Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Cair yang Ampuh Redakan Batuk

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Februari 2024

“Ada berbagai obat batuk cair yang terbilang ampuh untuk meredakan batuk-batuk yang mengganggu aktivitas dan produktivitas. Contohnya, Cohistan Expectorant Sirup, Prome Sirup, Paratusin Sirup, hingga Tremenza Sirup yang bisa kamu beli di Halodoc!”

Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Cair yang Ampuh Redakan BatukIni 5 Rekomendasi Obat Batuk Cair yang Ampuh Redakan Batuk

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Batuk Cair yang Ampuh 


Halodoc, Jakarta – Batuk merupakan refleks yang dilakukan tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing di sistem pernapasan. Penyebabnya ada banyak, mulai dari merokok, alergi, menghirup zat yang membuat sistem pernapasan teriritasi, hingga infeksi bakteri atau virus.

Nah, cara mengobati batuk bisa disesuaikan berdasarkan penyebabnya. Salah satunya tentu dengan menggunakan obat-obatan. Pertanyaannya, apa saja sih obat batuk cair yang ampuh untuk mengatasi kondisi ini?

Cohistan Expectorant Sirup 60 ml

Tiap obat batuk bisa mengandung zat-zat yang berbeda untuk meredakan masalah pada sistem pernapasan tersebut. Nah, berikut beberapa daftar obat batuk cair yang ampuh dan bisa dengan mudah kamu temukan di Halodoc.

1. Cohistan Expectorant Sirup 60 ml

Obat batuk cair ini mengandung glyceryl guaiacolate dan chlorpheniramine maleat. Zat tersebut mampu mengurangi sekresi lendir dan meredakan batuk produktif dan batuk karena alergi.

Obat ini dapat dikonsumsi setelah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa : 3-4 kali sehari 1 sendok makan (15 ml). 
  • Anak usia 7-12 tahun : 3-4 kali sehari 1/2 sendok makan (15 ml). 
  • Anak usia 2-6 tahun : 3-4 kali sehari 1 sendok teh (5 ml).

Hal yang perlu diwaspadai, jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin yang membutuhkan konsentrasi tinggi selama menggunakan obat ini. Pasalnya, obat ini dapat menyebabkan kantuk. Selain itu, obat ini tidak direkomendasikan untuk wanita menyusui, infeksi saluran napas bawah, dan bayi baru lahir atau prematur.

Rentang harga: Rp29.500 per botol

Dapatkan Cohistan Expectorant Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Prome Sirup 100 ml

Obat sirup ini juga terbilang ampuh untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh alergi. Tak hanya itu saja, obat ini juga mampu membantu meredakan bronkitis atau batuk rejan. Prome sirup mengandung zat aktif ekstrak ipeka, Guaiacolsulfonate, prometazin HCl, ekstrak ipeka, Natrium sitrat dan Menthol. 

Obat ini perlu diberikan bersama makanan dengan dosis:

  • Dewasa: sehari 3-4 kali sebanyak 5 – 10 ml. Waktu mau tidur malam 1 kali 10 ml.
  • Anak di atas 4 tahun, sehari 1-4 kali sebanyak 5 ml.
  • Di bawah 4 tahun 2,5 ml.

Sama seperti obat di sebelumnya, obat ini tidak direkomendasikan untuk bayi prematur. 

Dalam beberapa kasus, obat batuk cair ini bisa menimbulkan efek samping seperti peningkatan nafsu makan, mengantuk, penglihatan kabur, sulit kencing, mulut kering, hingga sakit kepala.

Rentang harga: Rp70.000 per botol.

Dapatkan Prome Sirup 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Bila kamu mengalami batuk berdahak, berikut beberapa pilihan obatnya: Ini Rekomendasi 7 Obat Batuk Berdahak yang Ampuh dan Aman”.

3. Paratusin Sirup 60 ml

Obat batuk cair ini masuk ke dalam kategori obat bebas terbatas. Obat ini mengandung paracetamol, pseudoephedrine HCl, noscapine, chlorphenamine maleate, guaifenesin, dan succus liquiritae. 

Paratusin sirup dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gejala flu. Contohnya seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang disertai batuk. Obat ini bekerja sebagai antihistamin (pereda alergi), ekspektoran (pengencer dahak), dekongestan hidung, analgetik-antipiretik dan antitusif.

Pengidap gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, jantung, dan diabetes melitus perlu berhati-hati saat hendak menggunakan obat ini. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 2 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter.

Obat ini bisa dikonsumsi sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa : 4 sendok takar (20 ml), 3 kali sehari.
  • Anak-anak usia 6-12 tahun : 2 sendok takar (10 ml), 3 kali sehari.
  • Anak-anak usia 2-5 tahun : 1 sendok takar (5 ml), 3 kali sehari.

Rentang harga: Rp42.600 – Rp42.900 per botol.

Dapatkan Paratusin Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Tremenza Sirup 60 ml

Selain tiga obat batuk cair di atas, Tremenza Sirup juga terbilang ampuh untuk mengatasi batuk. Obat ini mampu meredakan gejala flu dan alergi pada saluran pernapasan atas. Misalnya seperti hidung tersumbat, pilek, dan bersin. 

Dalam per 5 ml Tremenza Sirup terdapat pseudoephedrine HCl 30 mg, dan triprolidine HCl 1.25 mg. Obat ini masuk ke dalam kategori obat keras. Karena itu, wanita hamil dan menyusui, serta anak-anak di bawah 2 tahun tidak direkomendasikan untuk menggunakannya.

Tremenza Sirup 60 ml dapat menimbulkan beberapa efek samping. Contohnya tenggorokan kering, pusing, tremor, insomnia, tinnitus, hingga gangguan koordinasi.

Rentang harga: Rp30.000 per botol.

Dapatkan Tremenza Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Promedex Sirup 60 ml

Obat batuk ini mampu meredakan gejala batuk akibat flu, TBC, asma bronkial, pertusis atau batuk rejan, pneumonia, bronkopneumonia, faringitis, laringitis, trakhitis, bronkitis, dan alergi.

Obat ini perlu dikonsumsi bersama makanan dengan dosis:

  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun : 3 kali sehari 2-3 sendok takar (10-15 ml). 
  • Anak 6-12 tahun : 3 kali sehari 1 sendok takar (5 ml). 
  • Anak 2-6 tahun : 3 kali sehari 0.5 sendok takar (2.5 ml).

Obat ini tidak direkomendasikan pada pengidap glaukoma, penyakit jantung atau hati, asma, wanita hamil, dan anak di bawah dua tahun. 

Rentang harga: Rp49.300 per botol.

Dapatkan Promedex Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah, itulah beberapa obat batuk cair yang bisa kamu gunakan untuk meredakan batuk akibat berbagai penyakit. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produknya tepercaya dengan pengiriman cepat dan aman!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Why Am I Coughing? 
Medical News Today. Diakses pada 2024. Coughs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan