Ibu, Kenali 5 Manfaat Buah Pisang Sebagai MPASI

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Februari 2022

“Tahukah ibu kalau buah pisang memiliki segudang manfaat sebagai MPASI. Tidak hanya sumber energi, kandungan nutrisi pada buah pisang dapat menjaga kesehatan mata anak, meningkatkan mood anak, menyehatkan tulang, menurunkan risiko anemia, serta menyehatkan pencernaan.”

Ibu, Kenali 5 Manfaat Buah Pisang Sebagai MPASIIbu, Kenali 5 Manfaat Buah Pisang Sebagai MPASI

Halodoc, Jakarta – Pada masa tumbuh kembangnya, bayi membutuhkan nutrisi sehat supaya bisa tumbuh dengan baik. Buah adalah salah satu sumber MPASI anak. Buah pisang sebagai MPASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak mulai dari karbohidrat sebagai pemberi energi tubuh, dan juga folat, vitamin B6, vitamin C, dan potasium.

Kombinasi nutrisi ini semua dapat mendukung sistem saraf, kesehatan kulit, penyerapan zat besi, dan tekanan darah. Itulah sebabnya pisang kerap menjadi salah satu sumber MPASi yang digunakan para ibu. Yuk, simak di sini manfaat lebih jelasnya lagi buah pisang sebagai MPASI!

1. Membantu Mendukung Peningkatan Berat Badan Sehat

pisang mendukung peningkatan berat badan sehat

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, pisang juga cocok dijadikan sumber MPASI anak. Pasalnya, kandungan nutrisi pada pisang dapat mendukung penambahan berat badan sehat anak. 

Pisang merupakan buah yang kaya kalium. Kalium adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi karena bertindak sebagai elektrolit yang mengatur tingkat hidrasi dan memungkinkan oksigen mencapai selnya. Selain itu, magnesium, seng, dan vitamin A, B6, B12, serat dan folat adalah vitamin dan nutrisi penting yang membantu bayi menambah berat badan yang sehat.

2. Menyehatkan Pencernaan

pisang menyehatkan pencernaan

Pisang adalah sumber karbohidrat yang bagus, terutama saat matang, dan kebanyakan bayi dapat memakannya dengan mudah. Kematangan pisang sangat penting untuk bayi. Karena pada pisang matang, pektin mulai rusak sehingga melunakkannya dan membuatnya lebih mudah dicerna. Itulah sebabnya pisang yang matang sangat disarankan untuk dimakan anak karena sesuai dengan sistem pencernaan bayi.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Kekuatan Tulang

pisang untuk kesehatan mata dan tulang

Potasium dalam pisang bermanfaat meningkatkan penglihatan dan memperkuat tulang. Kalium pada pisang juga membantu mengurangi kram otot dan membantu menghilangkan retensi cairan dalam tubuh. Kalium juga membantu dalam menjaga tingkat tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. 

4. Baik untuk Kesehatan Otak

pisang baik untuk kesehatan otak bayi

Konsumsi pisang adalah cara baik untuk meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan sirkulasi dalam tubuh anak. Norepinefrin dan serotonin yang ada dalam pisang membantu meningkatkan mood bayi dan menurunkan stres. 

5. Menurunkan Risiko Anemia

pisang menurunkan risiko anemia

Pisang mengandung berbagai nutrisi penting, seperti zat besi, Vitamin B12, dan asam folat. Kandungan tersebut membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan dengan demikian membantu mencegah anemia pada bayi. 

Itulah informasi mengenai manfaat buah pisang sebagai MPASI anak. Dapatkan informasi kesehatan lainnya melalui aplikasi Halodoc. Ibu juga bisa lho melengkapi kebutuhan kesehatan anak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, tunggu apa lagi, download Halodoc sekarang juga, ya!

Referensi:
Solid Starts. Diakses pada 2022. Banana.
Chiquita. Diakses pada 2022. Six Reasons Why Bananas are The Healthiest Fruits for Babies.
Baby Destination. Diakses pada 2022. 5 Amazing Benefits Of Bananas For Babies.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan