Ibu, Ini Jenis dan Prosedur Medical Check-up untuk Remaja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Januari 2023

“Ada beberapa jenis dan prosedur medical check-up yang umum dilakukan untuk remaja. Salah satunya adalah pemeriksaan fisik seperti tinggi dan berat badan.”

Ibu, Ini Jenis dan Prosedur Medical Check-up untuk RemajaIbu, Ini Jenis dan Prosedur Medical Check-up untuk Remaja

Halodoc, Jakarta – Pemeriksaan kesehatan atau medical check-up secara berkala sangat penting dilakukan. Sebab, prosedur ini dapat membantu mendeteksi atau mencegah perkembangan penyakit kronis sedari dini. Karena itu, setiap golongan usia perlu melakukannya, tanpa terkecuali remaja. 

Selama remaja, terlebih saat masa pubertas, sedang terjadi banyak perubahan pada tubuh mereka. Nah, ada beberapa jenis dan prosedur medical check-up yang dapat dilakukan untuk remaja. Beberapa di antaranya bertujuan untuk memastikan kalau tubuh mereka sehat dan berkembang secara normal.

Jenis dan Prosedur Medical Check-up untuk Remaja

1. Pemeriksaan Fisik

Selama pemeriksaan kesehatan tahunan salah satu jenis medical check-up untuk remaja yang penting dilakukan adalah melakukan pemeriksaan fisik. Pada prosedurnya, ada beberapa aspek yang akan diperiksa oleh dokter. Mulai dari memeriksa tinggi dan berat badan remaja, tekanan darah, hingga indeks massa tubuh. Kemudian, dokter akan mendengarkan detak jantung dan paru-paru anak remaja. Dokter juga akan meraba kelenjar getah bening dan kelenjar tiroid di leher serta limpa, hati, dan ginjal di area perut.

Pemeriksaan fisik biasanya akan dilanjutkan dengan pemeriksaan alat kelamin. Pada anak remaja laki-laki, dokter akan memeriksa testis untuk mendeteksi adanya benjolan yang tidak biasa. Sementara itu, pemeriksaan kelamin pada remaja perempuan akan dilakukan dengan pemeriksaan panggul dan payudara. 

Uji sendi dan otot untuk fleksibilitas dan kekuatan juga akan dilakukan guna mendeteksi kelainan pada dua bagian tersebut. Terakhir, medical check-up juga akan dilakukan dengan pengujian kulit untuk mengetahui kondisi keparahan jerawat, dan memeriksa tahi lalat yang tidak normal.

2. Pemeriksaan Penglihatan

Bergantung pada usia anak remaja dan riwayat kesehatan keluarga, setiap pemeriksaan mata mungkin sedikit berbeda. Pemeriksaan mata dapat meliputi:

  • Pemeriksaan penglihatan, untuk memeriksa kesehatan mata secara keseluruhan.
  • Tes ketajaman visual, untuk mengetahui seberapa tajam atau jelas objek yang muncul.
  • Keselarasan mata, untuk melihat seberapa baik mata bekerja sama.

Jika dokter menemukan masalah yang perlu diperiksakan ke dokter mata, mereka akan menganjurkan agar anak menemui dokter spesialis mata atau dokter mata.

3. Pemeriksaan Pendengaran

Pemeriksaan pendengaran biasanya dilakukan oleh spesialis pendengaran yang disebut audiolog. Jenis tes yang mereka lakukan tergantung pada usia, perkembangan, dan kesehatan anak. Banyak anak mendapatkan tes pendengaran perilaku. Tes ini memeriksa untuk melihat respon anak terhadap suara seperti ucapan yang dimainkan dengan volume dan intensitas tertentu dan nada murni. 

Nada murni adalah suara dengan nada (frekuensi) yang sangat spesifik, seperti nada pada alat musik keyboard. Selama tes, audiolog memperhatikan respons perilaku setelah seorang anak mendengar suara.

4. Tes Darah Lengkap

Hitung darah lengkap (CBC) adalah tes darah yang digunakan untuk mengevaluasi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Selain itu, tes darah ini juga bermanfaat untuk mendeteksi sejumlah penyakit atau masalah kesehatan sedari dini.  Termasuk anemia, infeksi, dan leukemia. Tes ini dilakukan dengan mengukur beberapa komponen dan fitur darah, termasuk sel darah merah, yang membawa oksigen.

Hal lain yang Akan Dilakukan Dokter

Selain melakukan prosedur pengujian medical check-up, dokter juga akan memberikan saran seputar penerapan gaya hidup sehat, seperti:

  • Pola makan yang baik.
  • Anjuran untuk menggunakan tabir surya setiap beraktivitas di luar rumah.
  • Penyuluhan terkait penyebaran infeksi menular seksual.
  • Anjuran untuk memperhatikan indikasi kondisi mental yang membutuhkan pertolongan.

Itulah jenis dan prosedur medical check-up untuk remaja. Penting bagi orang tua untuk memastikan kesehatan remaja terjaga agar tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Jika saat ini ibu ingin melakukan medical check-up untuk anak remaja, ibu bisa memanfaatkan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya).

Tentunya tanpa perlu repot, pemeriksaan bisa dilakukan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Klik gambar berikut untuk tahu lebih lanjut: 

Referensi: 
My Health Finder.gov. Diakses pada 2023. Make the Most of Your Teen’s Visit to the Doctor (Ages 15 to 17). 
Kids Health.org. Diakses pada 2023. Your Child’s Checkup: 15 Years. 
Kids Health.org. Diakses pada 2023. Hearing Tests. 
Kids Health.org. Diakses pada 2023. Routine Eye Exams. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan