Ini 11 Cara Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 November 2023

“Ada beberapa cara merawat wajah agar tidak kusam. Beberapa di antaranya adalah menggunakan pelembap dan tabir surya, menjaga hidrasi kulit, serta menggunakan retinoid.”

Ini 11 Cara Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak KusamIni 11 Cara Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

DAFTAR ISI

1. Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

2. Berbagai Penyebab Kulit Kusam


Halodoc, Jakarta – Kulit wajah berperan penting dalam melindungi sistem internal area wajah. Khususnya dari paparan sinar matahari dan paparan polusi lainnya. Selain itu, fungsi lainnya adalah mengontrol suhu tubuh dan berfungsi sebagai filter. 

Kulit terus mengalami pertumbuhan dan pergantian. Apa yang kamu makan, minum, dan iklim tempat tinggal akan memengaruhi kesehatan kulit. Kulit wajah yang sehat adalah cerminan hidup sehat dan menunjang rasa percaya diri. 

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam?

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Merawat wajah agar tidak kusam bukan perkara sehari dua hari, melainkan perlu keberlangsungan dan rutinitas.

Ini mencakup perawatan harian, pemilihan produk untuk kulit wajah, serta makanan dan minuman yang kamu konsumsi. 

Simak cara merawat wajah agar tidak kusam di bawah ini:

1. Tetap terhidrasi

Perempuan sedang minum

Menurut jurnal ilmiah berjudul Dietary water affects human skin hydration and biomechanics dalam Dove Medical Press, terdapat hubungan yang kuat antara minum cukup air dan memiliki kulit yang sehat.

Minum air yang cukup akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit.

Apalagi bila ditambah dengan mengoleskan serum wajah sehingga membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit.

2. Mengoleskan pelembap ke wajah 

Menggunakan produk pelembap wajah setidaknya dua kali sehari, dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengobati berbagai macam dermatitis. 

Menurut jurnal ilmiah berjudul The Role of Moisturizers in Addressing Various Kinds of Dermatitis: A Review dalam Clinical Medicine & Research, penggunaan pelembap mampu menjaga kesehatan kulit, serta mengobati berbagai penyakit kulit yang muncul bersamaan dengan kekeringan kulit.

3. Eksfoliasi kulit

Pengelupasan kulit secara teratur adalah kunci untuk kulit bercahaya. Sel kulit mati yang menumpuk di lapisan luar kulit dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan bersisik, bahkan dapat menyumbat pori-pori. Pengelupasan kulit secara teratur dapat mencegah hal ini terjadi.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi pada klinik kecantikan wajah, ataupun melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan herbal. Melansir dari Functional Plant Science and Biotechnology dengan judul Skin Care with Herbal Exfoliants, melakukan eksfoliasi dengan bahan-bahan alami membuat kulit menjadi lebih lembut, membantu menghilangkan sel kulit mati, dan mencegah tanda penuaan dini.

4. Menggunakan serum wajah 

Perempuan menggunakan serum

Cara merawat wajah agar tidak kusam juga melibatkan serum wajah. Produk ini dapat membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serum cepat menyerap ke dalam kulit, kamu bisa mengaplikasikannya sekali atau dua kali sehari setelah pembersihan. 

Jangan sampai salah, Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya.

5. Rutin memakai masker wajah 

Merawat diri dengan masker wajah secara mingguan adalah cara lain agar wajah bersinar dan tidak kusam. Pilihlah masker yang mengandung antioksidan serta bahan-bahan lain yang menghidrasi dan mencerahkan.

6. Hindari air panas

Paparan air panas berlebih di area wajah dapat membuat tampilan kulit kusam. Mengapa demikian? Sebab air panas dapat menghilangkan minyak alami, sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi. Punya kulit sensitif? Ini Berbagai Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif.

7. Menggunakan retinoid

Perempuan mengaplikasikan retinoid

Cara merawat wajah agar tidak kusam juga bisa memanfaatkan retinoid. Retinoid merupakan turunan vitamin A yang dapat membantu merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit. 

Retinoid juga membantu mengelupas sel-sel kulit tua dan memunculkan sel-sel kulit baru yang segar ke permukaan. Penelitian mengenai penggunaan produk anti-aging terdapat dalam studi berjudul Pengaruh Kosmetika Anti Aging Wajah Terhadap Hasil Perawatan Kulit Wajah, di Journal of Beauty and Beauty Health Education.

Dalam penelitian tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap 80 ibu-ibu paruh baya yang menggunakan produk perawatan kulit anti-aging. Retinoid sebagai produk anti-aging memberikan hasil yang signifikan terhadap penampilan kulit. Kulit yang mengenakan produk ini mengalami penurunan kerutan sebesar 22,22 persen. Tidak hanya kerutan, perubahan juga terjadi pada tekstur, dan pigmentasi.

8. Mengenakan tabir surya

Mengenakan tabir surya dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Hal ini termasuk dispigmentasi kulit, bintik-bintik coklat penuaan, dan tekstur kulit wajah kasar dan kusam.

9. Bersikaplah lembut pada kulit 

Cara merawat wajah agar tidak kusam bisa kamu mulai dengan langkah sederhana.

Hindari menggosok wajah berlebihan saat membersihkan makeup, atau menggunakan sabun keras. Tidak hanya wajah kusam, jerawat juga musuh kulit wajah yang sehat. 

10. Pastikan membersihkan wajah dengan tepat

Perempuan sedang membersihkan wajah

Saat membersihkan wajah, pastikan kamu melakukan proses pembersihan wajah dengan tepat. Ketika kulit wajah bersih, maka kulit dapat melakukan proses regenerasi dengan optimal sehingga mencegah wajah menjadi kusam.

Selain itu, kotoran atau sisa riasan wajah yang berada pada wajah terlalu lama dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Kebiasaan ini dapat menyebabkan wajah kusam dan gangguan kesehatan yang lain.

11. Terapkan pola hidup sehat

Selain menjalankan perawatan dari luar, kamu juga perlu melakukan perawatan dari dalam. Pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti stroberi, makanan laut, brokoli, hingga tomat.

Selain itu, hentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Paparan asap rokok pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kusam.

Melansir dari Journal of Respiratory Diseases, Thoracic Surgery, Intensive Care and Tuberculosis, dengan judul Cigarettes Smoking and Skin: A Comparison Study of the Biophysical Properties of Skin in Smokers and Non-Smokers, mengatakan bahwa perokok berisiko mengalami dehidrasi pada tubuh. 

Kondisi inilah yang membuat kulit dapat terlihat kusam sehingga kamu perlu membatasi dan menghindari kebiasaan merokok.

Nah, itulah beberapa cara ampuh untuk merawat kulit wajah agar tidak kusam. Bagaimana, tertarik untuk melakukannya?

Berbagai Penyebab Kulit Kusam

Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kurangnya perawatan kulit sehari-hari hingga kondisi lingkungan sekitar. Berikut adalah penyebab umum kulit kusam:

  • Paparan sinar matahari berlebihan, apalagi bila tanpa perlindungan skin care ataupun tabir surya.
  • Kebiasaan merokok, zat berbahaya di dalam produk tembakau dapat mengurangi aliran darah ke kulit.
  • Polusi udara, ini dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan debu pada kulit.
  • Tidak mendapatkan tidur berkualitas, pola tidur yang berantakan dapat memengaruhi regenerasi sel kulit.
  • Dehidrasi, kekurangan asupan air yang dapat menghambat kelembapan kulit.
  • Salah menggunakan produk perawatan kulit, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan kulit kusam/rusak.
  • Diet yang tidak seimbang, pola makan yang tidak sehat dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi, yang bisa berdampak pada kesehatan kulit. 
  • Stres,  ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh stres dapat berpengaruh pada kondisi kulit.
  • Tidak aktif berolahraga, ini dapat menghambat sirkulasi darah ke kulit.

Kamu bisa tanyakan pada dokter spesialis kulit di Halodoc apabila mengalami masalah kulit wajah lainnya. Klik gambar di bawah ini untuk mulai konsultasi.✔️ 

chat dokter kulit halodoc
Referensi:
Clinical Medicine & Research. Diakses pada 2023. The Role of Moisturizers in Addressing Various Kinds of Dermatitis: A Review
Dove Medical Press. Diakses pada 2023. Dietary water affects human skin hydration and biomechanics.
Healthline. Diakses pada 2023. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin.
Clearskin.in. Diakses pada 2023. Why Skin Care is Important?
Colore Science.com. What is The Importance of Skin Care?
Journal of Respiratory Diseases, Thoracic Surgery, Intensive Care and Tuberculosis. Diakses pada 2023. Cigarettes Smoking and Skin: A Comparison Study of the Biophysical Properties of Skin in Smokers and Non-Smokers.
Functional Plant Science and Biotechnology. Diakses pada 2023. Skin Care with Herbal Exfoliants.
Journal of Beauty and Beauty Health Education. Diakses pada 2023. Pengaruh Kosmetika Anti Aging Wajah Terhadap Hasil Perawatan Kulit Wajah.
Kiehls.com. Diakses pada 2023. Understanding Why Your Skin Looks Dull (and How To Fix It).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan