hari, tapi sekarang ia bahkan menontonnya dalam perjalanan pulang sekolah, itu berarti toleransinya sudah meningkat.

8. Gadget sebagai mood booster

Bila anak mengalami hari yang buruk di sekolah dan membutuhkan YouTube atau game untuk membuatnya merasa lebih baik, peneliti mengatakan hal itu bisa menjadi ciri-ciri kecanduan gadget pada anak yang perlu diwaspadai.

9. Kehilangan minat pada aktivitas lain

Apakah anak lebih suka menghabiskan waktu di rumah dengan menonton video di YouTube daripada bermain di luar atau berolahraga? Hal itu juga bisa menjadi ciri-ciri kecanduan gadget yang perlu diwaspadai orang tua.

Itulah ciri-ciri kecanduan gadget pada anak yang perlu orang tua waspadai. Bila anakmenunjukkan tanda-tanda di atas dan ibu mengalami kesulitan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, cobalah bawa anak untuk menemui dokter anak atau psikolog untuk mendiskusikan cara yang tepat untuk mengatasinya. 

Ibu bisa buat janji di rumah sakit pilihan lewat aplikasi, lalu pilih dokter dan waktu kunjungan sesuai kebutuhan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
Today’s Parent. Diakses pada 2022. 9 signs of screen addiction in kids.
Family Education. Diakses pada 2022. 5 Warning Signs of Screen Addiction