• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Kelebihan Susu Almond Dibanding Susu Lainnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Kelebihan Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

Ini 5 Kelebihan Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 September 2021
Ini 5 Kelebihan Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

“Susu almond bisa dikonsumsi dengan aman untuk orang yang mengidap intoleransi laktosa. Sebab, susu alternatif ini tidak memiliki kandungan laktosa. Selain itu, jenis susu ini juga dikenal sebagai jenis susu yang rendah kalori dan gula, tetapi kaya kandungan antioksidan serta kalsium.

Halodoc, Jakarta – Susu almond sering dijadikan sebagai jenis susu alternatif yang menyehatkan. Biasanya, hal ini dilakukan oleh orang yang tidak suka atau khawatir dengan kandungan pada susu sapi. Nyatanya ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang harus menghindari susu sapi atau jenis susu tertentu, maka dari itu jenis susu alternatif sering menjadi pilihan. 

Susu almond sendiri merupakan susu yang terbuat dari bahan dasar kacang almond. Jenis susu ini bisa dikenali dari teksturnya yang lembut, seperti krim dan memiliki rasa kacang yang khas. Kabar baiknya, susu alternatif ini ternyata menawarkan beragam manfaat sehat yang tidak kalah dari jenis susu lain. Biar lebih jelas, simak ulasannya di artikel berikut ini! 

Baca juga: 7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

Manfaat Sehat yang Ditawarkan Susu Almond 

Susu almond murni memiliki sederet manfaat sehat jika dikonsumsi secara rutin. Bagi pengidap alergi susu, jenis susu yang satu ini bisa dijadikan pilihan karena tidak memiliki kandungan laktosa. Jadi, pengidap intoleransi laktosa tidak perlu khawatir. Selain itu, susu ini juga disebut bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi vegetarian yang tidak mengonsumsi produk hewani. 

Secara umum, ada beberapa manfaat dan kelebihan susu almond jika dibandingkan dengan jenis susu lain, di antaranya: 

  1. Rendah Kalori 

Kandungan kalori dalam susu ini lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis susu lain, terutama susu sapi. Dalam 240 ml susu almond murni, hanya terkandung sekitar 30–50 kalori. Dengan asupan kalori yang lebih rendah, tentu saja jenis susu ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan. 

  1. Rendah Kandungan Gula

Selain kalori, kandungan gula dalam susu almond murni juga tergolong rendah. Sayangnya, saat ini ada banyak produk susu almond di pasaran yang diberi pemanis tambahan. Disarankan untuk selalu melihat label kandungan nutrisi untuk mengetahui jumlah kandungan gula, atau buat susu almond sendiri di rumah. 

  1. Bebas Laktosa 

Laktosa dalam susu menjadi salah satu kandungan yang membuat sebagian orang merasa khawatir, terutama pengidap intoleransi laktosa. Kabar baik bagi pencinta susu yang mengidap kondisi ini, susu almond bisa menjadi pilihan terbaik untuk menggantikan jenis susu lain. Susu almond tidak memiliki kandungan laktosa, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi. 

  1. Kaya Antioksidan 

Susu Almond ternyata memiliki banyak kandungan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Dengan begitu, mengonsumsi jenis susu ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca juga: Susu Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Ini Faktanya

  1. Kandungan Kalsium 

Meski dikenal sebagai susu pengganti atau alternatif, susu ini tetap menjanjikan manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Hal itu berkat kandungan kalsium yang ada di dalam jenis susu ini. 

Lantas, Adakah Kekurangannya? 

Sayangnya, ada. Meski bisa memberi banyak manfaat sehat, jenis susu ini tidak dapat diandalkan sebagai sumber protein. Karena itu, jenis susu ini tidak disarankan untuk diberikan pada bayi dan anak-anak, terutama jika ditujukan sebagai pengganti ASI. Penting juga untuk memastikan apa saja kandungan yang sudah ditambahkan, jika ingin membeli susu almond di pasaran. Dengan begitu, manfaat sehat dari jenis susu ini bisa didapat secara maksimal. 

Jika ragu, kamu bisa membuat sendiri susu almond di rumah. Caranya, rendam kacang almond yang sudah dibersihkan selama beberapa jam, sekitar 8-–2 jam. Setelah kacang empuk, keringkan atau buang air. Masukkan kacang ke dalam blender dan tambahkan air kemudian haluskan. Jika suka, masukkan perasa atau madu ke dalam adonan susu. Saring susu yang sudah diblender kemudian simpan di wadah dan siap untuk dikonsumsi.

Baca juga: Adakah Manfaat Susu Kuda Terhadap Kesehatan?

Selain mengonsumsi susu almond, lengkapi juga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsi suplemen tambahan jika perlu. Biar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. Download Halodoc di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Comparing Milks: Almond, Dairy, Soy, Rice, and Coconut. 
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Almond Milk.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Science-Based Health Benefits of Almond Milk.