Ini 5 Faktor yang Menentukan Kesuksesan saat Diet

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Maret 2021
Ini 5 Faktor yang Menentukan Kesuksesan saat DietIni 5 Faktor yang Menentukan Kesuksesan saat Diet

Halodoc, Jakarta - Saat melakukan diet, kamu tidak boleh hanya fokus pada penurunan berat badan saja. Ada sejumlah faktor penentu kesuksesan diet yang juga harus dilakukan, guna mendapatkan bentuk badan ideal sekaligus sehat. Beberapa faktor tersebut di antaranya, tingkat aktivitas yang dilakukan, makan yang dikonsumsi, berapa banyak makanan, kapan harus makan, serta usia masing-masing peserta diet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan masing-masing mengenai faktor penentu kesuksesan diet tersebut:

Baca juga: Ini Sumber Protein Plant Based Terbaik 2021 (Bagian 1)

1. Sesuaikan dengan Tingkat Aktivitas yang Dilakukan

Sangat sulit untuk memahami jumlah aktivitas harian secara pasti yang dilakukan oleh seseorang. Meskipun sulit, hal tersebut bukan tidak mungkin dilakukan. Salah satu caranya adalah berdiskusi dengan ahlinya, agar ia mendapatkan gambaran mengenai aktivitas harian yang kamu lakukan. Hasilnya akan menentukan hal-hal krusial yang harus dilakukan, seperti makanan apa yang harus dikonsumsi, seberapa banyak, kapan waktunya makan, dan lain-lain.

2. Membuat Menu Makanan yang akan Dikonsumsi

Tujuan faktor penentu kesuksesan diet ini adalah menciptakan hasil yang lebih baik perihal kesehatan secara umum, ketajaman mental, pengambilan keputusan, dan perilaku. Langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, seperti makanan laut, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Sebaiknya pilih makanan yang diproduksi secara organik.

Baca juga: Ternyata, Otot dan Lemak Dapat Pengaruhi Berat Badan Manusia

3. Seberapa Banyak Harus Mengonsumsi Makanan

Nah, faktor penentu kesuksesan diet yang satu ini menjadi yang tersulit bagi beberapa peserta diet. Pasalnya, untuk melakukan disiplin makan bukan hal yang mudah dilakukan. Hal tersebut berkaitan dengan berapa banyak jumlah makanan yang harus dikonsumsi, beserta kalori yang masuk ke dalam tubuh. Cara yang satu ini akan menentukan laju metabolisme basal, efek termik makan, dan pengeluaran energi.

4. Makan Sesuai Jadwal, Lakukan secara Teratur

Sebelum seseorang melakukan diet, mereka sudah terlebih dulu memiliki kebiasaan mengenai apa saja yang dikonsumsi. Nah, salah satu faktor penentu kesuksesan diet lainnya adalah, kamu perlu makan sesuai jadwal, dan lakukan secara teratur. Salah satu contohnya adalah, tidak mengonsumsi makanan apapun dua jam sebelum tidur guna mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal tersebut akan disesuaikan pada masing-masing tubuh peserta.

5. Sesuaikan Diet dengan Usia Peserta

Faktor penentu kesuksesan diet yang terakhir adalah, menyesuaikan jenis diet dengan usia peserta. Hal tersebut berkaitan dengan makanan yang kamu konsumsi guna memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Sebelum melakukan diet, kamu juga disarankan untuk memeriksa riwayat nutrisi tubuh. Oleh karena itu, diet tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk mengetahui diet apa yang cocok kamu lakukan, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat, ya.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Ideal

Jika diet dilakukan sesuai anjuran, persentase keberhasilan akan meningkat. Sebaliknya, jika dilakukan sesuka hati, diet bisa saja berdampak pada penurunan berat badan, tetapi tubuh justru bisa saja mengalami masalah kesehatan tertentu. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengikuti beberapa faktor penentu kesuksesan diet seperti yang telah disebutkan, guna memengaruhi tingkat keberhasilan. Jika ingin menunjang kesehatan tubuh dengan suplemen atau multivitamin, kamu bisa membelinya menggunakan fitur “beli obat” di aplikasi Halodoc.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2021. Analysis of the Factors Affecting the Success of Weight Reduction Programs.
Research Gate. Diakses pada 2021. Factors Influencing Weight Loss.
Opex Fitness. Diakses pada 2021. 5 FACTORS THAT INFLUENCE A SUCCESSFUL DIET.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan