Ibu, Ini 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Usai Melahirkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Januari 2023

“Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah setelah melahirkan. Termasuk dengan melakukan eksfoliasi mencuci wajah secara rutin.”

Ibu, Ini 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Usai MelahirkanIbu, Ini 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Usai Melahirkan

Halodoc, Jakarta – Pori-pori yang mencolok adalah keluhan umum seiring bertambahnya usia. Termasuk setelah melahirkan dan banyak ibu yang mungkin mencari cara mengecilkan pori-pori wajah, agar tampak mulus dan cantik kembali. 

Untungnya, ada beberapa cara mudah yang bisa ibu coba di rumah. Mulai dari rutin membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi, hingga memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Usai Melahirkan

Pori-pori besar mungkin tidak dapat dihilangkan, tetapi ada cara untuk membuatnya terlihat lebih kecil. Termasuk menjaga kulit tetap kenyal dan mencegah pori-pori tersumbat.

Namun, ibu yang baru saja melahirkan perlu hati-hati dalam memakai produk kecantikan, agar tidak memengaruhi produksi ASI. Oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya mencoba cara-cara yang alami saja.

Berikut ini beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah usai melahirkan, yang bisa Ibu coba di rumah:

1. Rutin Mencuci Wajah

Mencuci wajah adalah perawatan kulit yang paling dasar. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci wajah secara rutin, setidaknya 2 kali sehari, atau lebih setelah banyak berkeringat atau berolahraga.

Agar lebih maksimal, cucilah wajah dengan menggunakan air hangat. Pilih pembersih wajah yang lembut, non-abrasif dan tidak mengandung alkohol. Hindari menggosok kulit dengan handuk saat mengeringkannya. Lebih baik, tepuk-tepuk saja secara perlahan. 

Mencuci wajah setiap pagi dan sore membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori. Ini dapat membantu membuat pori-pori di wajah jadi kurang terlihat.

2. Lakukan Eksfoliasi

Cara lain untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah melakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu. Ini bermanfaat untuk menghilangkan hal-hal yang dapat menyumbat pori-pori, seperti kotoran, sel kulit mati, dan kelebihan minyak. 

3. Gunakan Pelembap Setiap Hari

Pelembap bebas minyak dapat membantu mengurangi pembesaran pori-pori di wajah. Jadi, pakailah pelembap setiap hari, setelah mencuci dan mengeringkan kulit. 

Hal ini dapat memungkinkan minyak dari kelenjar sebaceous menembus lebih dalam ke dalam kulit, daripada tetap berada di pori-pori di permukaan. Dengan cara ini, pelembap mencegah pori-pori tersumbat oleh minyak, mengurangi tampilan pori-pori yang menonjol.

4. Pilih Produk Wajah Berbahan Dasar Air

Sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah, kamu juga perlu memilih produk yang berbahan dasar air, bukan minyak. Termasuk produk skincare dan make up

Produk berbasis minyak mengandung petrolatum, minyak kelapa, dan jenis minyak lainnya. Ini dapat melembapkan kulit, tetapi mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan pori-pori besar. Kelebihan minyak yang terkumpul di kulit bisa membuat pori-pori tampak lebih besar.

5. Memakai Masker Tanah Liat

Menggunakan masker tanah liat (clay mask) sekali atau dua kali seminggu juga bisa jadi cara mengecilkan pori-pori wajah. Sebab, masker berbahan tanah liat dapat membantu menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori.

Hal ini bermanfaat untuk mencegah pori-pori membesar dan membuatnya terlihat mengecil. Namun, sebaiknya gunakan masker ini di hari yang berbeda dari eksfoliasi. 

Sebab, merawat kulit secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi. Hal ini justru membuat pori-pori tampak membesar dan dapat menyebabkan munculnya flek hitam.

6. Selalu Menghapus Riasan di Malam Hari

Sangat penting untuk selalu menghapus riasan sebelum tidur. Jika kamu tidur dengan riasan yang masih menempel di wajah, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat akibat penumpukan riasan, minyak, dan bakteri.

7. Memakai Tabir Surya

Cara lain untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah adalah memakai tabir surya. Paparan sinar matahari dapat mengeringkan kulit, membuat pori-pori tampak lebih besar. Sebaiknya, pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, ya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan pori-pori wajah usai melahirkan. Jika kamu memiliki masalah kulit lainnya, download Halodoc saja untuk menjalani pemeriksaan.

Homelab Halodoc

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 7 Ways To Minimize Pores.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What Are The Best Ways To Get Rid of Large Pores?
Prevention. Diakses pada 2023. The 5 Best Ways to Shrink Your Pores, According to Dermatologists.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan