Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Asam Urat pada Usia Muda

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Maret 2024

“Penyakit asam urat dapat menyerang pada usia muda apabila kamu melakukan beberapa kebiasaan yang tidak sehat. Contonnya seperti konsumsi alkohol berlebihan hingga tidak menjaga berat badan yang ideal.”

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Asam Urat pada Usia MudaIni 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Asam Urat pada Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat adalah sejenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian. Penyakit ini terjadi ketika kadar urat yang tinggi menumpuk di tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Asam urat biasanya berkembang pada usia paruh baya. Pada kasus tertentu, seseorang pada usia muda juga dapat mengalami penyakit asam urat.

Terdapat beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu munculnya penyakit asam urat pada usia muda. Yuk simak artikel di bawah ini untuk pembahasan lebih lanjut.

Kebiasaan yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Berikut ini adalah sejumlah kebiasaan yang perlu kamu waspadai karena berpotensi dapat menyebabkan penyakit asam urat pada usia muda:

1. Konsumsi alkohol secara berlebihan

Minum alkohol jenis apa pun dapat memicu serangan asam urat. Sebab, alkohol menurunkan kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat, dan dapat menyebabkan penumpukan asam urat.

Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar kemungkinan terkena serangan asam urat. Maka dari itu, kamu sebaiknya menghindari mengonsumsi minuman beralkohol untuk mencegah terjadinya asam urat.

Apabila kamu telah menderita penyakit asam urat, kamu dapat menggunakan obat asam urat herbal yang direkomendasikan pada artikel ini: “Ini 5 Pilihan Obat Asam Urat Alami atau Herbal yang Ampuh.”

2. Jarang minum air putih 

Kebiasaan lainnya yang dapat memicu munculnya penyakit asam urat adalah jarang minum air putih. Padahal, air putih berperan penting dalam membantu kinerja ginjal untuk menyaring asam urat dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan bekerja lebih keras dan kesulitan untuk melakukan proses penyaringan. Alhasil, kandungan asam urat menjadi menumpuk pada tubuh dan meningkatkan resiko terserang penyakit asam urat.

Agar kamu selalu terhidrasi dengan baik, kamu perlu minum setidaknya 1,4 sampai 1,9 liter air per hari. Kamu bisa menambah jumlah air yang diminum apabila melakukan kegiatan tertentu. Seperti olahraga atau sedang berada di cuaca panas yang membuatmu banyak berkeringat.

3. Konsumsi daging berlebihan

Daging dan makanan hewani umumnya memiliki kandungan purin yang tinggi. Senyawa purin merupakan senyawa yang dapat diubah tubuh menjadi senyawa asam urat. Itulah sebabnya kebiasaan mengonsumsi daging secara berlebihan juga meningkatkan risiko terserang penyakit asam urat.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan purin, yaitu daging merah, jeroan, dan makanan laut. Agar asam urat tidak naik, sebaiknya berusaha mengkonsumsi makanan ini dalam batas wajar.

Ketahuilah sejumlah makanan lain yang tinggi akan kandungan urin melalui artikel ini: “Ini 7 Makanan yang Mengandung Purin Tinggi”.

4. Mengkonsumsi soda berlebihan

Kebiasaan mengkonsumsi minuman soda berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit asam urat pada usia muda. 

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang kaya akan fruktosa. Fruktosa pada minuman bersoda kemudian dipecah menjadi purin di dalam tubuh.

Sama seperti yang terjadi saat mengonsumsi daging, senyawa purin dari fruktosa dapat menyebabkan asam urat pada tubuh meningkat. Maka dari itu, kamu dapat membatasi minuman soda atau beralih ke diet soda, yang tidak tinggi fruktosa, agar terhindar dari resiko asam urat.

Perlu juga dicatat bahwa kandungan fruktosa tinggi dapat ditemukan di banyak minuman, makanan cepat saji olahan, permen, dan makanan lainnya. Maka dari itu, kamu perlu cermat dalam membaca label kemasan sebelum mengkonsumsinya.

5. Tidak menjaga berat badan ideal

Kebiasaan terakhir yang perlu kamu hindari adalah tidak menjaga berat badan seimbang. Obesitas dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat. 

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan produksi asam urat, dan mengganggu metabolisme tubuh dalam mengeluarkan asam urat. 

Jika kamu memiliki berat badan berlebih, menurunkan beberapa kilogram dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuhmu.

Untuk menjaga berat badan tetap seimbang, kamu dapat mengatur pola makan disertai dengan olahraga. Kamu juga dapat bertanya kepada dokter atau ahli diet untuk mengatur program diet yang sehat.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang beresiko menyebabkan timbulnya penyakit asam urat pada usia muda. Kamu disarankan untuk menghindari sejumlah kebiasaan tersebut.

Apabila kamu telah menghadapi gejala asam urat, kamu dapat membeli obat asam urat herbal dan produk kesehatan lainnya dari Toko Kesehatan Halodoc. Dapatkan beragam produk kesehatan yang tepat untukmu di Toko Kesehatan Halodoc secara aman dan cepat.

Referensi:
Everyday Health. Diakses 2024. 5 Drinks That Can Increase Your Gout Risk.
Everyday Health. Diakses 2024. 9 Gout Triggers to Avoid.
Medical News Today. Diakses 2024. Foods to eat and foods to limit while living with gout.
National Institute of Health. Diakses 2024. Gout.
South Florida Foot & Ankle Centers. Diakses 2024. Lifestyle Habits for Managing Your Gout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan