Ibu, Kenali Perbedaan USG 2D, 3D, 4D, dan Cek Biayanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 September 2022

“Pemeriksaan USG perlu dilakukan untuk memeriksa jenis kelamin dan bahkan memastikan kesehatan janin. Untuk pilihan USG ada 2D, 3D, dan 4D dengan harga yang berbeda pada tiap jenisnya.”

Ibu, Kenali Perbedaan USG 2D, 3D, 4D, dan Cek BiayanyaIbu, Kenali Perbedaan USG 2D, 3D, 4D, dan Cek Biayanya

Halodoc, Jakarta – Saat sedang hamil, pemeriksaan rutin perlu dilakukan dan salah satunya adalah USG. Tindakan ini dapat melihat kondisi janin, rahim, dan berbagai hal lainnya dengan gelombang suara.

Saat USG dilakukan, gelombang suara dipancarkan saat alatnya ditempelkan ke permukaan perut. Lalu, gelombang suara dapat bertabrakan dengan organ-organ di dalam perut dan dipantulkan kembali, akhirnya menghasilkan gambar janin.

Ada beberapa pilihan dari USG yang bisa dilakukan, mulai dari 2D, 3D, hingga 4D. Maka dari itu, perlu tahu perbedaan dari berbagai jenis pemeriksaan ini sehingga bisa menentukan mana yang lebih cocok.

Perbedaan Antara USG 2D, 3D, dan 4D, Serta Biayanya

Pada USG 2D, pemeriksaan ini dapat menunjukkan garis abu-abu dan buram pada bayi. Pemindaian ini dapat melihat langsung ke seluruh tubuh, termasuk dalam melihat organ dalam pada bayi. Namun, banyak ibu yang kecewa dengan jenis USG ini karena tidak terlihat dengan baik.

Pada USG 3D dan 4D, pemeriksaan ini bisa memperlihatkan lebih dari hanya organ pada bayi, ibu bahkan bisa melihat kulit janin, termasuk mulut dan hidung. Selain itu, orang tua juga bisa melihat janin saat mengisap jari atau menjulurkan lidah. Jenis USG ini dapat memperlihatkan janin di dalam kandungan lebih realistis.

Selain itu, USG 4D memiliki keunggulan lebih dibandingkan jenis lainnya, yaitu dapat melihat gambar bergerak pada janin. Pemeriksaan dengan metode 4 dimensi ini memang memiliki keunggulan yang paling mutakhir dibandingkan 2D dan 3D.

Perlu tahu juga berbagai keunggulan dari pemeriksaan USG 3D dan 4D, antara lain:

Keunggulan USG 3D:

  • Mampu memvisualisasikan struktur jantung janin dengan lebih baik dibandingkan 2D, bahkan dapat mendeteksi cacat saat bayi masih di dalam perut.
  • Diagnosis terkait cacat wajah pada janin lebih baik, seperti bibir sumbing.
  • Diagnosis yang lebih mudah untuk berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Keunggulan USG 4D:

Tindakan pemeriksaan ini pada dasarnya “video streaming” secara langsung dari jenis USG 3D. Semua keunggulan dari 3D yang disebutkan sebelumnya juga terdapat pada 4D. Lalu, ada beberapa keuntungan lainnya dari USG 4D, yaitu:

  • Dapat melihat gerakan dinding dan katup jantung janin, untuk mendiagnosis kondisi tertentu.
  • Dokter dapat mengamati gerakan berbagai organ yang bergerak di dalam tubuh.
  • Bisa mendapatkan video janin dibandingkan hanya foto.

Biaya dari USG 2D, 3D, dan 4D

Tentu, semakin canggih pemeriksaan yang dilakukan, harga yang dikeluarkan lebih besar. Lalu, berapa sih biaya USG dari tiap jenis pemeriksaan ini? Berikut rinciannya:

Untuk pemeriksaan 2D tentu lebih murah dibandingkan 3D dan 4D, yaitu pada kisaran Rp200 ribu. Lalu, pada pemeriksaan 3D tidak terpaut jauh dibandingkan 2D, dengan harga hanya Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

Jika ibu memilih untuk mendapatkan pemeriksaan 4D, ada baiknya untuk menyiapkan uang lebih. Pasalnya, pemeriksaan 4 dimensi ini membutuhkan biaya rata-rata sebesar Rp800 ribu.

Jika ingin memesan pemeriksaan ini melalui aplikasi Halodoc, fitur janji medis bisa digunakan untuk memilih tempat dan jam sesuai dengan keinginan. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya melalui smartphone di tangan!

Referensi:
Bump Reveal. Diakses pada 2022. 3D Ultrasound Vs 4D Ultrasound Comparison.
Very Well Family. Diakses pada 2022. Should You Get a 3D or 4D Ultrasound?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan