• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Lakukan Hal Ini Jika Alami Diare saat Hamil Muda
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Lakukan Hal Ini Jika Alami Diare saat Hamil Muda

Ibu, Lakukan Hal Ini Jika Alami Diare saat Hamil Muda

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Desember 2022

“Diare saat hamil muda sebaiknya diatasi sesegera mungkin agar tidak mengganggu pertumbuhan janin. Nah, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah menjaga hidrasi pada tubuh dan mengonsumsi makanan yang lembek.”

Ibu, Lakukan Hal Ini Jika Alami Diare saat Hamil MudaIbu, Lakukan Hal Ini Jika Alami Diare saat Hamil Muda

Halodoc, Jakarta – Diare adalah masalah yang bisa terjadi tanpa terduga oleh semua orang, termasuk juga wanita yang sedang hamil muda. Untuk mengatasinya, seseorang yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. 

Cara Mengatasi Diare saat Hamil Muda

Diare termasuk masalah yang rentan terjadi selama kehamilan. Hal ini bisa dipengaruhi akibat adanya perubahan hormon, perubahan pola makan, atau bahkan oleh peningkatan stres.

Memang diare yang terjadi pada umumnya tidak menimbulkan sesuatu yang serius, tetapi jika masalahnya terus berkelanjutan, komplikasi mungkin saja tidak dapat terelakkan.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare saat hamil muda yang aman untuk dilakukan:

1. Jaga Hidrasi Tubuh

Saat mengalami diare, tubuh mengeluarkan banyak cairan. Jika dibiarkan, pengidapnya dapat mengalami dehidrasi dan bahkan mengidap komplikasi yang serius, terlebih saat hamil.

Sebaiknya lebih banyak mengonsumsi air putih sebagai pengganti cairan yang hilang. Bila perlu, konsumsi jus dan kaldu yang berguna bukan hanya pengganti cairan, tetapi juga elektrolit, vitamin, hingga mineral yang menghilang.

Hindari konsumsi air yang memiliki kandungan gula tinggi. Periksa label nutrisi sebelum mengonsumsi minuman kemasan, sebab bisa jadi menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

2. Konsumsi Makanan Lunak

Ibu juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, biasanya adalah beberapa makanan lunak. Beberapa contoh makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah pisang, nasi, serta roti panggang.

3. Konsumsi Probiotik

Saat mengalami diare, konsumsi makanan dengan kandungan probiotik juga diperlukan. Nah, probiotik sendiri adalah bakteri baik yang berguna menjaga usus tetap sehat. Dengan konsumsi makanan ini, diare dapat lebih mudah diatasi, terlebih jika disebabkan obat antibiotik.

4. Hindari Sesuatu yang Memperburuk Diare

Perlu dipahami, laktosa dapat memperburuk masalah pencernaan, terlebih pada seseorang yang tubuhnya tidak dapat menoleransi kandungan tersebut. Selain itu, kandungan kafein dan gula juga dapat mengiritasi sistem pencernaan, sehingga diare lebih parah. Maka dari itu, pastikan untuk menghindari semua kandungan tersebut.

Sebagian besar diare yang terjadi saat hamil muda dapat sembuh dalam beberapa hari. Penyebab dari masalah ini dapat disebabkan keracunan makanan, serangan virus, hingga gangguan bakteri.

Jika tidak membaik, atau bahkan bertambah parah, dalam waktu 2 hingga 3 hari, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menentukan penyebab dari masalah ini dan memberikan solusi yang tepat agar bisa teratasi dengan baik.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi obat antidiare yang dijual bebas tanpa bertanya pada dokter terlebih dahulu. Sebab, kondisi tertentu bisa diperburuk dengan konsumsi obati ini dan juga bisa saja menimbulkan dampak buruk pada kehamilan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi diare saat hamil muda yang bisa dilakukan. Lakukan semua hal yang disebutkan agar lebih baik. Jika tidak kunjung sembuh, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semakin cepat penyebabnya terdeteksi, semakin baik untuk menghindari masalah lebih parah.

Jika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan pencernaan saat hamil, pemesanan tindakan ini bisa dilakukan melalui fitur dari Halodoc ke beberapa rumah sakit rekanan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Nah, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Remedies for Diarrhea During Pregnancy.
Wiki How. Diakses pada 2022. How to Naturally Treat Diarrhea During Pregnancy.