Ini 4 Cara Atasi Mulut yang Pahit Saat Sakit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Maret 2022

“Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi mulut yang pahit saat sakit. Salah satunya seperti minum air putih yang cukup setiap harinya. Sebab, kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memicu terjadinya sensasi rasa pahit pada mulut. Kondisi ini juga dapat menjadi lebih parah ketika kamu sedang sakit.”

Ini 4 Cara Atasi Mulut yang Pahit Saat SakitIni 4 Cara Atasi Mulut yang Pahit Saat Sakit

Halodoc, Jakarta – Sensasi rasa pahit pada mulut biasanya muncul ketika seseorang sedang sakit demam atau flu. Kondisi ini secara umum sebenarnya tidak berbahaya, tetapi dapat menimbulkan ketidaknyaman. Alhasil, seseorang yang sedang mengalami kondisi tersebut cenderung enggan untuk makan atau minum. 

Nah, jika saat ini kamu sedang merasakan sensasi mulut yang pahit, kamu tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan guna mengatasi mulut pahit. Penasaran apa saja? Yuk, ketahui ulasannya di sini!

Ketahui Dulu Penyebabnya

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi mulut yang pahit ketika sakit, sebaiknya ketahui dulu apa penyebab dari kondisi tersebut. Dilansir dari salah satu media daring internasional, mulut yang terasa pahit merupakan hal yang lumrah dan berkaitan dengan sistem daya tahan tubuh. Sebab, ketika tubuh mengalami peradangan atau terinfeksi kuman, tubuh akan mengeluarkan sitokin dari sistem imun yang disebut tumour necrosis factor (TNF). 

Perlu diketahui bahwa TNF adalah sitokin atau protein yang membantu sel daya tahan tubuh membantu melawan penyakit. Pelepasan protein tersebut dapat meningkatkan kepekaan rasa, sehingga membuat mulut terasa lebih pahit, ketika seseorang sedang sakit. 

Di sisi lain, mulut yang pahit tak hanya disebabkan oleh penyakit, tetapi juga beberapa kondisi kesehatan lainnya. Contohnya seperti masalah kebersihan pada mulut dan gigi, perubahan hormon selama kehamilan, sariawan, stres, mulut kering, gangguan saraf, hingga efek samping obat tertentu. 

Cara Efektif Mengatasi Mulut Pahit

Berikut adalah penjabaran mengenai beberapa cara yang dinilai efektif untuk mengatasi mulut yang terasa pahit saat sakit, yaitu:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Usahakan untuk minum cukup air putih setiap harinya, terutama ketika kamu sedang sakit. Sebab, kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memicu terjadinya sensasi rasa pahit pada mulut. Kondisi ini juga dapat menjadi lebih parah ketika kamu sedang sakit. Oleh karena itu, pastikan minum air putih setidaknya enam hingga delapan gelas (1,5 – 2,5 liter) per harinya.

 2. Jaga Kebersihan Mulut

Salah satu penyebab mulut terasa pahit adalah kebersihan mulut dan gigi yang kurang terjaga. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi mulut terasa pahit ketika sakit adalah dengan membersihkan mulut hingga tuntas. Agar dapat membersihkannya dengan tuntas, pastikan kamu rutin menggosok gigi dengan benar, berkumur menggunakan obat kumur atau larutan air garam, hingga menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi.

3. Berhenti Merokok

Jika saat ini kamu masih merokok, sebaiknya segeralah menghentikan kebiasaan tersebut agar kesehatan dapat terjaga. Perlu diketahui bahwa rokok dapat memperburuk rasa logam atau pahit pada lidah. Selain itu, merokok juga telah terbukti dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis yang fatal dampaknya. Misalnya seperti penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

4. Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan diketahui dapat menutupi rasa pahit yang timbul akibat sakit atau penyebab lainnya. Salah satunya seperti buah-buahan citrus seperti lemon, hingga jeruk nipis yang rasanya asam. Selain itu, makanan manis seperti sirup maple juga dapat kamu jadikan sebagai penawar rasa pahit di mulut yang kamu rasakan. 

Namun, jika kamu ingin menggunakan makanan manis untuk menutupi rasa pahit di mulutmu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, asupan gula yang tinggi pada tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara yang dinilai efektif guna mengatasi mulut pahit ketika kamu sedang sakit. Mulai dari minum air putih yang cukup, menjaga kebersihan mulut dengan baik, berhenti merokok, hingga mengonsumsi makanan tertentu. Namun, kamu juga perlu mengingat bahwa rasa pahit di mulut tak hanya disebabkan ketika sedang sakit.

Maka dari itu, jika rasa pahit di mulut tak kunjung membaik dalam jangka waktu yang lama, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya agar penyebab dari kondisi tersebut dapat benar-benar diketahui.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:

Kompas. Diakses pada 2022. 5 Cara Mengatasi Mulut Terasa Pahit Saat Sakit.
Bustle. Diakses pada 2022. Here’s Why Water Tastes So Gross When You’re Sick.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Why do I have a bitter taste in my mouth?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Common Causes for a Metallic Taste in Your Mouth. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan