Ini 5 Pilihan Obat Asam Urat Alami atau Herbal yang Ampuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2024

"Ada berbagai obat alami atau herbal yang dapat membantu mengatasi asam urat. Contohnya New Prouric, Jamu Iboe Uratan Herbal Supplement, hingga Biocurpain Force yang bisa kamu beli di Halodoc."

Ini 5 Pilihan Obat Asam Urat Alami atau Herbal yang AmpuhIni 5 Pilihan Obat Asam Urat Alami atau Herbal yang Ampuh

DAFTAR ISI:

5 Rekomendasi Obat Asam Urat Alami


Halodoc, Jakarta – Minim gerak dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin, sering kali menjadi penyebab utama munculnya penyakit asam urat pada anak muda. Asam urat yang berlebihan tersebut pun menggumpal dan menyebabkan nyeri sendi berat.

Meskipun setiap sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, terdapat beberapa persendian yang umumnya lebih sering terserang. Contohnya jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Ada berbagai cara untuk meredakan nyeri sendi akibat asam urat, di antaranya adalah memperbanyak gerak dan mengonsumsi obat. Ketahui lebih lanjut mengenai obat yang ampuh untuk mengatasi asam urat!

5 Rekomendasi Obat Asam Urat Alami

Berikut adalah pilihan obat alami untuk mengatasi asam urat yang bisa kamu dapatkan di apotek:

1. New Prouric 60 Kapsul

New Prouric 60 kapsul adalah jenis obat yang memiliki kegunaan utama untuk mengontrol kadar asam urat dan menghilangkan nyeri. Obat asam urat herbal ini mengandung andrographis paniculata yang merupakan tanaman herbal untuk mencegah penggumpalan darah. 

Meskipun terbuat dari bahan-bahan alami, New Prouric merupakan golongan obat yang membutuhkan resep dokter untuk pembeliannya. Berikut adalah dosis yang dianjurkan:

  • Dosis awal: 2 kali 2 kapsul untuk sehari
  • Dosis selanjutnya: 2 kali 1 kapsul untuk sehari. Dosis ini juga dapat digunakan untuk perawatan sendi.

Rentang harga: Rp50.200 – Rp.73.300 per botol.

Dapatkan New Prouric 60 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Jamu Iboe Uratan Herbal Supplement 4 Kapsul

Terbuat dari bahan-bahan alami seperti jintan hitam, jahe, cengkeh, dan temulawak, jamu ini memiliki khasiat untuk mengurangi nyeri dan pegal linu pada persendian yang disebabkan oleh asam urat yang berlebih. 

Jamu ini biasanya dikonsumsi sesudah makan. Adapun dosis yang dianjurkan adalah:

  • Untuk pencegahan: 1 kali sehari 2 kapsul
  • Untuk pengobatan: 2 kali sehari 2 kapsul

Ketika mengonsumsi jamu ini, dianjurkan untuk menghindari kacang-kacangan, jeroan, dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena makanan-makanan tersebut mengandung purin yang tinggi.

Rentang harga: Rp26.400 – Rp.45.100 per botol.

Dapatkan New Prouric 60 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Painsmooth Herbal Plaster 5 Lembar

Painsmooth Herbal Plaster 5 Lembar merupakan plester dengan pemakaian luar yang membantu peredaan nyeri pada otot dan persendian. Plester ini cukup praktis dan dapat ditempelkan secara langsung di daerah yang nyeri.

Rentang harga: Rp60.00 per 25 sachet.

Dapatkan Painsmooth Herbal Plaster 5  di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Madu Jamkorat 280 g

Secara umum, madu memang memiliki khasiat untuk meningkatkan imun tubuh. Madu Jamkorat yang merupakan madu yang diproduksi oleh lebah dari nektar kelengkeng ternyata dapat membantu mengurangi gejala penyakit asam urat, lho!

Lantas, bagaimana cara Madu Jamkorat dapat meminimalisir gejala asam urat?

Madu ini memicu produksi hormon relaksasi (gamma-aminobutyric acid) yang membantu untuk menenangkan sistem saraf.  Tidak hanya itu, madu ini juga mengandung gula fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa, yang dapat membantu untuk mengurangi kadar purin yang berlebihan dalam tubuh.

Rentang harga: Rp170.000 – Rp217.700 per botol

Dapatkan Madu Jamkorat 280 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Biocurpain Force 10 Kaplet

Biocurpain Force merupakan jenis obat asam urat herbal yang dapat membantu meredakan nyeri pada persendian, termasuk asam urat. Dengan kandungan utama curcuma longa rhizoma extract, kandungan ini memiliki potensial untuk mengurangi nyeri.

Rentang harga: Rp111.600 – Rp126.400 per strip

Dapatkan Biocurpain Force 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi obat asam urat alami atau herbal yang ampuh untuk mengatasi nyeri sendi dan bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek. Kamu juga bisa membeli obat-obatan, suplemen, dan kebutuhan kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Gout
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. The Benefits of Honey + How to Incorporate It Into Your Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan