Ini 5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Bahan Alami

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2024

“Ada sejumlah cara untuk mengangkat sel kulit mati dengan bahan alami tertentu. Salah satunya adalah menggunakan oatmeal sebagai bahan alami eksfoliasi karena mengandung sifat aktif yang dapat bermanfaat bagi kulit.”

Ini 5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Bahan AlamiIni 5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Bahan Alami

DAFTAR ISI

  1. Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Bahan Alami
  2. Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc
    1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E
    2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta – Memiliki wajah yang bersih dan cerah tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Nah, salah satu cara mendapatkan hal tersebut dengan melakukan perawatan kulit eksfoliasi. 

Adapun, eksfoliasi merupakan istilah untuk menggambarkan proses pengangkatan sel kulit mati. Kebanyakan orang melakukan eksfoliasi wajah dengan menggunakan produk skincare atau dengan pergi ke klinik kecantikan. 

Padahal, kamu atau anggota keluargamu yang tengah mengalami masalah ini juga bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah dengan beberapa cara sederhana menggunakan bahan alami. 

Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Bahan Alami

Berikut adalah cara menggunakan beberapa bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati, beserta cara menggunakannya pada kulit: 

1. Oatmeal 

Kamu dapat menggunakan oatmeal sebagai bahan alami eksfoliasi karena mengandung sifat aktif yang dapat bermanfaat bagi kulit. Nah, studi berjudul Safety and efficacy of personal care products containing colloidal oatmeal menunjukkan hasil yang menarik. 

Berdasarkan studi ini, produk perawatan kulit yang mengandung oatmeal menunjukkan proses pengelupasan atau eksfoliasi kulit yang efektif.

Karena itu, jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa menyiapkan tiga sendok makan oatmeal, satu sendok makan pisang, dan satu sendok makan yoghurt. 

Kemudian, blender semua bahan hingga berubah bentuk menjadi scrub. Selanjutnya, balurkan ke area kulit yang kering lalu diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilaslah kulit tersebut menggunakan air hangat.

Masih ada sejumlah manfaat oatmeal bagi kesehatan dan kecantikan. Simak informasinya dalam artikel: Mengenal Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Baking soda dan madu

Selain oatmeal, kamu juga bisa menggunakan scrub sebagai eksfoliasi wajah alami dengan baking soda dan madu. Resep ini memiliki kandungan antiradang dan dapat mengurangi minyaknya.

Artinya, selain dapat bermanfaat sebagai eksfoliator, kandungan ini juga cocok kamu gunakan untuk kulit berjerawat.

Nah, jika kamu ingin mencoba membuat scrub dengan kedua bahan ini, berikut adalah bahan yang perlu kamu siapkan: 

  • Dua sendok makan soda kue.
  • Dua sendok teh madu. 
  • Satu sendok teh gel lidah buaya.
  • 1/2 sendok teh minyak vitamin E.
  • 2 tetes minyak tea tree oil

Untuk membuatnya, campurkan semua bahan tersebut sampai rata. Setelah mencuci muka, kamu bisa mengoleskan scrub tersebut ke kulit kemudian ratakan. Sembari meratakan kamu juga dapat memijat wajah dengan lembut. 

Lakukan hal ini selama 1-2 menit. Biarkan lulur menempel di kulit selama 2 menit tambahan. Bilas scrub dari wajah dengan air hangat.

Oleskan pelembap bebas minyak ya, bahkan kulit berjerawat pun bisa mendapat manfaat dari pelembap ringan setelah kamu membilas wajah.

3. Kopi

Kopi memang bermanfaat sebagai produk perawatan kulit. Nah, salah satunya manfaatnya adalah sebagai bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit. 

Hal ini berdasarkan sifat pengelupasan alami dan antiinflamasi dari kopi. Menariknya lagi, scrub berbahan kopi juga dapat membantu menghaluskan kulit dan meningkatkan sirkulasi.

Kendati demikian, perlu kamu ingat bahwa kopi dapat mengiritasi kulit. Maka dari itu, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait penggunaanya.

Apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif. Apabila penggunaannya aman, berikut adalah bahan yang kamu butuhkan untuk membuat scrub berbahan kopi: 

  • Satu cangkir kopi bubuk halus. 
  • Satu cangkir gula merah.
  • Dua sendok makan minyak alpukat. 
  • Dua sendok makan minyak kelapa. 

Untuk membuatnya, campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Oleskan pada kulit selama 1 hingga 3 menit. Setelah beberapa menit, bilaslah scrub tersebut hingga bersih dengan air hangat.

4. Gula Merah

Kamu juga bisa membuat lulur wajah eksfoliasi dari gula merah dan minyak alpukat untuk membantu hidrasi kulit. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan minyak serai karena berpotensi membantu mengobati infeksi kulit. 

Jika ingin mencobanya, berikut bahan-bahan yang bisa kamu gunakan: 

  • ½ cangkir gula merah.
  • ¼ cangkir minyak alpukat.
  • 1 sendok teh. garam laut Himalaya yang halus.
  • 3-4 tetes minyak esensial serai (opsional).

Untuk membuatnya, campur semua bahan jadi satu. Oleskan scrub ke kulit yang telah bersih dengan gerakan memutar selama 30 hingga 60 detik. Lalu, bilas wajah hingga bersih dengan air hangat.

5. Stroberi 

Stroberi mengandung vitamin C tingkat tinggi, dan sifat anti-inflamasinya membuatnya berguna untuk mengurangi peradangan terkait jerawat. Jika kamu ingin mencoba membuat lulur eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dengan stroberi, ini bahannya: 

  • 1/2 cangkir stroberi, haluskan dengan garpu.
  • 1 cangkir gula.
  • 1/2 cangkir minyak kelapa.

Untuk membuatnya, campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Oleskan pada kulit yang telah bersih dengan gerakan memutar selama 30 hingga 60 detik. Setelahnya, bilas kulit dengan air hangat.

Selain untuk kulit, stroberi sudah terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Simak apa saja manfaat tersebut dalam artikel: Ini 13 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc

Nah, untuk informasi lebih lanjut tentang kulit mati, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terpercaya di Halodoc

Berikut adalah beberapa rekomendasi dokter untuk mendapatkan informasi mengenai kulit mati:

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E, merupakan alumni dari Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta (2009) dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (2023). 

Kini ia tengah berpraktik di Pekanbaru, Riau, dan seorang anggota aktif dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman selama 14 tahun, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi terpercaya di Halodoc.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu bisa hubungi dr. Frieda Sp.D.V.E, yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya (2015) dan Universitas Sebelas Maret (2022). 

Ia tengah aktif berpraktik di Bogor, Jawa Barat, dan seorang anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E bisa membantu lewat layanan konsultasi di Halodoc tentang permasalahan kulit.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa cara untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara alami serta dokter yang bisa kamu hubungi untuk konsultasi.

Selain melakukan perawatan kulit, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatanmu dan keluargamu. 

Tunggu apalagi? Yuk segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Kamu juga bisa temukan produk perawatan kulit wajah berkualitas di Toko Kesehatan Halodoc melalui gambar di bawah ini.

chat dokter halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 8 Best Homemade Face Scrubs to Help You Get That Glow.
Healthline. Diakses pada 2023. Which Natural Exfoliants Work Best for Your Face and Body?
Medical News Today. Diakses pada 2023. How can a person exfoliate their face naturally?
NIH. Diakses pada 2023. Safety and efficacy of personal care products containing colloidal oatmeal.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan