Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjalani Prosedur Pap Smear

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Oktober 2023

“Supaya tetap aman dan nyaman, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjalani pap smear. Ini termasuk kapan waktu terbaik melakukannya, apa yang perlu dipersiapkan, serta apa yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum prosedur.”

Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjalani Prosedur Pap SmearIni 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjalani Prosedur Pap Smear

Halodoc, Jakarta – Pemeriksaan pap smear terkadang bisa memicu ketidaknyamanan dan rasa canggung. Sebab, tim medis akan melakukan pemeriksaan di area pribadi (vagina), dan ada tindakan untuk mengambil sampel di leher rahim.

Buat sebagian orang, prosedur ini agak menakutkan sehingga alih-alih melakukan pemeriksaan, justru tidak jadi dilakukan.

Lantas, apa saja sih yang perlu diketahui mengenai pemeriksaan ini?

Sebelum Prosedur Pap Smear Perhatikan Hal Ini

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pap smear:

1. Waktu pemeriksaan

Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan ketika kamu tidak sedang menstruasi.

Sebabnya, darah menstruasi dapat memengaruhi hasil tes. Jadi, jadwalkan pemeriksaan di luar periode menstruasi. Siapa Saja yang Membutuhkan Pemeriksaan Pap Smear? Ini Daftarnya.

2. Hindari douching dan produk kewanitaan

Jangan melakukan douching (membersihkan vagina dengan cairan), atau menggunakan produk pembersih kewanitaan dalam beberapa hari sebelum pemeriksaan. Soalnya ini dapat memengaruhi hasil tes.

3. Sebaiknya tidak berhubungan seks sebelum pemeriksaan

Hindari berhubungan seksual atau menggunakan produk berbasis minyak (seperti pelumas berbasis minyak), dalam beberapa hari sebelum pemeriksaan. Hal ini bisa memengaruhi hasil tes.

Perlu diketahui kalau Proses Pap Smear Dapat Mendeteksi Kanker Serviks, sehingga disarankan untuk dilakukan.

4. Konsultasi dengan dokter

Sebelum pemeriksaan, bicarakan dengan dokter tentang riwayat medis, termasuk apakah apakah kamu memiliki kondisi medis tertentu atau pernah pap smear sebelumnya.

Dokter akan memberikan informasi lebih lanjut tentang persiapan yang perlu kamu lakukan. Sering disamakan Ini Perbedaan Vaksin HPV dan Pap Smear yang Perlu Diketahui.

5. Rasa sakit atau ketidaknyamanan

Pemeriksaan ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit yang signifikan, tetapi beberapa wanita mungkin merasa sedikit tidak nyaman selama prosedur. Pastikan untuk memberi tahu dokter jika kamu mengalami ketidaknyamanan yang berlebihan.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2023. What happens at your cervical screening appointment.
Cancer.net. Diakses pada 2023. Pap Test.
Bbc.com. Diakses pada 2023. Smear test top tips: How to make cervical screening more comfortable.
Health Direct. Diakses pada 2023. Cervical screening test.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan