Ide Makanan Sehat untuk Makan Malam Keluarga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Desember 2022

"Menu makan malam keluarga juga perlu diperhatikan supaya kesehatan tetap terjaga. Beberapa menu yang bisa kamu coba contohnya capcay, ayam goreng mentega dan rendang telur."

Ide Makanan Sehat untuk Makan Malam KeluargaIde Makanan Sehat untuk Makan Malam Keluarga

Halodoc, Jakarta – Salah satu kunci kesehatan keluarga adalah menyajikan makanan yang sehat dan bergizi. Apalagi saat malam hari, sebaiknya hindari menyajikan makanan yang tinggi kalori. Sebab, tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan tersebut. Jika sudah bentrok dengan waktu tidur, proses pencernaan bisa semakin berat dan pada akhirnya memicu masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna namun tetap padat nutrisi. Salad misalnya, makanan ini cenderung ringan tetapi bisa mengenyangkan, lho. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan tuna dan telur untuk menambah kandungan gizi. Tambahkan nasi merah atau roti supaya  lebih kenyang.

Ide Makanan Sehat untuk Makan Malam

Selain salad, berikut beberapa ide menu makan malam yang bisa kamu coba:

1. Capcay

Menu yang satu ini berisi berbagai macam sayuran, seperti kembang kol, wortel, brokoli, dan lain-lain. Itu sebabnya, menu ini sudah pasti tinggi serat dan vitamin. Dengan begitu, kamu dan keluarga bisa lebih cepat kenyang tetapi tidak mudah kelaparan. Asupan serat yang tinggi juga mampu memperlancar pencernaan kamu keesokan harinya.

2. Ayam goreng mentega

Ayam goreng mentega dapat memenuhi asupan protein dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sandingkan bersama sayuran dan nasi secukupnya untuk melengkapi gizi. 

3. Sup ayam

Menu simpel dan bergizi lainnya adalah sup ayam. Makanan sehat satu ini juga bisa memberikan kehangatan pada tubuh. Terdiri dari ayam dan berbagai sayur-sayuran, membuat menu ini lengkap dengan protein, serat, vitamin, kalsium sampai lemak.

4. Rendang telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik. Nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh. Supaya tidak bosan dengan menu telur yang itu-itu saja, kamu bisa mengolahnya menjadi rendang telur. Sandingkan bersama sayur dan nasi secukupnya saja. 

5. Pepes tahu

Tahu juga termasuk sumber protein yang baik. Selain itu makanan yang berbahan kacang kedelai ini bisa diolah menjadi berbagai macam menu, salah satu adalah pepes tahu. Supaya lebih kenyang, kamu bisa menambahkan menu protein lainnya, sayur dan karbohidrat seperti nasi. 

6. Ayam panggang

Ayam panggang juga bisa menjadi ide menu sehat yang cocok disantap malam hari. Karena diolah dengan cara dipanggang, menu ini dianggap lebih sehat karena tidak menggunakan minyak goreng. Tambahkan nasi secukupnya dan sayuran segar sebagai lalapan untuk melengkapi gizi.

7. Gurame asam manis

Gurame mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan otak dan juga jantung. Nah, kamu bisa mengolahnya dengan bumbu asam manis supaya lezat. Makan bersama nasi dan capcay supaya gizinya semakin lengkap

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Times Now News. Diakses pada 2022. Home-made chicken soup: Calories and nutritional facts of a chicken soup.
BBC Good food. Diakses pada 2022. Healthy chicken recipes

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan